7 Pemain Tertajam di Bawah Asuhan Jose Mourinho, CR7 Jauh Memimpin!

Banyak pemain bintang yang bersinar di bawah Mourinho 

Jose Mourinho merupakan salah satu pelatih terbaik dunia pada saat ini. Sejak awal karier kepelatihannya, sudah ada 8 klub yang telah dilatih oleh pelatih berkebangsaan Portugal tersebut. Sebagian besar klub yang dilatihnya meraih banyak gelar.

Sudah banyak pemain-pemain yang bersinar di bawah asuhan Mourinho. Pemain tersebut menjadi bintang dan meraih puncak kesuksesan bersama pelatih bertangan dingin tersebut. Walaupun gaya bermain Mourinho identik dengan parkir bus, banyak pemain mencetak banyak gol di bawah asuhannya.

Lantas, siapa saja pemain yang mencetak gol terbanyak di bawah asukan Jose Mourinho? Jika kamu penasaran, yuk simak artikel berikut ini!

1. Cristiano Ronaldo (168 gol)

7 Pemain Tertajam di Bawah Asuhan Jose Mourinho, CR7 Jauh Memimpin!wallpapercave.com

Tak perlu diragukan lagi jika Cristiano Ronaldo adalah salah satu pemain tertajam di dunia. Selama bermain di lapangan hijau, ternyata Ronaldo mencetak gol paling banyak saat bermain di bawah Mourinho saat di Madrid.

Selama 3 musim bersama, Ronaldo telah mencetak 168 gol dan 49 assist dalam 49 pertandingan. Koneksi antara pemain dan pelatih sesama Portugal ini sangat berpengaruh bagi performa Ronaldo di lapangan.

2. Karim Benzema (78 gol)

7 Pemain Tertajam di Bawah Asuhan Jose Mourinho, CR7 Jauh Memimpin!supersport.com

Tak hanya Cristiano Ronaldo yang bersinar saat Mourinho menjabat di Madrid, ujung tombak Los Blancos lainnya, Karim Benzema, turut tampil tajam saat pelatih asal Portugal tersebut melatih Madrid.

Dalam 170 pertandingan, penyerang asal Prancis tersebut mencetak 78 gol dan 49 assist. Semenjak dilatih Mourinho, Benzema dengan konsisten mencetak 2 digit gol setiap musimnya di semua kompetisi.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Karier Cristiano Ronaldo Lebih Baik dari Lionel Messi

3. Didier Drogba (73 gol)

7 Pemain Tertajam di Bawah Asuhan Jose Mourinho, CR7 Jauh Memimpin!chelseafcblog.com

Saat pertama kali datang ke Stamford Bridge pada 2004 lalu, pembelian awal Mourinho saat melatih Chelsea adalah Didier Drogba. Banyak yang meragukan kapasitas penyerang asal pantai gading tersebut pada awalnya. Namun kini, nama Drogba menjadi legenda Chelsea.

Mourinho merupakan sosok yang sangat berpengaruh bagi karier Drogba. Selama bermain di bawah asuhan Mourinho, Drogba berhasil mencetak 73 gol dan 39 assist dalam 186 pertandingan. Jumlah tersebut adalah gol terbanyak yang dicetak Drogba dibandingkan saat bermain dengan pelatih lain.

4. Frank Lampard (70 gol)

7 Pemain Tertajam di Bawah Asuhan Jose Mourinho, CR7 Jauh Memimpin!talksport.com

Selain penyerang, Mourinho juga dapat membuat pemain dari lini tengah menjadi sosok yang tajam. Pemain tersebut adalah legenda Chelsea lainnya, Frank Lampard. Saat awal kepelatihannya di Chelsea, Mourinho memang menjadikan Lampard sebagai pilihan utama.

Selama 5 musim bermain di bawah kepelatihan Mourinho, Lampard bermain sebanyak 215 pertandingan dengan kontribusi 70 gol dan 61 assist. Berkat hal tersebut, Lampard menjadi gelandang tertajam dalam sejarah Premier League.

5. Zlatan Ibrahimovic (58 gol)

7 Pemain Tertajam di Bawah Asuhan Jose Mourinho, CR7 Jauh Memimpin!hitc.com

Terdapat kesamaaan antara Mourinho dengan Ibrahimovic. Hal tersebut adalah keduanya memiliki karakter yang arogan, namun di sisi lain memiliki kualitas yang tak perlu diragukan. Keduanya pernah bekerja sama dalam dua klub yang berbeda, yaitu Inter Milan dan Manchester United.

Walaupun kebersamaan antara Mourinho dan Ibrahimovic hanya kurang dari musim, Ibra sudah bermain sebanyak 100 pertandingan di bawah Mourinho dengan mencetak 58 gol dan 23 assist.

6. Gonzalo Higuaín (57 gol)

7 Pemain Tertajam di Bawah Asuhan Jose Mourinho, CR7 Jauh Memimpin!bleacherreport.com

Di samping Ronaldo dan Benzema, ada satu pemain lagi di Madrid yang tampil tajam di bawah Mourinho. Pemain tersebut adalah Gonzalo Higuain. Sinar dari Higuain saat itu memang agak tertutup dari penampilan Ronaldo, Benzema, dan Ozil yang lebih bersinar.

Namun, hal tersebut tidak menutup performa dari Higuain yang juga mencetak banyak gol saat Mourinho menjabat. Dalam 123 pertandingan, Higuain mencetak 57 gol dan 28 assist.

7. Derlei (56 gol)

7 Pemain Tertajam di Bawah Asuhan Jose Mourinho, CR7 Jauh Memimpin!eurosport.com

Dari daftar nama di atas, mungkin nama Derlei adalah yang paling asing di telinga penggemar si kulit bundar. Wajar saja karena Derlei bermain bersama Mourinho saat masih di Portugal, yaitu saat membela Leiria dan Porto.

Pada dua klub tersebut, Derlei menjadi andalan Mourinho. Dalam 94 pertandingan, dirinya berhasil mencatatkan 56 gol dan 16 assist. Sayang, karier Derlei setelah kepergian Mourinho semakin tenggelam.

Itulah para pemain yang tampil tajam di bawah asuhan Jose Mourinho. Banyak bintang besar yang tampil sangat tajam saat pelatih asal Portugal tersebut menjabat. Maka tak heran jika menyebut Mourinho sebagai salah satu pelatih terbaik saat ini karena dapat memaksimalkan kemampuan para pemain bintangnya.

Baca Juga: 5 Pelatih Top Eropa yang Paling Sering Dipecat, Ada Jose Mourinho!

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya