Menilik Pencapaian Erling Haaland pada Usia Muda sebelum Hijrah ke EPL

Mulai musim 2022/2023, Haaland resmi akan membela Man City

Transfer Erling Haaland ke Manchester City masih jadi perbincangan hangat. Meskipun belum meneken kontrak, sang striker sudah dipastikan akan bermain di English Premier League (EPL) mulai musim depan (2022/2023).

Pemain muda satu ini memiliki eksistensi luar biasa di Eropa. Haaland merupakan salah satu talenta paling bersinar saat ini. Pada usia 21 tahun, berikut sederet pencapaian yang telah diraih Erling Haaland.

1. Pada usia muda, Haaland sudah memiliki nilai pasar yang fantastis

Menilik Pencapaian Erling Haaland pada Usia Muda sebelum Hijrah ke EPLpotret Erling Haaland (twitter.com/ErlingHaaland)

Erling Haaland diboyong Borussia Dortmund dari klub asal Austria, RB Salzburg, dengan kesepakatan 20 juta euro atau sekitar Rp305 miliar. Kala itu, nilai pasar Haaland masih 45 juta euro atau sekitar Rp687 miliar saja.

Siapa sangka, kini Erling Haaland merupakan pemain termahal kedua di dunia setelah Kylian Mbappe. Haaland dibanderol senilai 150 juta euro atau sekitar Rp2,2 triliun di pasar transfer. Padahal, usianya masih 21 tahun.

2. Erling Haaland telah mencapai lebih dari 180 penampilan profesional

Menilik Pencapaian Erling Haaland pada Usia Muda sebelum Hijrah ke EPLpotret Erling Haaland (instagram.com/erling.haaland)

Karier profesional Erling Haaland dimulai pada September 2015 usai resmi diangkat ke tim utama Bryne FK. Namun, Haaland baru melakoni laga debutnya pada 12 Mei 2016 di liga kasta kedua Norwegia, OBOS-ligaen. Kala itu, usianya baru menginjak 15 tahun, 9 bulan, dan 21 hari.

Tahun-tahun telah berlalu. Nama Erling Haaland dengan cepat melejit setelah bermain di Bundesliga Jerman. Kini total 181 pertandingan telah dilakoninya di karier profesional untuk Bryne FK, Molde FK, RB Salzburg, dan Borussia Dortmund di semua kompetisi.

Baca Juga: Kevin De Bruyne Tiru Selebrasi Meditasi Haaland, Pesan Selamat Datang

3. Lebih dari 130 gol telah dicetak Haaland di karier profesional

Menilik Pencapaian Erling Haaland pada Usia Muda sebelum Hijrah ke EPLpotret Erling Haaland (twitter.com/BlackYellow)

Sebagai penyerang tengah, Haaland jadi ujung tombak tim yang bertugas membobol gawang lawan. Selama 2,5 tahun terakhir, Die Borussen sangat mengandalkan jasanya. Ia terhitung telah menyumbang 85 gol untuk klub.

Menilik statistik gol milik Haaland, ternyata ada 134 gol yang telah dicetaknya di karier profesional selama ini. Gol-gol tersebut dicetak untuk Molde FK, RB Salzburg, dan Borussia Dortmund. Tidak hanya itu, ada 36 assist yang menghiasi statistik miliknya.

4. Sejumlah rekor bergengsi yang telah dipecahkan Erling Haaland

Menilik Pencapaian Erling Haaland pada Usia Muda sebelum Hijrah ke EPLpotret Erling Haaland (instagram.com/erling.haaland)

Ketika tampil untuk pertama kalinya bersama Borussia Dortmund, Haaland sukses mencetak hattrick mesikpun hanya tampil selama 34 menit. Ia jadi pemain ketujuh dalam sejarah Bundesliga dan jadi pemain kedua dalam sejarah klub yang berhasil melakukannya.

Hebatnya, Haaland selalu mencetak gol dalam setiap debutnya di berbagai kompetisi. Ia jadi pemain Borussia Dortmund pertama yang mampu mencetak gol dalam laga debut di Bundesliga Jerman, Piala DFB, Piala Super DFL, dan di Liga Champions.

Erling Haaland juga dinobatkan sebagai pemain termuda (20 tahun dan 123 hari) yang bisa mencetak quattrick dalam sejarah Bundesliga dan pemain termuda kedua (19 tahun dan 212 hari) yang mampu mengoleksi 10 gol dalam sejarah Liga Champions Eropa.

5. Trofi baru sedikit, Haaland masih punya banyak waktu untuk menambah koleksi

Menilik Pencapaian Erling Haaland pada Usia Muda sebelum Hijrah ke EPLpotret Erling Haaland (instagram.com/erling.haaland)

Butuh pengalaman dan karier yang panjang untuk mengumpulkan lebih banyak trofi. Erling Haaland sendiri baru memiliki tiga trofi dengan namanya. Pada musim 2018/2019, pemain asal Norwegia tersebut ikut andil membantu RB Salzburg memenangkan trofi Bundesliga Austria dan trofi OFB-Cup.

Bersama Borussia Dortmund, Haaland hanya meraih satu kali trofi DFB-Pokal pada musim 2020/2021. Meski begitu, setelah bergabung dengan Manchester City nanti, sang striker punya harapan besar untuk menambah koleksinya.

 

Erling Haaland akan berusia 22 tahun pada bulan Juli 2022 mendatang. Dengan bakat luar biasa, ia masih punya banyak waktu untuk mencapai lebih banyak statistik, rekor, serta trofi. Semoga sukses!

Baca Juga: 5 Pemain Manchester City yang Jadi Korban Kedatangan Haaland

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya