5 Pemain yang Dilepas Mahal Bayer Leverkusen ke Klub Premier League

Moussa Diaby resmi hengkang ke Aston Villa

Bayer Leverkusen merupakan salah satu klub yang berkompetisi di kasta teratas Liga Jerman. Mereka sejatinya bukanlah klub penantang serius perburuan gelar Bundesliga. Namun, klub tersebut kerap dihuni oleh pemain potensial. 

Cukup banyak pemain hebat yang lahir dari Bayer Leverkusen. Beberapa telah dijual ke klub lain, salah satunya ke klub Premier League. Setidaknya, ada lima pemain yang dijual mahal ke klub Premier League. Siapa saja?

1. Kai Havertz

5 Pemain yang Dilepas Mahal Bayer Leverkusen ke Klub Premier LeagueKai Havertz (premierleague.com)

Kai Havertz awalnya membela tim muda Bayer Leverkusen. Ia mulai dipromosikan ke tim utama pada musim panas 2016. Ia merupakan pemain yang kerap mengisi posisi gelandang serang. Selama membela Bayer Leverkusen, ia memiliki catatan impresif. 

Performa apiknya itu yang membuat ia jadi incaran sejumlah klub top Eropa. Pada musim panas 2020, ia memutuskan pindah ke Premier League dengan membela Chelsea. Ia diboyong dengan biaya 83 juta euro atau Rp1,39 triliun.

2. Moussa Diaby

5 Pemain yang Dilepas Mahal Bayer Leverkusen ke Klub Premier LeagueMoussa Diaby (avfc.co.uk)

Keputusan Moussa Diaby meninggalkan Paris Saint-Germain berbuah manis. Sang pemain justru jadi pemain andalan di skuad Bayer Leverkusen. Ia mulai bergabung pada musim panas 2019. Saat itu, ia ditebus hanya dengan biaya 15 juta euro atau Rp260 miliar. 

Berposisi winger, ia menorehkan karier cemerlang kala membela Bayer Leverkusen. Ia mencatatkan 172 pertandingan dengan mencetak 49 gol dan 48 assist. Pada musim panas 2023, ia memilih hengkang dan berkiprah di Premier League. Ia ditebus Aston Villa dengan biaya 57 juta euro atau Rp955 miliar.

Baca Juga: 15 Potret Moussa Diaby, Winger Prancis Andalan Bayer Leverkusen

3. Leon Bailey

5 Pemain yang Dilepas Mahal Bayer Leverkusen ke Klub Premier LeagueOllie Watkins (avfc.co.uk)

Leon Bailey bergabung ke Bayer Leverkusen pada musim dingin 2017. Ia didatangkan dari klub Belgia, KRC Genk, hanya dengan biaya 17 juta euro atau Rp290 miliar. Ia merupakan pemain yang biasa tampil sebagai winger kiri.

Selama membela Bayer Leverkusen, ia memiliki catatan impresif dengan menjadi andalan di lini depan. Ia mencetak 39 gol dan 26 assist dalam 156 pertandingan. Pada musim panas 2021, ia dijual ke Aston Villa. Nilai transfernya mencapai 33 juta euro atau Rp556 miliar.

4. Son Heung Min

5 Pemain yang Dilepas Mahal Bayer Leverkusen ke Klub Premier LeagueHeung-min Son (tottenhamhotspur.com)

Son Heung Min adalah salah satu pemain asal Asia yang memiliki karier apik di Eropa. Bakatnya mulai menonjol kala ia berseragam Bayer Leverkusen. Ia bergabung pada musim panas 2013 dan bertahan selama dua musim.

Son mencatatkan 87 pertandingan dengan mencetak 29 gol dan 11 assist. Penampilan apiknya itu membuat Tottenham Hotspur kepincut. Alhasil, ia didatangkan pada musim panas 2015 dengan biaya 31 juta euro atau Rp521 miliar.

5. Bernd Leno

5 Pemain yang Dilepas Mahal Bayer Leverkusen ke Klub Premier LeagueBernd Leno (arsenal.com)

Bernd Leno merupakan salah satu kiper terbaik yang pernah membela Bayer Leverkusen. Ia mencatatkan performa gemilang kala membela klub tersebut. Ia bergabung pada musim dingin 2012. Ia ditebus dari VfB Stuttgart dengan biaya 8 juta euro atau Rp135 miliar. 

Selama membela Bayer Leverkusen, ia mencatatkan 304 pertandingan dengan meraih 100 clean sheet. Pada musim panas 2018, ia memilih pindah ke Arsenal. The Gunners rela menebusnya dengan biaya 25 juta euro atau Rp434 miliar.

Bayer Leverkusen sejatinya mendapatkan kelima pemain di atas dengan biaya murah. Namun, mereka sukses dijual mahal ke klub lain. Bayer Leverkusen berhasil meraih keuntungan besar berkat penjualan para pemainnya.

Baca Juga: Kebijakan Internal yang Dilanggar Arsenal Demi Declan Rice

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya