Comscore Tracker

Jose Luis Chilavert, Satu-satunya Kiper yang Cetak Hattrick!

Salah satu kiper yang sangat produktif dalam mencetak gol

Sejatinya tugas seorang kiper adalah menjaga gawang agar tidak kebobolan dan membawa timnya menuju kemenangan. Namun, bagaimana jika seorang kiper mengantarkan tim menuju kemenangan dengan mencetak gol? Jose Luis Chilavert adalah kiper tersebut.

Kiper berkebangsaan Paraguay tersebut tidak hanya andal di bawah mistar gawang, tapi dirinya juga eksekutor bola mati yang sangat baik dibandingkan pemain lain. Hebatnya, Chilavert adalah kiper pertama yang pernah mencatatkan hattrick dalam sejarah.

Lantas, bagaimana kisah dari Jose Luis Chilavert, seorang kiper yang hobi mencetak gol? Jika kamu penasaran, yuk simak artikel berikut ini!

1. Sering dipercaya sebagai eksekutor penalti

Jose Luis Chilavert, Satu-satunya Kiper yang Cetak Hattrick!Chilavert jarang gagal saat mengeksekusi penalti (goal.com)

Saat bermain di San Lorenzo, Chilavert sering berlatih penalti sampai dia dipercaya oleh klubnya untuk menjadi eksekutor penalti. Akhirnya, Chilavert membuat gol pertamanya lewat titik putih.

Pasca gol tersebut, Chilavert terus diberi kepercayaan oleh San Lorenzo untuk menjadi algojo penalti selama dia bermain di klub tersebut.

2. Mulai berlatih tendangan bebas

Jose Luis Chilavert, Satu-satunya Kiper yang Cetak Hattrick!Chilavert juga perlahan mulai menguasai teknik tendangan bebas (worldfootballindex.com)

Tak puas hanya menjadi eksekutor penalti, Chilavert memiliki keinginan untuk menjadi penendang tendangan bebas. Oleh karena itu usai berlatih bersama tim, Chilavert menambah porsi latihannya untuk melatih tendangan bebas.

Melihat perkembangan yang signifikan dari hari ke hari, akhirnya Chilavert diberi kesempatan menjadi penendang tendangan bebas.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua Abad ke-21 yang Mampu Mencetak Hattrick bagi Klubnya

3. Memulai karier di Eropa bersama Real Zaragoza

Jose Luis Chilavert, Satu-satunya Kiper yang Cetak Hattrick!Chilavert mulai melebarkan sayap ke Eropa (heraldo.es)

Melihat potensi Chilavert yang tidak biasa sebagai seorang kiper, pada 1991 dirinya memulai karier di Eropa bersama Real Zaragoza. Saat itu Chilavert memang diberi titel sebagai eksekutor bola mati terbaik dari Amerika Selatan.

Namun, hal tersebut tidak menjadi jaminan Chilavert sukses di Eropa. Bahkan saat bermain di Zaragoza, saat dirinya mengambil penalti atau tendangan bebas, para fans selalu harap-harap cemas karena tidak biasa melihat seorang kiper maju sejauh itu dan meninggalkan gawang yang kosong.

Chilavert hanya bertahan tiga musim saja di Zaragoza dan tidak begitu tampil baik di sana yang membuat dirinya kembali ke Argentina untuk bermain dengan Velez Sarsfield.

4. Pernah mencetak gol dari jarak 60 meter

Jose Luis Chilavert, Satu-satunya Kiper yang Cetak Hattrick!Chilavert pernah mencetak gol spektakuler (libero.id)

Saat bermain untuk Velez Sarsfield, Chilavert meraih kejayaannya. Sepuluh musim bersama klub tersebut, dirinya menyumbangkan 4 trofi Liga Argentina, 1 Copa Libertadores, dan 1 Piala Interkontinental.

Hebatnya lagi pada 1996 saat melawan River Plate, Chilavert sukses mencetak gol dari jarak 60 meter. Hal tersebut saat pemain dari Velez Sarsfield dilanggar di tengah lapangan. Tanpa ragu menjadi eksekutor bola mati, hasil tendangan dari Chilavert tak mampu dibendung oleh kiper River Plate.

5. Menjadi kiper pertama yang mencetak hattrick

Jose Luis Chilavert, Satu-satunya Kiper yang Cetak Hattrick!Chilavert mencetak sejarah baru (serargentino.com)

Tak hanya mecetak gol dari 60 meter saja sensasi yang diberikan oleh Chilavert. Pada 1999, dirinya berhasil mencetak hattrick ke gawang Ferro Carril Oeste yang membuat pertandingan berkesudahan dengan skor 6-1.

Hattrick tersebut membuat Chilavert menjadi kiper pertama dalam sejarah yang berhasil membukukan tiga gol dalam satu laga. Ketiga gol tersebut dihasilkan dari tendangan penalti.

Kisah dari Jose Luis Chilavert, seorang kiper yang sangat produktif dalam mencetak gol. Apakah ada kiper saat ini yang memiliki catatan sama baiknya seperti Chilavert? Yuk komen di bawah!

Baca Juga: 5 Kiper Terbaik di LaLiga Musim 2020/2021, Salah Satunya Kiper Sevilla

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya