5 Pemain Tertua di 5 Liga Top Eropa, Ibrahimovic Salah Satunya!

Tua-tua keladi, masih kuat bersaing di kompetisi level atas!

Sekarang ini banyak generasi muda bermunculan di dunia sepak bola. Mereka mulai mengambil alih lapangan hijau. Di sisi lain, masih banyak pula pemain veteran yang bertahan di kompetisi level atas.

Bukan rahasia lagi bahwa sepak bola saat ini semakin maju. Para pemain punya program latihan khusus untuk menjaga tubuh mereka agar tetap bugar. Meskipun usia sudah tidak muda lagi, berikut lima pemain tertua yang masih bermain di lima liga top Eropa saat ini.

1. Ben Foster - Liga Inggris (38 Tahun)

5 Pemain Tertua di 5 Liga Top Eropa, Ibrahimovic Salah Satunya!potret Ben Foster (instagram.com/benfosters)

Ben Foster menjadi pemain tertua di Liga Inggris saat ini. Ia lahir pada 3 April 1983 yang artinya sudah menginjak usia ke-38. Namun, tidak seperti kebanyakan pemain yang turun ke kompetisi yang lebih bawah, Foster masih saja nangkring di Premier League.

Mantan pemian Manchester United ini bergabung dengan Watford pada 2018. Ia telah menorehkan 50 clean sheets dari 187 penampilan di semua kompetisi. Saat ini Ben Foster lebih dikenal sebagai YouTuber yang aktif mengunggah video.

2. Joaquin - LaLiga (40 Tahun)

5 Pemain Tertua di 5 Liga Top Eropa, Ibrahimovic Salah Satunya!potret Joaquin (instagram.com/joaquinarte)

di Liga Spanyol, Joaquin adalah pemain tertua yang masih mampu bermain di lapangan hijau. Usianya sudah berkepala empat atau 40 tahun. Saat ini ia berseragam Real Betis yang mengisi posisi sayap kanan. Hanya saja, kontrak sang pemain akan kadaluwarsa di akhir musim nanti.

Joaquin memang lulusan dari akademi Real Betis. Ia pernah membela Valencia, Malaga, dan Fiorentina sebelum kembali ke Betis pada 2015 silam. Sejauh ini statistik menunjukkan bahwa pemain asli Spanyol tersebut telah mencetak 59 gol dan 39 assist dalam 426 penampilan. 

Baca Juga: Tua-Tua Keladi, 10 Striker Gaek yang Bermain di Serie A Musim Ini

3. Zlatan Ibrahimovic - Serie A (40 Tahun)

5 Pemain Tertua di 5 Liga Top Eropa, Ibrahimovic Salah Satunya!potret Zlatan Ibrahimovic (twitter.com/EuropaLeague)

Singa milik AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, juga sudah berusia 40 tahun. Ia baru berulang tahun pada tanggal 3 Oktober lalu. Namun, usia tersebut tidak menghalangi Ibra untuk tetap gacor di lapangan. Bahkan, ia baru saja mencetak gol dalam laga lanjutan Serie A.

Senin lalu, Ibra mencetak gol pembuka dalam kemenangan 1-2 atas AS Roma. Gol tersebut merupakan gol ke-400 di liga domestik dan yang ke-150 di liga Italia. Namun, pemain asal Swedia ini juga belum memperpanjang kontraknya yang akan habis akhir musim ini.

4. Makoto Hasebe - Bundesliga (37 Tahun)

5 Pemain Tertua di 5 Liga Top Eropa, Ibrahimovic Salah Satunya!potret Makoto Hasebe (instagram.com/makoto_hasebe_official)

Makoto Hasebe merupakan satu-satunya pemain Asia di daftar ini dan merupakan pemain tertua di Bundesliga Jerman yang berasal dari Jepang. Di usia ke-37, Hasebe masih mendapat kepercayaan untuk memperkuat Eintracht Frankfurt di lini tengah.

Musim ini, gelandang bertahan tersebut telah dimainkan dalam delapan pertandingan di Bundesliga, DFB-Pokal, dan Liga Eropa. Untuk keseluruhan, ia telah tampil dalam 245 pertandingan selama membela Frankfurt sejak 2014.

5. Dante - Ligue 1 (38 Tahun)

5 Pemain Tertua di 5 Liga Top Eropa, Ibrahimovic Salah Satunya!potret Dante Bonfim Costa (twitter.com/UEFAcom_de)

Dante adalah bek asal Brasil yang kini membela OGC Nice. Dalam kariernya selama ini, ia pernah berseragam Lille, VfL Wolfsburg, dan Bayern Munchen. Ia baru berkarier kembali di Prancis sejak 2016 lalu. Musim ini ia sudah tampil dalam 12 laga di Ligue 1.

Semua kontrak pemain di daftar ini memang sudah di ujung tanduk, termasuk Dante. Kontraknya hanya akan bertahan hingga Juni 2022 mendatang. Pemain yang sudah berusia 38 tahun ini merupakan veteran tertua di Liga Prancis.

 

Nah, itu dia lima pemain tertua di lima liga top Eropa. Mereka masih punya ambisi kuat untuk tetap bermain di lapangan hijau. Memang pantas disebut para veteran hebat, ya!

Baca Juga: Tua-Tua Keladi, Ini 5 Pemain Termahal di Kisaran Usia 34 Tahun ke Atas

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya