5 Pemain Terakhir yang Meninggalkan Borussia Dortmund ke Klub EPL

Ada nama baru yang bergabung ke klub Premier League

Borussia Dortmund dikenal sebagai salah satu klub yang sering mengembangkan potensi pemain. Mereka diberikan menit bermain yang lebih agar meningkatkan kualitas performanya. Lalu, mereka dijual ke klub yang mengincarnya.

Dalam beberapa musim terakhir, ada sejumlah pemain Borussia Dortmund yang dilepas ke klub Premier League. Ada yang dijual mahal, ada juga yang justru dilepas secara gratis. Berikut lima pemain terakhir yang meninggalkan Borussia Dormund dan bergabung ke klub Premier League. 

1. Sokratis Papastathopoulus 

5 Pemain Terakhir yang Meninggalkan Borussia Dortmund ke Klub EPLSokratis Papastathopoulus (arsenal.com)

Sokratis Papastathopoulus bergabung ke Borussia Dortmund pada musim panas 2013. Ia didatangkan dari Wender Bremen dengan mahar 10 juta euro atau Rp172 miliar. Sang pemain cukup lama mengabdi di Borussia Dortmund.

Berposisi bek tengah, ia merupakan pemain andalan di barisan pertahanan Borussia Dortmund. Ia mencatatkan 198 pertandingan dengan mencetak 10 gol dan 2 assist. Pada musim panas 2018, ia dilepas ke Arsenal dengan biaya 16 juta euro atau Rp278 miliar.

2. Jadon Sancho 

5 Pemain Terakhir yang Meninggalkan Borussia Dortmund ke Klub EPLJadon Sancho (instagram.com/sanchooo10)

Performa Jadon Sancho kian berkembang setelah meninggalkan Manchester City dan bergabung ke Borussia Dortmund. Pemain berposisi winger ini justru jadi andalan di lini depan Die Borussen. Ia memiliki catatan impresif kala membela Borussia Dortmund.

Jadon Sancho mencatatkan 137 pertandingan dengan mencetak 50 gol dan 64 assist selama berseragam Borussia Dortmund. Performa impresifnya ini membuat ia bernilai mahal kala ingin dijual. Pada musim panas 2021, Manchester United rela membayar 90 juta euro atau Rp1,47 triliun untuk mendapatkan pemain Inggris itu.

Baca Juga: Jadon Sancho Menghadap Erik Ten Hag, Diminta Lebih Punya Peran di MU

3. Manuel Akanji 

5 Pemain Terakhir yang Meninggalkan Borussia Dortmund ke Klub EPLManuel Akanji (skysports.com)

Manuel Akanji berkiprah di Jerman hanya bersama Borussia Dortmund. Ia pindah ke klub tersebut pada musim dingin 2018. Ia diboyong dari klub Swiss, FC Basel, dengan mahar 22 juta euro atau Rp373 miliar.

Pemain berposisi bek tengah ini merupakan pemain penting di Borussia Dortmund. Posisinya di lini belakang tak bisa digantikan. Ia menorehkan 158 pertandingan dengan mencetak 4 gol dan 2 assist. Pada musim panas 2022, ia pindah ke Manchester City dengan harga 18 juta euro atau Rp304 miliar.

4. Erling Haaland 

5 Pemain Terakhir yang Meninggalkan Borussia Dortmund ke Klub EPLErling Haaland (instagram.com/erling.haaland)

Penampilan impresif Erling Haaland di Borussia Dortmund tentu akan jadi incaran sejumlah klub top Eropa. Sang pemain sukses membukukan 89 pertandingan dengan mencetak 86 gol dan 23 assist di Borussia Dortmund. Cukup banyak klub top Eropa yang ingin menggunakan jasa pemain asal Norwegia ini.

Manchester City menjadi pemenang dalam mendapatkan Erling Haaland. Pada musim panas 2022, ia ditebus Manchester City dengan biaya 63 juta euro atau Rp1,04 triliun. Ia sukses meningkatkan kariernya usai bergabung ke Manchester City.

5. Mahmoud Dahoud 

5 Pemain Terakhir yang Meninggalkan Borussia Dortmund ke Klub EPLMahmoud Dahoud (bundesliga.com)

Borussia Dortmund mendatangkan Mahmoud Dahoud pada musim panas 2017. Kedatangannya memerlukan biaya 12 juta euro atau Rp208 miliar. Pemain berposisi gelandang tengah ini cukup baik ketika dipercaya di atas lapangan.

Mahmoud Dahoud mencatatkan 141 pertandingan dengan mencetak 5 gol dan 17 assist kala membela Borussia Dortmund. Setelah enam musim, ia memutuskan tidak memperpanjang kontraknya di Borussia Dortmund. Alhasil, ia bergabung ke Brighton secara gratis.

Kedatangan Mahmoud Dahoud diharapkan bisa menjadi kekuatan baru Brighton pada musim 2023/2024. Terlebih lagi, Brighton akan mentas di Liga Europa. Mampukah Mahmoud Dahoud menjalankan perannya dengan baik?

Baca Juga: Resmi! Mahmoud Dahoud Hijrah dari Dortmund ke Brighton

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya