Comscore Tracker

Alvaro Morata Jadi Pemain Kunci Spanyol di Piala Dunia 2022, Subur!

Gol-gol Alvaro Morata sangat berarti bagi Spanyol

Timnas Spanyol hampir tersingkir dari Piala Dunia 2022 Qatar. Beruntung, selisih gol yang dikumpulkan La Roja lebih banyak dari Jerman, sehingga mereka berhak melaju ke fase knockout sebagai runner-up Grup E. 

Sejauh ini, Alvaro Morata jadi pemain Spanyol tersubur di Piala Dunia 2022. Sejak pertandingan pertama sampai pertandingan pemungkas, striker berusia 30 tahun itu selalu berhasil membobol gawang lawan. 

Gol-gol pemain Atletico Madrid ini terbukti bisa menyelamatkan langkah negaranya. Alvaro Morata jadi pemain kunci Spanyol di Piala Dunia 2022 karena subur.

1. Alvaro Morata tampil mengesankan pada laga pertamanya di Piala Dunia 2022

Alvaro Morata Jadi Pemain Kunci Spanyol di Piala Dunia 2022, Subur!Alvaro Morata (instagram.com/alvaromorata)

Spanyol tampil garang di laga pertama mereka pada babak penyisihan grup Piala Dunia 2022. Berjumpa dengan Kosta Rika, Spanyol meraih kemenangan hingga tujuh gol tanpa balas di Stadion Al Thumama, Rabu (23/11/2022).

Kala itu, Alvaro Morata hanya tampil 33 menit. Ia menggantikan posisi Ferran Torres pada menit ke-57. Baru juga masuk, bomber satu itu langsung ikut merepotkan pemain lawan. 

Saat Morata menorehkan assist untuk gol yang dicetak Gavi, Spanyol sudah unggul 6-0. Belum puas, ia akhirnya ikut berpesta dengan mencetak gol penyempurna kemenangan pada tambahan waktu. La Roja pun unggul 7-0 hingga laga usai. 

2. Gawang Jerman juga jadi korban keganasan Alvaro Morata

Alvaro Morata Jadi Pemain Kunci Spanyol di Piala Dunia 2022, Subur!Alvaro Morata (instagram.com/alvaromorata)

Spanyol sempat goyah tatkala diimbangi Jerman pada pertandingan putaran kedua fase grup. Secara teknis, kedua tim sama-sama kuat. Jadi, tak heran pertandingan itu berakhir imbang 1-1 di Stadion Al Bayt pada 28 November 2022 lalu. 

Satu-satunya gol Spanyol datang dari kaki Alvaro Morata. Memanfaatkan umpan segar Jordi Alba pada menit 62, Morata berhasil merobek gawang Manuel Neuer. Namun, tak bertahan lama, Die Mannschaft bisa menyamakan kedudukan berkat gol Niclas Fuellkrug pada menit 83.

Baca Juga: Petualangan dan Kiprah Alvaro Morata di 4 Klub Elite Eropa, Mantul!

3. Kalah oleh Jepang di laga terakhir, Morata tetap cetak gol untuk Spanyol

Alvaro Morata Jadi Pemain Kunci Spanyol di Piala Dunia 2022, Subur!Alvaro Morata (instagram.com/alvaromorata)

Alvaro Morata lagi-lagi berhasil menjadi satu-satunya pemain Spanyol yang menyarangkan gol ke gawang lawan. Berhadapan dengan Jepang di Stadion Internasional Khalifa, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB, La Roja kalah tipis.

Sejak sepak mula, Spanyol langsung menggebrak pertahankan Jepang. Morata hadir jadi starter dan langsung membuahkan gol pada menit ke-11. Diberi umpan silang oleh Cesar Azpilicueta, gol pun dilesatkan Morata menggunakan sundulan.

Pada awal babak kedua, pasukan Luis Enrique malah melakukan kesalahan sehingga celah terbuka. Ritsu Doan mencetak gol pada menit 48. Diwarnai sedikit kontroversi, Samurai Blue unggul 2-1 lewat gol terakhir Ao Tanaka.

4. Piala Dunia 2022 jadi ajang pembuktian bagi Alvaro Morata

Alvaro Morata Jadi Pemain Kunci Spanyol di Piala Dunia 2022, Subur!Alvaro Morata (instagram.com/alvaromorata)

Kiprah Alvaro Morata di Timnas Spanyol dimulai sejak melakoni debut pada 25 Maret 2014. Walau sudah mengantongi puluhan gol, ia belum pernah tampil di panggung Piala Dunia. Morata tidak dipanggil saat Spanyol mentas di Piala Dunia 2018 Rusia. 

Kesempatan pun datang pada edisi tahun ini. Morata jelas tidak ingin jadi pajangan semata. Buktinya, ia mampu mencetak gol walau hanya jadi pemain pengganti. Secara keseluruhan, kini Morata sudah membukukan 30 gol dan 7 assist dari 60 penampilan.

5. Morata bisa jadi pemain kunci Spanyol untuk laga yang akan datang

Alvaro Morata Jadi Pemain Kunci Spanyol di Piala Dunia 2022, Subur!Alvaro Morata (instagram.com/alvaromorata)

Setelah menyumbang 3 gol dan 1 assist, tampaknya tak berlebihan menyebut Alvaro Morata sebagai pahlawan Timnas Spanyol. Gol-gol itu sangat berarti bagi negaranya untuk mengamankan satu tempat pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. 

Pada dua laga awal, Morata masih menjadi pemain pengganti oleh Luis Enrique. Akan tetapi, terbukti, pemain kelas dunia ini diturunkan sebagai starter pada laga penentuan. Morata memang memberikan dampak besar. Ia berpeluang jadi penyerang kunci di laga-laga yang akan datang.

Spanyol perlu persiapan matang untuk menghadapi Maroko pada babak 16 besar Piala Dunia 2022. Pasalnya Maroko sedang gacor. Alvaro Morata dkk mesti waspada.

Baca Juga: 5 Kekalahan Terakhir yang Diderita Timnas Spanyol di Piala Dunia

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya