5 Pemain Afrika Terakhir yang Merapat ke Chelsea sebelum Koulibaly

Kalidou Koulibaly menjadi yang terbaru

Benua Afrika kini mulai banyak memunculkan talenta-talenta sepak bola berbakat. Hal tersebut membuat beberapa pesepak bola diincar oleh klub-klub besar Eropa, salah satunya klub Inggris, Chelsea.

The Blues kerap diperkuat oleh pemain-pemain yang berasal dari benua Afrika. Terkini, Chelsea baru saja mendatangkan Kalidou Koulibaly dari Napoli. Inilah lima pemain Afrika terakhir yang didatangkan oleh Chelsea.

1. Kalidou Koulibaly

5 Pemain Afrika Terakhir yang Merapat ke Chelsea sebelum KoulibalyKalidou Koulibaly (skysports.com)

Pada musim panas 2022, Chelsea telah kehilangan 2 bek tangguh mereka yang harus pergi lantaran kontraknya telah berakhir, yakni Antonio Rudiger dan Andreas Christensen. The Blues akhirnya merekrut bek berpengalaman asal Senegal, Kalidou Koulibaly.

Koulibaly ditebus dengan biaya 43 juta euro atau setara dengan Rp660 miliar. Selama mengabdi 8 musim bersama Napoli, Koulibaly sukses tampil kokok di lini belakang dengan mencatatkan 316 penampilan dengan mencetak 14 gol dan 8 assist.

2. Hakim Ziyech

5 Pemain Afrika Terakhir yang Merapat ke Chelsea sebelum KoulibalyHakim Ziyech (instagram.com/hziyech)

Setelah sukses tampil impresif bersama Ajax, Hakim Ziyech akhirnya diboyong oleh Chelsea pada musim panas 2020. Pemain berkebangsaan Maroko ini ditebus dengan biaya 45 juta euro atau setara dengan Rp695 miliar.

 Pemain yang berposisi gelandang serang ini mampu menjadi andalan Chelsea di lini tengah. Sejauh ini, ia telah membukukan 83 penampilan dengan mencetak 14 gol dan 10 assist. Ziyech sukses mengantarkan Chelsea dalam meraih sejumlah trofi.

Baca Juga: 5 Pemain Maroko yang Pernah Bermain di Premier League, Ada Ziyech

3. Edouard Mendy

5 Pemain Afrika Terakhir yang Merapat ke Chelsea sebelum KoulibalyEduardo Mendy (twitter.com/chelseafc)

Performa Kepa Arrizabalaga yang menurun membuat Chelsea harus mencari penjaga gawang lain. Alhasil, The Blues berhasil mendatangkan Edouard Mendy dari Stade Rennais. Chelsea harus merogoh kocek sebesar 27 juta euro atau setara Rp417 miliar untuk merekrut pemain asal Senegal ini.

Meski didatangkan dengan biaya yang relatif murah, Mendy sukses menggantikan Kepa di posisi utama. Ia berhasil tampil apik di bawah mistar gawang. Sejauh ini, Mendy mampu mencatatkan 93 penampilan dengan meraih 48 clean sheet

4. Abdul-Rahman Baba

5 Pemain Afrika Terakhir yang Merapat ke Chelsea sebelum KoulibalyAbdul-Rahman Baba (twitter.com/chelseafc)

Abdul-Rahman Baba merupakan pesepak bola berkebangsaan Ghana. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini mulai bergabung dengan Chelsea pada musim 2015. Ia diboyong dari klub Jerman, FC Ausburg, dengan biaya 29 juta euro atau setara dengan Rp451 miliar.

Sayangnya, Baba kesulitan menembus skuad utama Chelsea lantaran ketatnya persaingan di posisinya. Ia malah lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Bersama Chelsea, Baba baru mencatatkan 23 penampilan di semua kompetisi.

5. Papy Djilobodji

5 Pemain Afrika Terakhir yang Merapat ke Chelsea sebelum KoulibalyPapy Djilobodji (twitter.com/chelseafc)

Sebelum Kalidou Koulibaly dan Eduardo Mendy, Chelsea sempat mendatangkan pemain berkebangsaan Senegal pada musim panas 2015. The Blues mendatangkan Papy Djilobodji dari klub Prancis, FC Nantes, pada musim tersebut.

Namun, kiprah Papy bersama Chelsea tak berjalan optimal. Pemain berposisi bek tengah ini hanya mencatatkan 1 penampilan bersama Chelsea. Bahkan, ia sempat dipinjamkan ke Wender Bremen sebelum akhirnya dilepas ke Sunderland pada musim 2016.

 

Chelsea memang sering dijadikan sebagai pesepak bola asal Afrika sebagai tempat berkarier. Akankah Kalidou Koulibaly mampu beradaptasi dengan gaya permainan Chelsea?

Baca Juga: 5 Bek yang Pernah Didatangkan Chelsea dengan Biaya Mahal

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya