5 Striker Rekrutan Chelsea Termahal Sepanjang Sejarah, Ada Torres

Tak semua tampil impresif kala berseragam Chelsea 

Chelsea adalah salah satu klub top Eropa yang berkompetisi di kasta teratas Liga Inggris. Tak heran jika banyak pemain bintang yang ingin berseragam Chelsea. Di posisi striker, Chelsea sendiri kerap memiliki striker hebat yang dibeli dengan harga cukup mahal.

Bahkan, nilai transfer yang dilibatkan membuat nama sederet striker ini masuk dalam jajaran pembelian termahal Chelsea sepanjang sejarah. Siapa saja mereka dan bagaimana kontribusinya untuk The Blues?

1. Romelu Lukaku 

5 Striker Rekrutan Chelsea Termahal Sepanjang Sejarah, Ada TorresRomelu Lukaku (premierleague.com)

Romelu Lukaku sukses menemukan permainan terbaiknya setelah keluar dari Manchester United dan bergabung ke Inter Milan pada musim panas 2019. Ia menjadi motor serangan andalan di lini depan Inter Milan. Selama membela Inter Milan, ia mencetak gol yang cukup banyak. 

Melihat performa impresif itu, Chelsea rela mendatangkannya dengan biaya mahal pada musim panas 2021. Bahkan, nilai transfernya mencapai 120 juta euro atau Rp1,96 triliun. Angka tersebut membuat ia masih memegang rekor striker termahal yang pernah dibeli Chelsea. 

Baca Juga: 5 Catatan Gol Terakhir Kai Havertz di Level Klub

2. Kai Havertz 

5 Striker Rekrutan Chelsea Termahal Sepanjang Sejarah, Ada TorresKai Havertz (premierleague.com)

Kai Havertz merupakan pemain yang berasal dari akademi Bayer Leverkusen. Ia mulai dipromosikan ke tim utama pada musim panas 2016. Selain berposisi striker, Havertz juga kerap mengisi pos gelandang serang atau winger kanan. Ia bergabung ke Chelsea pada musim panas 2020. 

Kedatangan pemain asal Jerman ini membutuhkan dana sebesar 85 juta euro atau Rp1,39 triliun. Ia mampu tampil cukup baik selama membela Chelsea. Bahkan, ia merupakan pahlawan kemenangan Chelsea di partai final Liga Champions 2021 berkat gol semata wayang yang ia torehkan ke gawang Manchester City, 

3. Alvaro Morata 

5 Striker Rekrutan Chelsea Termahal Sepanjang Sejarah, Ada TorresAlvaro Morata (premierleague.com)

Alvaro Morata bergabung ke Chelsea pada musim panas 2017. Ia didatangkan dari Real Madrid dengan biaya 70 juta euro atau Rp1,14 triliun. Datang dengan biaya mahal memang tidak menjamin pemain bakal tampil mengesankan. 

Alvaro Morata justru kesulitan bermain di Premier League membela Chelsea. Sang pemain hanya mencatatkan 72 pertandingan dengan catatan 24 gol dan 6 assist. Pada musim panas 2020, ia akhirnya dilepas ke Atletico Madrid secara permanen. 

4. Cristopher Nkunku 

5 Striker Rekrutan Chelsea Termahal Sepanjang Sejarah, Ada TorresCristopher Nkunku (bundesliga.com)

Isu tentang kedatangan Christopher Nkunku ke Chelsea memang sudah menjadi perbincangan sejak bursa transfer musim dingin 2023. Namun, Chelsea baru merealisasikannya pada musim panas 2023. Berkat performa apiknya di RB Leipzig, Chelsea berani menebus mahal Nkunku. 

Nilai transfernya mencapai 69 juta euro atau Rp1,12 triliun. Saat membela RB Leipzig, Nkunku mencatatkan 172 pertandingan dengan catatan 70 gol dan 56 assist. Kedatangan sang pemain diharapkan akan menambah ketajaman di lini depan Chelsea yang tumpul musim lalu.

5. Fernando Torres 

5 Striker Rekrutan Chelsea Termahal Sepanjang Sejarah, Ada TorresFernando Torres (chelseafc.com)

Chelsea mendatangkan Fernando Torres dari Liverpool pada musim dingin 2011. Pemain asal Spanyol ini dibeli dengan mahar 62 juta euro atau Rp1,01 triliun. Ia menghabiskan waktu selama kurang lebih 3 musim lamanya di Chelsea. 

Performanya memang tak setajam saat ia membela Liverpool. Selama membela Chelsea, ia mencatatkan 172 pertandingan dengan mencetak 45 gol dan 35 assist. Pada musim dingin 2015, ia dilepas ke AC Milan. 

Beberapa striker yang dibeli mahal Chelsea itu tak mampu menunjukkan kualitas terbaiknya. Jalan karier manakah yang akan ditempuh Christopher Nkunku bersama Chelsea?

Baca Juga: 5 Kiper Potensial Gantikan Edouard Mendy di Chelsea

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya