5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah El Clasico

Sergio Ramos masih teratas

El Clasico merupakan suatu pertandingan besar di kompetisi Eropa. Pertandingan ini mempertemukan dua raksasa Spanyol, Real Madrid dan Barcelona, yang selalu menyajikan laga yang seru dan menarik untuk ditonton.

Selain itu, Real Madrid dan Barcelona dihuni oleh pemain papan atas. Itu menjadi salah satu faktor pertandingan ini berlangsung seru.

Sepanjang sejarah, terdapat beberapa pemain yang mencatatkan penampilan terbanyak di El Clasico. Namun, mantan pemain Real Madrid sekaligus megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo, tidak ada dalam daftar.

1. Sergio Ramos (45 laga)

5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah El Clasicopotret Sergio Ramos berseragam Real Madrid (instagram,.com/sergioramos)

Sergio Ramos merupakan pemain legendaris Real Madrid. Ia memperkuat Los Blancos pada 2005—2021. Selama memperkuat Real Madrid, ia memberikan banyak dampak. Ramos mampu menjadi salah satu bek terbaik yang pernah dimiliki Real Madrid.

Ramos juga merupakan kapten Real Madrid sejak Iker Casillas memutuskan untuk hengkang. Selama itu, ia mampu memberikan sejumlah gelar untuk Real Madrid.

Dalam sejarah El Clasico, Ramos telah memainkan 45 laga. Torehan ini menjadikannya sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di El Clasico.

2. Lionel Messi (45 laga)

5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah El Clasicopotret Lionel Messi berseragam Barcelona (skysports.com)

Nama Lionel Messi tidak perlu diragukan ketajamannya saat berjumpa dengan Real Madrid. Lionel Messi merasakan El Clasico pertama pada 19 November 2005.

Kala itu, ia masih berusia 18 tahun. Pertandingan dimenangi oleh Barcelona dengan skor 3-0. Messi memberikan satu assist saat itu.

Sejauh ini, ia telah memainkan 45 laga bersama Barcelona kala berjumpa Real Madrid di semua kompetisi. Messi sukses mencetak 26 gol. Torehan ini membuat ia menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah El Clasico.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak dalam Sejarah El Clasico

3. Sergio Busquets (43 laga)

5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah El Clasicopotret Sergio Busquets (skysports.com)

Sergio Busquets merupakan satu-satunya pemain yang masih aktif bermain di El Clasico pada 2021/2022. Busquets merupakan produk asli akademi Barcelona dan berhasil promosi ke tim senior sejak 2008 lalu.

Pria berusia 33 tahun ini telah memainkan 43 laga sepanjang sejarah El Clasico. Ia berada di urutan ketiga pemain dengan penampilan terbanyak El Clasico.

Bersama Blaugrana, Busquets sukses menjadi andalan di lini tengah. Ketenangannya dalam membawa bola dan mengatur ritme serangan membuat ia konsisten tampil apik di lapangan. Busquets telah membantu Barcelona merengkuh sejumlah trofi, termasuk dua treble winners pada 2009 dan 2015.

4. Xavi Hernandez (42 laga)

5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah El Clasicopotret Xavi Hernandez (skysports.com)

Xavi Hernandez masuk dalam daftar pemain dengan penampilan terbanyak dalam sejarah El Clasico. Sama seperti Busquets dan Messi, ia juga merupakan produk asli akademi Barcelona. Ia debut di tim senior pada 1998. Selama berseragam Blaugrana, Xavi sukses membawa Barcelona mendominasi di LaLiga maupun Eropa. 

Kini, ia merupakan pelatih tim senior Barcelona. Xavi ditunjuk pada 2021 lalu untuk menggantikan Ronald Koeman. Di bawah asuhannya, Barcelona mulai tampil konsisten dan menempati posisi atas klasemen LaLiga. Xavi memiliki kontrak hingga 2024 bersama Barcelona.

5. Manuel Sanchis (42 laga)

5 Pemain dengan Penampilan Terbanyak dalam Sejarah El ClasicoManuel Sanchis (skysports.com)

Manuel Sanchis membela Real Madrid pada 1983—2001. Selama memperkuat Los Blancos, ia sukses mencetak 40 gol dan 5 assist dalam 687 pertandingan. Sanchis mempersembahkan sejumlah trofi untuk Real Madrid, termasuk dua gelar Liga Champions.

Sepanjang sejarah El Clasico, Sanchis telah memainkan 42 laga bersama Real Madrid. Torehan ini membuat ia masuk dalam daftar pemain dengan penampilan terbanyak dalam sejarah El Clasico. Ia sendiri telah pensiun pada 2001.

Tersisa Lionel Messi, Sergio Ramos, dan Sergio Busquets yang masih aktif menjadi pemain sepak bola. Namun, hanya Sergio Busquets yang masih membela salah 1 dari 2 raksasa Spanyol tersebut. Ia memiliki potensi yang sangat besar untuk bisa melampaui catatan dari Sergio Ramos dan Lionel Messi.

Baca Juga: 5 Pemain Real Madrid dengan Jumlah Laga Terbanyak Sepanjang Sejarah

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya