Lewandowski dan Sederet Penjualan Termahal dalam Sejarah Bayern Munich

Meskipun sudah tua, Lewy berhasil dijual mahal ke Barcelona!

Meskipun juara bertahan sepuluh kali berturut-turut di Bundesliga, Bayern Munich tetap melakukan banyak perubahan. Klub berjuluk Die Roten tersebut aktif melakukan jual-beli pemain pada musim panas 2022 ini.

Bayern Munich telah merekrut empat pemain baru, tetapi harus kehilangan delapan pemain sekaligus, termasuk Robert Lewandowski. Meski begitu, klub mendapatkan keuntungan besar.

Dari sederet penjualan yang pernah dilakukan Bayern Munich, Lewandowski jadi yang termahal. Termasuk dirinya, berikut daftar lima teratasnya.

1. Robert Lewandowski (Rp688 miliar)

Lewandowski dan Sederet Penjualan Termahal dalam Sejarah Bayern MunichRobert Lewandowski berseragam Barcelona. (twitter.com/FCBarcelona)

Berakhir sudah 8 tahun kebersamaan Robert Lewandowski dan Bayern Munich. Pemain asal Polandia yang satu ini memutuskan menerima tawaran dari Barcelona. Ia sudah tanda tangan kontrak berdurasi 4 tahun.

Pada 2014, Bayern Munich membawa Lewy secara gratis dari Borussia Dortmund. Kini, sang pemain berhasil dijual senilai 45 juta euro (Rp688 miliar). Dengan demikian, Lewy jadi penjualan termahal dalam sejarah klub.

2. Douglas Costa (Rp611 miliar)

Lewandowski dan Sederet Penjualan Termahal dalam Sejarah Bayern MunichDouglas Costa saat membela Juventus. (twitter.com/douglascosta)

Sebelum merumput ke Italia, Douglas Costa pernah berseragam Bayern Munich dari tahun 2015 sampai dengan 2018. Ia dijual ke Juventus pada musim panas 2018 dengan kesepakatan transfer 40 juta euro (Rp611 miliar).

Setelah 4 tahun mengabdikan diri, Costa resmi meninggalkan Si Nyonya Tua pada musim panas ini. Mulai musim 2022/2023 nanti, pemain sayap berpaspor Brasil tersebut akan bermain untuk Los Angeles Galaxy.

Baca Juga: Hadiah Ulang Tahun Haaland: Siap Debut Lawan Bayern Munich

3. Mats Hummels (Rp458 miliar) 

Lewandowski dan Sederet Penjualan Termahal dalam Sejarah Bayern MunichMats Hummels (twitter.com/BlackYellow)

Mats Hummels merupakan pemain asli Jerman yang tidak pernah merumput di luar Bundesliga. Dahulu, bek berusia 33 tahun yang satu ini belajar di akademi Bayern Munich dan melakukan debut profesional pada 2007.

Mats Hummels dijual ke Borussia Dortmund pada 2009 dan sempat ditebus kembali pada 2016. Namun, pada 2019, ia dijual lagi ke klub yang sama dengan harga mahal. Saat itu nilai transfernya mencapai 30 juta euro atau sekitar Rp458 miliar.

4. Toni Kroos (Rp382 miliar) 

Lewandowski dan Sederet Penjualan Termahal dalam Sejarah Bayern MunichToni Kroos (twitter.com/ToniKroos)

Pemain lainnya yang lulus dari akademi Bayern Munich adalah Toni Kroos. Ia juga diangkat ke tim utama pada 2007 silam. Namun, Kroos dijual ke Raksasa Spanyol, Real Madrid, pada 2014. Kala itu, usianya masih 24 tahun.

Real Madrid menebus Toni Kroos dengan mahar 25 juta euro (Rp382 miliar). Sejauh ini, gelandang berusia 32 tahun tersebut telah membukukan 25 gol dan 83 gol assist dalam 363 penampilan untuk Los Blancos. Kontraknya sendiri masih tersisa 1 tahun lagi hingga Juni 2023.

5. Owen Hargreaves (RpRp382 miliar)

Lewandowski dan Sederet Penjualan Termahal dalam Sejarah Bayern MunichOwen Hargreaves saat membela Manchester United. (twitter.com/ManUtd_ID)

Terakhir, ada legenda sepak bola asal Inggris yang gantung sepatu pada 2012. Dia adalah Owen Hargreaves, gelandang yang juga lulusan dari akademi Bayern Munich. Hargreaves diangkat ke tim utama pada tahun 2000 silam. 

Tujuh tahun kemudian, Hargreaves dijual seharga 25 juta euro (Rp382 miliar) ke Manchester United. Akan tetapi, sejak saat itu kariernya anjlok akibat rentan cedera. Setahun sebelum pensiun, Hargreaves membela Manchester City.

 

Bayern Munich sebelumnya telah merekrut Sadio Mane dari Liverpool. Meskipun posisi keduanya berbeda, Mane bisa membuat lini depan lebih kuat usai ditinggal Robert Lewandowski.

Baca Juga: 5 Transfer Pemain Top Barcelona dan Bayern Munich, Lewandowski Terbaru

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya