5 Pemain Terakhir yang Dilepas Sporting Lisbon ke Klub Premier League

Didominasi pemain berkebangsaan Portugal

Sporting Lisbon merupakan salah satu klub Portugal yang kerap diisi oleh pemain berkualitas. Beberapa pemain mereka sering diincar oleh sejumlah klub top Eropa lain. Alhasil, tak jarang Sporting Lisbon meraup keuntungan besar dari aktivitas penjualan pemainnya. 

Beberapa musim terakhir, Sporting Lisbon kerap melepas pemainnya ke sejumlah klub English Premier League (EPL). Setidaknya, ada lima nama pemain terakhir yang dijual Sporting Lisbon ke klub Premier League. Mari ulas satu per satu performa masing-masing selama berkompetisi di Inggris.

1. Rui Patricio 

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Sporting Lisbon ke Klub Premier LeagueRui Patricio (wolves.co.uk)

Rui Patricio merupakan salah satu jebolan terbaik dari akademi Sporting Lisbon. Pemain berposisi kiper ini dipromosikan ke tim utama pada musim panas 2006. Debutnya berhasil dicatatkan 19 November 2006 melawan CS Maritimo di Liga Portugal. 

Rui Patricio cukup lama mengabdi di Sporting Lisbon. Bahkan, ia menorehkan 466 pertandingan dengan meraih 182 clean sheet. Pengabdiannya berakhir pada musim panas 2018. Ia mencoba tantangan baru dengan berkiprah di Premier League untuk membela Wolverhampton. Kala itu, ia ditebus dengan mahar 19 juta euro atau Rp312 miliar. 

2. Bruno Fernandes 

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Sporting Lisbon ke Klub Premier LeagueBruno Fernandes (manutd.com)

Bruno Fernandes bergabung ke Sporting Lisbon pada musim panas 2017. Ia didatangkan dari klub Italia, Sampdoria, dengan biaya 10 juta euro atau Rp168 miliar. Berposisi gelandang serang, ia mencatatkan performa impresif kala berseragam Sporting Lisbon. 

Bruno Fernandes mencatatkan 137 pertandingan dengan mencetak 63 gol dan 50 assist. Penampilan apiknya ini membuat ia diboyong Manchester United pada musim dingin 2020. Kepindahannya melibatkan dana sebesar 68 juta euro atau Rp1,12 triliun. 

Baca Juga: 4 Klub Premier League yang Paling Sering Dibobol Bruno Fernandes

3. Joao Palhinha 

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Sporting Lisbon ke Klub Premier LeagueJoao Palhinha (premierleague.com)

Joao Palhinha memulai karier di Sporting Lisbon dengan bergabung ke tim muda terlebih dahulu. Awalnya, ia lebih sering dipinjamkan ke klub-klub lain oleh Sporting Lisbon. Ia mulai tampil konsisten di tim utama Sporting Lisbon pada musim 2020/2021. 

Performanya selalu meningkat hingga diboyong Fulham pada musim panas 2022. Sang pemain dilepas dengan biaya 21 juta euro atau Rp347 miliar. Pada musim 2022/2023, pemain berposisi gelandang bertahan ini jadi andalan di Fulham. 

4. Matheus Nunes 

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Sporting Lisbon ke Klub Premier LeagueMatheus Nunes (wolves.co.uk)

Matheus Nunes merupakan pemain yang dilepas Sporting Lisbon pada musim panas 2022. Pemain yang juga menimba ilmu di akademi Sporting Lisbon ini dilepas ke klub Inggris, Wolverhampton, dengan harga yang cukup tinggi. Pemain berpaspor Portugal ini dilepas dengan biaya 47 juta euro atau setara dengan Rp782 miliar. Nilai transfer tersebut membuat ia kini masuk jajaran pemain termahal yang dilepas ke klub Inggris oleh Sporting Lisbon.

5. Pedro Porro 

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Sporting Lisbon ke Klub Premier LeaguePedro Porro (tottenhamhotspur.com)

Pedro Porro sebenarnya pernah berkiprah di Premier League membela Manchester City. Namun, ia kesulitan bersaing hingga dilepas ke Sporting Lisbon pada musim panas 2022. Pada musim dingin 2023, ia dipinjamkan Sporting Lisbon ke Tottenham Hotspur hingga akhir musim 2022/2023. 

Pedro Porro mampu tampil apik di Tottenham Hotspur. Alhasil, ia resmi dipermanenkan Spurs pada musim panas 2023. Bahkan, Nilai transfernya mencapai 47 juta euro atau Rp782 miliar. 

Talenta yang dimilik Sporting Lisbon bak tak pernah habis. Mereka menjadi salah satu klub yang cukup pintar tiap kali melakukan kesepakatan transfer pemain. Dari daftar pemain terakhir yang dilepas Sporting Lisbon ke klub Premier League di atas, adakah pemain idolamu?

Baca Juga: Profil Ange Postecoglou, Pelatih Baru Tottenham Hotspur

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya