Perjalanan Karier N'Golo Kante, Pemain Muslim yang Rendah Hati

Kante jadi salah satu pemain muslim tersukses di Eropa

N'Golo Kante merupakan salah satu pemain berdarah Prancis yang cukup sukses merumput di English Premier League (EPL). Sejak lama, ia telah menjadi pusat perhatian karena aksinya di lapangan.

Selain itu, N'Golo Kante sangat terkenal karena kerendahan hatinya, meskipun telah mencapai kesuksesan. Pada 29 Maret 2022 lalu, Kante baru bertambah usia. Dari seorang anak biasa menjadi pesepak bola profesional, seperti apa perjalanan kariernya?

1. N'Golo Kante merupakan seorang muslim yang lahir dari keluarga ekonomi rendah

Perjalanan Karier N'Golo Kante, Pemain Muslim yang Rendah HatiN'Golo Kante (instagram.com/nglkante)

N'Golo Kante lahir di Paris, Prancis, pada 29 Maret 1991. Tak terasa, sekarang ia telah memasuki usia 31 tahun.

Kante merupakan seorang muslim keturuan Mali, sebuah negara kecil di Afrika Barat. Ia punya tinggi badan mencapai 1,68 cm dan biasa bermain di posisi gelandang.

Sebelum sesukses sekarang, Kante merupakan bocah biasa dari keluarga yang ekonomi rendah. Bahkan, ia sempat kesulitan bergabung dengan tim profesional untuk meniti kariernya. 

2. Kante meniti karier dari nol hingga berhasil merumput di Premier League sejak 2015

Perjalanan Karier N'Golo Kante, Pemain Muslim yang Rendah HatiN'Golo Kante (twitter.com/nglkante)

N'Golo Kante pertama kali belajar sepak bola di tim junior JS Suresnes (1999—2010). Ia sempat kesulitan mencari klub profesional yang bersedia menampungnya. Namun, US Boulogne akhirnya menerima Kante pada 2010. Ia pun mulai bermain di tim B.

Kerja keras Kante membuahkan hasil ketika Boulogne memberinya kesempatan naik ke tim utama. Ia melakukan debut profesional pada 18 Mei 2012 di Ligue 2. Setahun setelahnya, pada musim panas 2013, SM Caen resmi memboyongnya secara bebas transfer.

N'Golo Kante baru mengepakkan sayap ke Liga Inggris pada 2015 dengan bergabung ke Leicester City. Saat itu, ia sukses menjadi juara Premier League.

Tak bertahan lama, Chelsea membawa Kante ke Stamford Bridge dengan nilai transfer mencapai Rp568 miliar pada musim panas 2016. Dari sanalah nama Kante mulai dikenal di dunia sepak bola.

Baca Juga: 5 Pemain yang Dinilai Pantas Gantikan N'Golo Kante di Chelsea

3. Statistik lengkap N'Golo Kante untuk semua klub yang pernah dibelanya

Perjalanan Karier N'Golo Kante, Pemain Muslim yang Rendah HatiN'Golo Kante (twitter.com/nglkante)

Pada awal kariernya, kemampuan N'Golo Kante diragukan oleh banyak pihak, sehingga ia mendapat banyak penolakan. Akan tetapi, siapa sangka kini ia menjadi salah satu pemain muslim tersukses di Eropa.

Kante terhitung telah tampil dalam 410 pertandingan di semua kompetisi untuk semua klub yang pernah dibelanya. Adapun 250 penampilan dicapai Kante bersama Chelsea. Ia juga telah menorehkan 23 gol dan 28 assist.

4. Kiprah Kante untuk tim nasional Prancis layak diperhitungkan

Perjalanan Karier N'Golo Kante, Pemain Muslim yang Rendah HatiN'Golo Kante (twitter.com/EURO2024)

Tidak hanya untuk klub, kiprah N'Golo Kante untuk tim nasional Prancis juga patut diperhitungkan. Meskipun pada awalnya tidak pernah dipercaya di tim muda, Kante langsung dipanggil ke tim senior oleh Didier Deschamps dan melakoni debut pada 25 Maret 2016.

Kante sempat absen dalam beberapa pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa karena cedera. Namun, ia dipastikan akan jadi salah satu gelandang andalan di Qatar nanti. Untuk keseluruhan, Kante telah tampil dalam 52 pertandingan di kompetisi internasional dengan 2 gol dan 1 assist.

5. Sejumlah trofi pernah diraih N'Golo Kante bersama klub maupun timnas

Perjalanan Karier N'Golo Kante, Pemain Muslim yang Rendah Hatipotret N'Golo Kante (instagram.com/nglkante)

Tak boleh dianggap remeh. N'Golo Kante pernah dinobatkan sebagai Footballer of the Year pada 2017. Setidaknya sekarang sudah ada delapan trofi dengan namanya. Bukan rahasia lagi, Kante ikut meraih gelar Piala Dunia 2018 bersama tim nasional Prancis.

Pada musim pertamanya (2015/2016) di Inggris, Kante juga ikut membantu Leicester City meraih gelar Premier League. Setahun setelahnya, ia ikut meraih trofi yang sama bersama Chelsea. Masing-masing satu trofi FIFA Club World Cup, Liga Champions Eropa, Liga Europa, UEFA Supercup, dan FA Cup pernah diraihnya bersama The Blues.

Meskipun segudang prestasi dan kesuksesan telah diraih, N'Golo Kante tetap dikenal sebagai pemain muslim yang rendah hati. Apa pendapatmu soal pemain satu ini? Menarik, bukan? 

Baca Juga: Dari Kante hingga Mount, Inilah 5 Pemain Terbaik Chelsea Saat Ini

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya