7 Pemain Jepang yang Berkarier di Bundesliga Saat Ini, Siapa Saja? 

Dari Makoto Hasebe hingga Masaya Okugawa

Jepang merupakan negara Asia dengan ranking FIFA terbaik saat ini. Hal itu membuktikan betapa hebatnya kekuatan sepak bola dari negeri sakura. Negara yang berada di wilayah Asia Timur ini memang dikenal memiliki segudang pemain berbakat.

Tak hanya berkarier di Asia, tetapi banyak pemain Jepang yang berkiprah di Eropa. Salah satu tempat yang menjadi destinasi berkarier pemain top Jepang adalah Bundesliga Jerman. Berikut tujuh pemain asal Jepang yang berkiprah di Bundesliga musim 2020/2021.

1. Makoto Hasebe (Eintracht Frankfurt) 

7 Pemain Jepang yang Berkarier di Bundesliga Saat Ini, Siapa Saja? instagram.com/eintrachtfrankfurt

Makoto Hasebe telah merumput di Bundesliga sejak Januari 2008. Pada awalnya ia membela Wolfsburg usai hengkang dari Urawa Reds. Lima setengah musim berselang ia hijrah ke FC Nuremberg. Barulah pada musim 2014/2015, Hasebe bergabung dengan Eintracht Frankfurt dan masih dibelanya hingga kini. 

Secara keseluruhan, pemain berposisi gelandang bertahan tersebut telah bermain dalam 327 laga di Bundesliga dengan menciptakan 7 gol dan 21 assist. Ia juga pernah mencicipi 1 gelar Bundesliga dan 1 gelar DFB Pokal. Di usianya yang telah menginjak 37 tahun, Hasebe terikat kontrak dengan Frankfurt hingga Juni 2021.

2. Yuya Osako (Werder Bremen) 

7 Pemain Jepang yang Berkarier di Bundesliga Saat Ini, Siapa Saja? instagram.com/yuya_osako

Yuya Osako merupakan pemain Jepang berposisi second striker. Mengawali karier profesional bersama Kashima Antlers, ia lalu berkiprah di Bundesliga pada musim 2014/2015 dengan membela FC Koln. Osako kemudian direkrut Werder Bremen pada musim 2018/2019 dan masih bertahan hingga saat ini. 

Ia telah merumput dalam 171 laga di Bundesliga dengan menciptakan 26 gol dan 21 assist. Sayangnya, Osako belum berhasil menorehkan satu pun gelar juara. Meski demikian, pemain berusia 30 tahun tersebut masih memiliki peluang untuk mendulang kesuksesan karena diikat kontrak Werder Bremen hingga Juni 2022.

3. Daichi Kamada (Eintracht Frankfurt) 

7 Pemain Jepang yang Berkarier di Bundesliga Saat Ini, Siapa Saja? instagram.com/kamadadaichi

Tak hanya Makoto Hasebe, Daichi Kamada juga merupakan pemain asal Jepang yang saat ini tengah membela Eintracht Frankfurt. Frankfurt memboyongnya dari Sagan Tosu pada musim 2017/2018. Dalam perjalanannya, Kamada sempat dipinjamkan ke Sint-Truidense VV selama semusim pada musim 2018/2019.

Setelah masa peminjaman berakhir, Kamada menjadi andalan Frankfurt sebagai seorang gelandang serang. Tercatat ia telah tampil dalam 50 laga di Bundesliga dengan mengemas 4 gol dan 15 assist. Kamada juga pernah meraih 1 gelar DFB Pokal. Gelandang berusia 24 tahun tersebut masih memiliki masa bakti dengan Frankfurt hingga Juni 2023.

Baca Juga: 5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Serie A Italia

4. Ritsu Doan (Arminia Bielefeld) 

7 Pemain Jepang yang Berkarier di Bundesliga Saat Ini, Siapa Saja? instagram.com/doanritsu

Selanjutnya ada Ritsu Doan, pemain berposisi winger kanan. Ia saat ini tengah membela tim promosi, Arminia Bielefeld, dengan status pinjaman dari PSV Eindhoven sejak awal musim 2020/2021. Doan begitu diandalkan dengan telah dipercaya tampil dalam 19 laga di BundesligaBundesliga musim ini. 

Dari jumlah laga tersebut, ia mampu menciptakan 3 gol dan 3 assist. Namun, Arminia sejauh ini masih berkutat di papan bawah klasemen. Untuk itu, Doan harus meningkatkan performanya agar bisa menyelamatkan timnya dari degradasi. Kontrak peminjaman pemain berusia 22 tahun tersebut akan berakhir pada Juni 2021.

5. Wataru Endo (VfB Stuttgart) 

7 Pemain Jepang yang Berkarier di Bundesliga Saat Ini, Siapa Saja? instagram.com/vfb

Wataru Endo merupakan pemain berposisi gelandang bertahan milik VfB Stuttgart. Ia telah membela klub tersebut sejak musim 2019/2020 yang kala itu berstatus pemain pinjaman dari Sint-Truidense VV. Pada musim itu juga, Stuttgart masih berkompetisi di Bundesliga 2. 

Hingga akhirnya, Endo mampu membawa Stuttgart kembali promosi ke Bundesliga pada musim 2020/2021 yang membuatnya dipermanenkan. Sejauh ini, ia telah bermain dalam 20 laga di Bundesliga dengan menorehkan 2 assist. Gelandang berusia 28 tahun tersebut memiliki durasi kontrak hingga Juni 2024.

6. Keita Endo (Union Berlin) 

7 Pemain Jepang yang Berkarier di Bundesliga Saat Ini, Siapa Saja? instagram.com/1.fcunion

Keita Endo juga menjadi salah satu pemain asal Jepang yang saat ini berkiprah di Bundesliga. Sejak musim 2020/2021, ia membela Union Berlin dengan status pemain pinjaman dari klub Jepang, Yokohama F. Marinos. Keita sendiri merupakan pemain berposisi winger kiri. 

Sayangnya, pemain berusia 23 tahun tersebut mendapatkan jatah bermain yang sangat sedikit. Sejauh ini, ia baru merumput dalam 8 laga di Bundesliga dengan hanya menciptakan 1 gol. Masa peminjaman Keita di Union Berlin akan berakhir pada Juni 2021.

7. Masaya Okugawa (Arminia Bielefeld) 

7 Pemain Jepang yang Berkarier di Bundesliga Saat Ini, Siapa Saja? instagram.com/arminiaofficial

Pemain berdarah Jepang terakhir yang kini berkiprah di Bundesliga adalah Masaya Okugawa. Ia baru saja merapat ke skuad Arminia Bielefeld dengan status pemain pinjaman dari RB Salzburg pada bursa transfer musim dingin 2020/2021.

Kehadirannya diharapkan mampu mengangkat performa Arminia Bielefeld yang saat ini terjerembab di papan bawah klasemen. Okugawa sendiri merupakan pemain berposisi gelandang sayap kiri. Pemain berusia 24 tahun tersebut terikat kontrak peminjaman hingga Juni 2021.

Mampukah mereka memberi dampak besar bagi timnya dengan meraih kesuksesan di musim ini? 

Baca Juga: Inilah 5 Pemain Jepang yang Pernah Berkompetisi di Liga Inggris

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya