5 Gelandang Termahal yang Pernah Dilepas Napoli ke Klub Lain

Ada nama baru yang berlabuh ke Bundesliga

Napoli merupakan klub yang berasal dari Italia. Klub berjuluk Partenopei ini kerap dihuni oleh pemain berlabel bintang, khususnya pemain berposisi tengah. Mereka sukses menunjukkan penampilan gemilang selama membela Napoli. 

Penampilan apiknya itu membuat mereka dilirik oleh klub lain. Alhasil, Napoli memilih untuk menjualnya dengan biaya mahal. Setidaknya, ada lima pemain berposisi gelandang yang pernah dijual mahal oleh Napoli.

1. Performa apik Jorginho sukses membuat Chelsea membelinya dengan biaya mahal

5 Gelandang Termahal yang Pernah Dilepas Napoli ke Klub LainJorginho (premierleague.com)

Jorginho memiliki kiprah apik selama membela Napoli. Pemain berkebangsaan Italia ini bergabung sejak musim dingin 2014. Berposisi gelandang bertahan, posisinya tak tergantikan di skuad Napoli.

Selama membela Napoli, ia mencatatkan 160 pertandingan dengan mencetak 6 gol dan 14 assist. Performa impresifnya membuat Chelsea kepincut. Pada musim panas 2018, Chelsea rela merogoh kocek sebesar 58 juta euro atau Rp990 miliar. Nilai transfer tersebut membuat ia menjadi gelandang termahal yang pernah dijual oleh Napoli.

2. Allan sempat jadi gelandang andalan yang membela Napoli

5 Gelandang Termahal yang Pernah Dilepas Napoli ke Klub LainAllan (evertonfc.com)

Allan merupakan pesepak bola Brasil yang membela Napoli pada musim panas 2015. Pada musim tersebut, ia didatangkan dari Udinese Calcio dengan biaya 11 juta euro atau Rp199 miliar. Berposisi gelandang bertahan, ia memiliki catatan ciamik selama membela Napoli.

Allan sukses menorehkan 212 pertandingan dengan mencetak 11 gol dan 17 assist. Performa impresif ini membuat Allan dilepas ke Everton pada musim panas 2020. Ia ditebus Everton dengan harga 25 juta euro atau Rp427 miliar.

Baca Juga: Performa 3 Pemain Anyar Napoli pada 2023/2024, Bagaimana Kiprahnya?

3. Fabian Ruiz memutuskan meninggalkan Napoli dan bergabung ke Paris Saint-Germain

5 Gelandang Termahal yang Pernah Dilepas Napoli ke Klub LainFabian Ruiz (en.psg.fr)

Fabian Ruiz bergabung ke Napoli pada musim panas 2018. Sang pemain diboyong Napoli usai mencatatkan performa apik di Real Betis. Untuk mendapatkan sang pemain, Napoli harus membayar 30 juta euro atau Rp521 miliar ke Real Betis.

Berposisi gelandang tengah, ia menghabiskan waktu selama empat musim lamanya di Napoli. Ia menorehkan 166 pertandingan dengan mencetak 22 gol dan 15 assist. Pada musim panas 2022, ia dijual ke Paris Saint-Germain dengan biaya 23 juta euro atau Rp399 miliar.

4. Eljif Elmas menjadi pemain anyar RB Leipzig usai dilepas Napoli

5 Gelandang Termahal yang Pernah Dilepas Napoli ke Klub LainEljif Elmas (instagram.com/elifelmas24)

Kiprah Eljif Elmas harus berakhir pada musim dingin 2024. Setelah membela Napoli selama empat tahun lamanya, pemain berkebangsaan Makedonia Utara ini memilih bergabung ke RB Leipzig. Pemain berposisi gelandang serang ini dijual dengan harga 23 juta euro atau Rp399 miliar.

Selama berkiprah di Napoli, ia selalu jadi andalan di lini tengah. Posisinya sulit tergantikan oleh pemain lain di skuad Napoli. Ia mencatatkan 189 pertandingan dengan mencetak 19 gol dan 11 assist.

5. Simone Verdi mengakhiri kiprahnya di Napoli dan bergabung ke Torino

5 Gelandang Termahal yang Pernah Dilepas Napoli ke Klub LainSimone Verdi (twitter.com/en_sscnapoli)

Simone Verdi bergabung ke Napoli pada musim panas 2018. Pemain berkebangsaan Italia ini didatangkan dari Bologna dengan biaya 24 juta euro atau Rp425 miliar. Alih-alih tampil apik, sang pemain justru kesulitan beradaptasi dengan permainan Napoli.

Simone Verdi jarang mendapatkan menit bermain yang banyak. Ia hanya menorehkan 24 pertandingan dengan mencetak 4 gol dan 3 assist. Ia akhirnya memilih untuk meninggalkan Napoli dan bergabung ke Torino. Ia dilepas ke Torino pada musim panas 2020 dan ditebus dengan biaya 22 juta euro atau Rp382 miliar.

Napoli tak pernah kehabisan talenta gelandang yang berkualitas. Banyak yang menorehkan kiprah gemilang di Napoli. Tak hanya pemain berposisi gelandang, mereka juga kerap dihuni oleh pemain berposisi lain yang hebat.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Perpanjang Kontrak di Napoli

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

jangan lupa istirahat dan selalu senyum setiap saat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya