Muller dan Neuer, Dua Pemain Tua Andalan Timnas Jerman di Piala Dunia

Pemain kunci saat juara Piala Dunia 2014 Brasil

Pemain berusia matang mendominasi Timnas Jerman pada 2022 ini. Meski ada beberapa pemain muda, Jerman membawa lebih banyak pemain berusia 26 tahun ke atas ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Pelatih Timnas Jerman, Hansi Flick, mengikutsertakan sejumlah pemain berpengalaman yang dianggap masih mampu menggebrak persaingan. Thomas Mueller dan Manuel Neuer, misalnya, punya kapasitas tersebut hingga sekarang.

Sejak pertama kali tampil pada 2010, kedua pemain ini tidak pernah absen di turnamen antardunia. Thomas Mueller dan Manuel Neuer adalah dua pemain tua andalan Timnas Jerman di Piala Dunia.

1. Mueller dan Neuer jadi pemain tertua di Timnas Jerman di Piala Dunia 2022

Muller dan Neuer, Dua Pemain Tua Andalan Timnas Jerman di Piala DuniaThomas Mueller dan Manuel Neuer (twitter.com/DFB_Team_EN)

Manuel Neuer debut untuk Timnas Jerman saat masih berusia 23 tahun pada 2 Juni 2009 silam. Sudah 13 tahun berlalu, kini sang kapten jadi pemain tertua di Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar. Tahun ini, usianya telah memasuki 36 tahun.

Sementara itu, Thomas Mueller menempati barisan kedua sebagai pemain tertua Jerman di Piala Dunia 2022. Ia sekarang berusia 33 tahun lantaran lahir pada 13 September 1989. Mueller debut di timnas setahun setelah Neuer, yakni pada 3 Maret 2010.

2. Soal pengalaman, kedua pemain ini sudah sering mentas di Piala Dunia

Muller dan Neuer, Dua Pemain Tua Andalan Timnas Jerman di Piala DuniaThomas Mueller dan Manuel Neuer (fifa.com)

Thomas Mueller dan Manuel Neuer sudah sering tampil di Piala Dunia. Mereka mentas untuk pertama kali pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan dan langsung jadi pemain kunci. Tidak ada pemain lain yang lebih berpengalaman dari keduanya di skuad Jerman saat ini. 

Kedua pemain Bayern Munich ini sama-sama telah memperkuat Timnas Jerman dalam tiga edisi Piala Dunia (2010, 2014, 2022). Mueller membukukan 10 gol dan 6 assist dalam 16 penampilan. Di sisi lain, Neuer punya torehan 7 clean sheet dalam 16 penampilan. 

Baca Juga: 5 Negara yang Paling Sering Menaklukkan Timnas Jerman, Harus Waspada!

3. Prestasi Thomas Mueller di Piala Dunia tidak bisa dipandang sebelah mata

Muller dan Neuer, Dua Pemain Tua Andalan Timnas Jerman di Piala DuniaThomas Mueller (twitter.com/FIFAWorldCup)

Jangan dianggap remeh, Thomas Mueller punya segudang prestasi di Piala Dunia. Ia merupakan peraih Sepatu Emas sebagai pencetak gol terbanyak (5 gol) di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Tidak hanya itu, Mueller juga turut menyumbang tiga assist dan berhasil membawa Timnas Jerman menduduki peringkat ketiga. 

Pada Piala Dunia 2014 Brasil, saat Jerman keluar sebagai juara, striker ini jadi aktor utama di balik kesuksesan negaranya. Mueller aktif terlibat dalam gol (5 gol dan 3 assist) dan jadi runner-up pemain terbaik. Kala itu, ia dianugerahi Silver Ball dan Silver Boot sekaligus.

Selain Piala Dunia, Thomas Mueller telah bermain untuk Jerman di ajang besar lainnya, macam Piala Eropa dan UEFA Nations League. Secara keseluruhan, sang pemain telah mengumpulkan 44 gol dan 40 assist dalam 118 penampilan untuk Timnas Jerman.

4. Manuel Neuer berhasil meraih Golden Glove di Piala Dunia 2014 Brasil

Muller dan Neuer, Dua Pemain Tua Andalan Timnas Jerman di Piala DuniaManuel Neuer (fifa.com)

Manuel Neuer yang sudah tua mungkin dihantui hari pensiun yang tak lama lagi datang. Akan terapi, ia akan menikmati masa pensiun sebagai kiper terbaik yang pernah dimiliki Timnas Jerman. 

Kontribusinya untuk Timnas Jerman begitu besar. Manuel Neuer memiliki 114 caps dengan torehan 48 clean sheet di sakunya. Lebih dari itu, ia pernah merengkuh Golden Glove atau Sarung Tangan Emas di Piala Dunia 2014 Brasil.

Tim-tim unggulan seperti Portugal, Prancis, dan Argentina tak bisa membobol gawang Manuel Neuer di Piala Dunia 2014. Brasil juga hanya mampu menjebloskan satu gol di semifinal dan Argentina kalah 1-0 di partai final. 

5. Meski sudah tua, Mueller dan Neuer masih jadi harapan besar Die Mannschaft

Muller dan Neuer, Dua Pemain Tua Andalan Timnas Jerman di Piala DuniaThomas Mueller dan Manuel Neuer (fifa.com)

Prestasi Thomas Mueller dan Manuel Neuer sangat sensasional di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan dan Piala Dunia 2014 Brasil. Namun, keduanya tak mengukir rekor apa pun di Piala Dunia 2018 Rusia. Timnas Jerman tersingkir pada babak penyisihan grup.

Meski begitu, magis kedua pemain berpengalaman ini belum padam. Mueller dan Neuer tampil apik di level klub maupun level timnas dalam beberapa waktu ke belakang. Oleh sebab itu, keduanya masih jadi harapan besar Die Mannschaft di Piala Dunia 2022 Qatar. 

Jika melihat kapasitas mereka saat ini, Thomas Mueller dan Manuel Neuer sepertinya belum bisa digeser pemain lain di Timnas Jerman. Pelatih Hansi Flick digadang-gadang bakal sering memakai jasa kedua pemain ini di Piala Dunia 2022 Qatar. 

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Perkuat Timnas Jerman di Piala Dunia 2022

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya