5 Top Skor di Fase Grup Liga Champions 2022/2023, Salah atau Mbappe? 

Kylian Mbappe dan Mohamed Salah menguasai papan top skor

UEFA Champions League (UCL) alias Liga Champions Eropa 2022/2023 akhirnya menuntaskan babak penyisihan grup. Kini sudah ada 16 tim yang berhasil lolos ke fase gugur.

Berdasarkan pertandingan terakhir yang digelar dini hari tadi, Kamis (3/11/2022), beberapa pemain masuk daftar top scorer. Berikut lima top skor di fase grup Liga Champions 2022/2023.

1. Kylian Mbappe (7 gol) 

5 Top Skor di Fase Grup Liga Champions 2022/2023, Salah atau Mbappe? Kylian Mbappe (psg.fr)

Bukan pemandangan baru jika Kylian Mbappe mendominasi daftar top skor Liga Champions. Pada fase grup 2022/2023 ini, striker Paris Saint-Germain tersebut juga finis dengan koleksi gol terbanyak.

Pemain muda berusia 23 tahun ini mengumpulkan 7 gol dan 3 assist dalam 6 penampilan untuk Les Parisiens. Di antara gol-gol tersebut, Kylian Mbappe berhasil mencatatkan dua brace ke gawang Juventus dan Maccabi Haifa.

2. Mohamed Salah (7 gol) 

5 Top Skor di Fase Grup Liga Champions 2022/2023, Salah atau Mbappe? Mohamed Salah (twitter.com/MoSalah)

Di urutan kedua, ada Mohamed Salah dengan jumlah gol yang sama dengan Mbappe. Hanya saja, ia kurang mahir menciptakan assist. Pemain kunci Liverpool tersebut mencetak 7 gol dan 1 assist dari 6 penampilan di fase grup Liga Champions musim ini. 

Salah tidak pernah absen mencetak gol untuk Liverpool dalam lima pertandingan terakhir. Winger berusia 30 tahun tersebut sukses memecahkan rekor hattrick tercepat dalam sejarah UCL kala menjebol gawang Rangers.

Baca Juga: 5 Rekor Mohamed Salah Selama Bermain di Premier League

3. Mehdi Taremi (5 gol) 

5 Top Skor di Fase Grup Liga Champions 2022/2023, Salah atau Mbappe? Mehdi Taremi (twitter.com/FCPorto)

Pemain asal Iran, Mehdi Taremi, tampil gagah menunggangi Porto menuju fase gugur Liga Champions 2022/2023. Dari 5 pertandingan yang dilakoni, Taremi mampu mencetak 5 gol dan 2 assist pada babak penyisihan grup. 

Mehdi Taremi juga berhasil menyamai rekor Mbappe. Striker berusia 30 tahun tersebut mencetak dua brace ke gawang Bayer Leverkusen dan Club Brugge. Pada pertandingan terakhir, ia menjebol gawang Atletico Madrid.

4. Robert Lewandowski (5 gol) 

5 Top Skor di Fase Grup Liga Champions 2022/2023, Salah atau Mbappe? Robert Lewandowski cetak hattrick pada laga debutnya untuk Barcelona di Liga Champions Eropa (UCL) 2022/2023 pada 7 September 2022. (twitter.com/ChampionsLeague)

Meskipun masuk ke jajaran top scorer, Robert Lewandowski gagal membawa Barcelona lolos dari fase grup Liga Champions 2022/2023. El Barca hanya sanggup memperoleh tujuh poin di Grup C dan terpaksa tersingkir dari kompetisi. 

Robert Lewandowski sendiri tampil 5 kali dan mengantongi 5 gol pada fase grup. Ia melakukannya dalam 2 pertandingan dengan catatan 1 hattrick ke gawang Viktoria Plzen dan 1 brace ke gawang Inter Milan.

5. Erling Haaland (5 gol) 

5 Top Skor di Fase Grup Liga Champions 2022/2023, Salah atau Mbappe? Erling Haaland (twitter.com/ErlingHaaland)

Pemain lainnya yang berseragam anyar di Liga Champions musim ini, Erling Haaland, bisa mencetak 5 gol hanya dari 4 penampilan untuk Manchester City. Rekor dua brace juga dicatatkan Haaland pada fase grup UCL musim ini. 

Haaland tercatat 2 kali bermain selama 45 menit dan dalam 1 momen hanya duduk di kursi cadangan. Rupanya, Pep Guardiola mempersiapkan Haaland untuk fase gugur yang lebih penting. Sang pemain sendiri absen pada pertandingan terakhir karena cedera.

Pemain-pemain di atas akan jadi harapan besar klub masing-masing pada fase gugur Liga Champions 2022/2023. Sedangkan, Lewandowski terpaksa turun ke kasta kedua, Liga Europa (UEL). 

Baca Juga: 8 Pemain yang Rekor Golnya di UCL Siap Dipecahkan Erling Haaland

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya