5 Perwakilan Inggris dalam Nominasi Ballon d'Or dan Kopa Trophy 2022

Sejauh ini reputasi para wakil Inggris tampil gemilang

Perhelatan Ballon d'Or akan kembali digelar bulan Oktober 2022 mendatang. France Football selaku penyelenggara acara telah meliris daftar nominasi dari masing-masing penghargaan.

Ada 30 nama pemain dalam nominasi Ballon d'Or, 10 nama pemain dalam nominasi Kopa Trophy, dan 10 nama pemain dalam nominasi Yashin Trophy. Inggris punya tiga perwakilan dalam nominasi Ballon d'Or dan dua perwakilan dalam nominasi Kopa Trophy. Siapa saja? Simak daftar lengkapnya berikut ini.

1. Harry Kane (Ballon d'Or) 

5 Perwakilan Inggris dalam Nominasi Ballon d'Or dan Kopa Trophy 2022potret Harry Kane (instagram.com/harrykane)

Setelah gagal meraih piala tahun lalu, Harry Kane kembali masuk dalam nominasi Ballon d'Or 2022. Namun, pemain berusia 29 tahun ini bukan nama favorit lantaran para pesaingnya lebih dijagokan dalam perolehan suara.

Meski demikian, Harry Kane masih tampil konsisten. Ia menorehkan 27 gol dan 10 assist dari 50 penampilan untuk Tottenham Hotspur pada musim 2021/2022 lalu. Sang pemain juga sejauh ini masih jadi kapten andalan Tim Nasional Inggris.

2. Phil Foden (Ballon d'Or)

5 Perwakilan Inggris dalam Nominasi Ballon d'Or dan Kopa Trophy 2022potret Phil Foden (twitter.com/PhilFoden)

Nama Phil Foden sudah cukup tenar di sepak bola Eropa. Pada usianya yang masih 22 tahun, anak muda kelahiran Stockport, Inggris, tersebut telah sukses meraih berbagai gelar bersama Manchester City.

Phil Foden juga merupakan salah satu pemain kunci yang membantu The Citizens mengamankan gelar Premier League musim 2021/2022 lalu. Tak heran Foden jadi salah satu pemain termuda yang masuk ke dalam nominasi Ballon d'Or 2022.

Baca Juga: Phil Foden Siap Perpanjang Kontrak, Gajinya Naik Dua Kali Lipat

3. Trent Alexander-Arnold (Ballon d'Or) 

5 Perwakilan Inggris dalam Nominasi Ballon d'Or dan Kopa Trophy 2022Trent Alexander-Arnold saat membela tim nasional Inggris. (twitter.com/ESPNFC)

Seiring membaiknya reputasi Liverpool, karier Trent Alexander-Arnold juga makin mentereng. Musim lalu, bek 23 tahun ini diaminkan 47 kali di berbagai lintas kompetisi. Ia bahkan mampu menyumbang 19 assist.

Berkat pertahanan yang kokoh oleh campur tangan Alexander-Arnold, The Reds pun berhasil menyabet gelar Piala FA dan Piala EFL. Awal musim 2022/2023 ini, dirinya mencetak 1 gol yang membawa klub meraih gelar Community Shield.

Akan tetapi, Trent Alexander-Arnold masih kurang berpengaruh di Timnas Inggris. Di kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar, UEFA Nations League, dan sejumlah pertandingan persahabatan, Alexander-Arnold sering absen akibat cedera atau justru duduk di bangku cadangan.

4. Jude Bellingham (Kopa Trophy) 

5 Perwakilan Inggris dalam Nominasi Ballon d'Or dan Kopa Trophy 2022potret Jude Bellingham (twitter.com/BellinghamJude)

Ini merupakan kali kedua Jude Bellingham masuk ke dalam nominasi Kopa Trophy untuk bersaing menjadi Best Young Player 2022. Gelar tersebut sebelumnya diraih oleh Pedri (2021).

Performa Jude Bellingham musim lalu tak kalah moncer. Gelandang 19 tahun tersebut membantu Borussia Dortmund dalam 44 pertandingan di semua kompetisi dengan mencetak 6 gol serta membuat 14 assist.

Tidak hanya itu, Jude Bellingham pun dipercaya Timnas Inggris dalam 3 pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar, 2 pertandingan persahabatan, dan 3 pertandingan di UEFA Nations League.

5. Bukayo Saka (Kopa Trophy) 

5 Perwakilan Inggris dalam Nominasi Ballon d'Or dan Kopa Trophy 2022potret Bukayo Saka (twitter.com/brfootball)

Bukayo Saka juga kembali masuk ke dalam daftar nominasi Kopa Trophy 2022. Meskipun harapannya sangat kecil untuk jadi pemenang, pemain berusia 20 tahun tersebut tampil cukup baik belakangan ini.

Arsenal telah menunjukkan hasil yang positif musim lalu. Bukayo Saka jadi sedikit di antara gelandang muda Premier League yang mengalami perkembangan. Ia mengoleksi 12 gol dan 7 assist dalam 43 penampilan musim 2021/2022.

Jika dibandingkan dengan Jude Bellingham di level internasional, catatan Bukayo Saka jauh lebih baik. Ia total tampil 13 kali untuk Timnas Inggris sejak pertengahan 2021.

 

Michael Owen jadi wakil Inggris terakhir yang berhasil menyabet piala Ballon d'Or pada 2001 silam. Apakah tahun ini di anatara tiga pemain di atas? Apakah Jude Bellingham dan Bukayo Saka berpeluang meraih Kopa Trophy 2022?

Baca Juga: ManCity Berniat Bajak Wonderkid Arsenal Bukayo Saka

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya