5 Klub Terakhir yang Menjuarai Piala FA, Selalu Berganti!

Terjadi Derbi Manchester selama 2 musim beruntun

Intinya Sih...

  • Manchester United juara Piala FA 2023/2024 setelah mengalahkan Manchester City di partai final
  • Final Piala FA selalu sengit, dengan 5 klub berbeda menjadi juara dalam 5 musim terakhir
  • Arsenal, Leicester City, Liverpool, Manchester City, dan Manchester United adalah klub yang meraih gelar juara Piala FA dalam 5 musim terakhir

Piala FA 2023/2024 resmi berakhir. Manchester United sukses meraih gelar juara Piala FA usai mengalahkan Manchester City di partai final. Hal ini membuat The Reds Devils menambah koleksi gelar juara Piala FA menjadi 13 trofi.

Dalam 5 musim terakhir, final Piala FA selalu menyajikan pertandingan yang sengit dan menarik. Bahkan, klub yang menjuarainya selalu berbeda tiap musim. Berikut lima klub terakhir yang menjuarai Piala FA.

1. Piala FA 2019/2020 menjadi trofi perdana Mikel Arteta bersama Arsenal

5 Klub Terakhir yang Menjuarai Piala FA, Selalu Berganti!Arsenal meraih trofi Piala FA usai mengalahkan Chelsea. (thefa.com)

Partai final antara Arsenal dan Chelsea terjadi di Piala FA 2019/2020. Hal tersebut juga menjadi partai final pertama Mikel Arteta ketika menjabat sebagai manajer Arsenal. Bersua dengan Chelsea, Arsenal sukses membekuk menang dengan skor 2-1.

Chelsea berhasil mencetak gol terlebih dahulu melalui Christian Pulisic pada menit ke-5. Namun, Arsenal berhasil membalikkan keadaan berkat brace yang dicetak oleh Pierre-Emerick Aubameyang. Kemenangan ini membuat Arsenal menyegel trofi Piala FA ke-14 sepanjang sejarah. 

2. Leicester City mendapatkan gelar juara Piala FA untuk pertama kalinya pada 2020/2021

5 Klub Terakhir yang Menjuarai Piala FA, Selalu Berganti!Leicester City meraih gelar juara Piala FA perdananya usai mengalahkan Chelsea. (thefa.com)

Pada 2020/2021, Chelsea kembali sampai ke partai final Piala FA. Pada musim tersebut, mereka berjumpa dengan Leicester City. Pertandingan yang tersaji di Wembley Stadium berhasil dimenangkan Leicester City. 

Skuad asuhan Brendan Rodgers ini meraih kemenangan dengan skor 1-0. Satu-satunya gol diciptakan Youri Tielemans pada menit ke-63. Chelsea kembali gagal untuk meraih kemenangan di partai final Piala FA.

Baca Juga: Tangis Marcus Rashford Pecah Usai Antar MU Juara Piala FA

3. Liverpool mengunci kemenangan di partai final Piala FA 2021/2022 melalui adu penalti

5 Klub Terakhir yang Menjuarai Piala FA, Selalu Berganti!Liverpool menjuarai Piala FA usai menangi adu penalti melawan Chelsea. (liverpoolfc.com)

Selama 3 musim berturut-turut, Chelsea mampu sampai ke partai final Piala FA. Pada 2021/2022, mereka harus melawan Liverpool di partai final. Kedua tim tampil solid hingga pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan. Namun, skor 0-0 tetap menghiasi pertandingan.

Pertandingan dilanjutkan hingga ke adu penalti. Sayangnya, Chelsea kembali kurang beruntun di Piala FA. Mereka harus menelan kekalahan dengan skor 5-6 melalui adu penalti. Sementara, Liverpool sukses menambah koleksi gelar juara Piala FA sebanyak delapan.

4. Manchester City meraih treble winners dengan juara Piala FA 2022/2023

5 Klub Terakhir yang Menjuarai Piala FA, Selalu Berganti!Manchester City meraih gelar juara Piala FA 2022/2023. (instagram.com/philfoden)

Manchester City menunjukkan performa memukau pada 2022/2023. Performa gemilangnya membuat The Cityzens sampai ke partai final Piala FA. Bersua dengan Manchester United, skuad asuhan Pep Guardiola berhasil mengatasi perlawanan Manchester United.

Manchester City berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-1. Brace dari Ilkay Guendogan mampu mengunci kemenangan di partai final Piala FA. Raihan trofi Piala FA juga membuat Manchester City melengkapi trofinya untuk treble winners.

5. Manchester United sukses membekuk Manchester City pada partai final Piala FA 2024

5 Klub Terakhir yang Menjuarai Piala FA, Selalu Berganti!Manchester United meraih gelar juara Piala FA usai mengalahkan Manchester City. (instagram.com/manchesterunited)

Derbi Manchester kembali tersaji di partai final Piala FA 2023/2024. Manchester United sejatinya tak menjalani musim yang impresif pada 2023/2024. Namun, mereka mampu lolos ke partai final Piala FA.

Manchester United sukses menunjukkan performa apik kala melawan Manchester City. Setan Merah mencetak dua gol terlebih dahulu ke gawang Stefan Ortega. Meski Manchester City sempat mencetak gol melalui sepakan Jeremy Doku, hasil akhir tetap dimenangkan Manchester United dengan skor 2-1.

Berkat kemenangan ini, Manchester United kini telah mengoleksi 13 trofi Piala FA. Mereka hanya terpaut satu dari Arsenal yang memiliki 14 trofi. Keberhasilan ini membuat Manchester United melihat harapan baru untuk 2024/2025.

Baca Juga: 4 Pemain Muda Manchester United yang Cetak Gol di Final Piala FA

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

jangan lupa istirahat dan selalu senyum setiap saat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya