5 Gelandang yang Meninggalkan Manchester City secara Gratis 

Termasuk Ilkay Gundogan yang baru merapat ke Barcelona 

Manchester City menjelma sebagai salah satu tim kuat di Inggris. Klub berjuluk The Cityzens ini selalu dihuni oleh pemain berlabel bintang, khususnya pemain berposisi gelandang tengah. Sudah banyak deretan gelandang top yang pernah berseragam Manchester City, khususnya dalam beberapa tahun terakhir.

Nama-nama seperti Yaya Toure, David Silva, hingga James Milner sempat memperkuat Manchester City. Namun, mereka tak mengakhiri kariernya di Manchester City. Mereka, bersama beberapa nama gelandang lain ini, memilih meninggalkan Manchester City secara gratis. 

1. Gareth Barry

5 Gelandang yang Meninggalkan Manchester City secara Gratis Gareth Barry (mancity.com)

Gareth Barry bergabung ke Manchester City pada musim panas 2009. Pemain berkebangsaan Inggris ini berhasil didapatkan usai diboyong dari Aston Villa. Nilai transfernya mencapai 14 juta euro atau Rp241 miliar. 

Gareth Barry biasa tampil sebagai pemain berposisi gelandang bertahan. Selama membela Manchester City, ia mencatatkan 175 pertandingan dengan mencetak 8 gol dan 18 assist. Kiprahnya di Manchester City berakhir pada musim panas 2014 ketika ia bergabung ke Everton secara gratis. 

Baca Juga: Daftar Bursa Transfer Manchester City 2023/2024 Terbaru

2. James Milner

5 Gelandang yang Meninggalkan Manchester City secara Gratis James Milner (mancity.com)

Sebelum dikenal sebagai gelandang andalan Liverpool, James Milner pernah memperkuat Manchester City. Hal itu terjadi ketika ia bergabung pada musim panas 2010. Pada musim tersebut, ia didatangkan dari Aston Villa. 

James Milner ditebus dengan biaya 23 juta euro atau Rp382 miliar. Ia memiliki catatan impresif selama membela Manchester City dengan catatan 203 pertandingan dan sumbangsih 19 gol dan 44 assist. Pada musim panas 2015, ia memutuskan pindah ke Liverpool secara gratis. 

3. Yaya Toure

5 Gelandang yang Meninggalkan Manchester City secara Gratis Yaya Toure (mancity.com)

Manchester City berhasil mendapatkan Yaya Toure pada musim panas 2010. Pemain asal Pantai Gading ini direkrut dari klub Spanyol, Barcelona. Untuk mendapatkan sang pemain, ia ditebus dengan biaya 31 juta euro atau Rp521 miliar. 

Berposisi gelandang tengah, ia sukses jadi andalan di Manchester City. Yaya Toure membukukan 316 pertandingan dengan mencetak 79 gol dan 49 assist. Sayang, ia mulai tak diandalkan ketika Pep Guardiola jadi pelatih Manchester City. Alhasil, ia pindah ke Olympiacos secara gratis pada musim panas 2018. 

4. David Silva

5 Gelandang yang Meninggalkan Manchester City secara Gratis David Silva (premierleague.com)

David Silva merupakan salah satu gelandang serang hebat yang pernah dimiliki Manchester City. Sang pemain bergabung pada musim panas 2010. Ia didatangkan dari Valencia dengan mahar 30 juta euro atau Rp499 miliar. 

Posisinya sebagai gelandang serang di Manchester City tak pernah tergantikan. Ia sukses menorehkan 436 pertandingan dengan mencetak 77 gol dan 140 assist. Pada musim panas 2020, ia memutuskan tak memperpanjang kontrak dan pindah ke Real Sociedad secara gratis. Pada musim panas 2023, ia akhirnya gantung sepatu dari sepak bola.  

5. Ilkay Gundogan

5 Gelandang yang Meninggalkan Manchester City secara Gratis Ilkay Gundogan (mancity.com)

Terakhir, ada Ilkay Gundogan. Ia merupakan pemain yang berhasil mengantarkan Manchester City meraih treble winner pada 2022/2023. Ia juga merupakan pemain yang menjabat sebagai kapten tim Manchester City. 

Kiprahnya di Manchester City terbilang ciamik. Pemain berposisi gelandang tengah ini menorehkan performa gemilang di sana. Namun, petualangannya di Manchester City berakhir pada musim panas 2023 setelah ia memutuskan pindah ke Barcelona secara gratis. 

Deretan gelandang di atas terbukti berhasil menorehkan performa apik selama membela Manchester City dan sukses selalu jadi andalan. Namun, mereka tak mengakhiri akhirnya memilih untuk tidak menghabiskan karier sepak bola di Manchester City. 

Baca Juga: 4 Pemain Manchester City yang Direkrut Vincent Kompany untuk Burnley

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya