Comscore Tracker

5 Pemain Premier League Termahal yang Datang dari Bundesliga

Ada tiga mantan pemain Borussia Dortmund

Dilabeli sebagai magnet sepak bola dunia saat ini, Premier League menyuguhkan kompetisi sengit antarklub di dalamnya untuk  bersaing di daftar teratas klasemen. Hal itu juga yang menjadi penarik utama bagi pemain-pemain top untuk ikut merasakan meriahnya atmosfer liga teratas di Inggris tersebut.

Tiap tim di Premier League bahkan tak ragu untuk mengeluarkan biaya besar dalam upaya merekrut pemain yang diincar. Telah terealisasi sejumlah transfer pemain dengan nominal yang tinggi. Salah satunya berasal dari klub-klub Bundesliga. Berikut lima pemain aktif Premier League termahal yang digaet dari Bundesliga. Penasaran siapa saja?

1. Jadon Sancho (85 juta euro)

5 Pemain Premier League Termahal yang Datang dari BundesligaJadon Sancho (premierleague.com)

Setelah penantian panjang, misi Manchester United mendatangkan Jadon Sancho ke Old Trafford akhirnya terwujud. Kepastian ini terjadi musim panas lalu, usai The Red Devils menggelontorkan dana fantastis, yaitu 85 juta euro atau Rp1,4 triliun, untuk membawa Sancho ke Manchester. Dengan biaya yang sangat mahal, ekspektasi tinggi tentu dibebankan kepadanya.

Menilik perjalanannya bersama Borussia Dortmund yang begitu gemilang, Sancho diharapkan membawa hal serupa bagi United. Akan tetapi, performa pemain berusia 21 tahun tersebut belum maksimal sejauh ini. Sancho kesulitan dalam beradaptasi dan baru mengemas 2 gol dari 18 penampilan.

2. Kai Havertz (80 juta euro)

5 Pemain Premier League Termahal yang Datang dari BundesligaKai Havertz (premierleague.com)

Penampilan apik Kai Havertz sewaktu berseragam Bayer Leverkusen sukses menarik minat sejumlah klub top Eropa. Dijuluki media sebagai superstar masa depan timnas Jerman, Havertz akhirnya memilih Chelsea sebagai destinasi anyar di dalam kariernya. Kepindahan Havertz menuju Stamford Bridge itu juga memakan biaya yang besar.

Terealisasi pada awal 2020/2021 lalu, Havertz digaet The Blues dengan banderol 80 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun. Awal perjalanannya di Negeri Ratu Elizabeth tak berjalan mulus dengan berbagai kritik yang ramai berdatangan. Perlahan tapi pasti, Havertz membuktikan kualitasnya dan sudah dipercaya tampil sebanyak 64 kali di semua kompetisi.

Baca Juga: Jadon Sancho Gemilang, MU Makin Senang

3. Kevin De Bruyne (76 juta euro)

5 Pemain Premier League Termahal yang Datang dari BundesligaKevin De Bruyne (instagram.com/mancity)

Pernah gagal total selama membela Chelsea, karier Kevin De Bruyne seketika menanjak saat berseragam Wolfsburg. Hal tersebut membuat Manchester City kepincut dan membawa pemain Belgia ini ke Etihad Stadium. The Cityzens bahkan rela mengucurkan biaya 76 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun demi mendapatkan tanda tangannya.

Tak sia-sia, keputusan Manchester City tersebut terbilang tepat. De Bruyne menjelma salah satu kreator serangan terbaik di dunia di bawah asuhan Pep Guardiola. Ia sukses mengoleksi 70 gol dan 108 assist dari 277 penampilan serta membawa The Cityzens meraih berbagai trofi bergengsi, di antaranya tiga titel Premier League.

4. Cristian Pulisic (64 juta euro)

5 Pemain Premier League Termahal yang Datang dari BundesligaCristian Pulisic (instagram.com/cmpulisic)

Kepergian Eden Hazard dari London memaksa Chelsea harus mencari pengganti yang sepadan. Dari sekian pemain yang masuk ke dalam radar, nama Cristian Pulisic akhirnya dipilih sebagai suksesor asal Belgia tersebut. Pulisic resmi direkrut Chelsea pada musim dingin 2019 lalu usai mengeluarkan biaya 64 juta euro atau sekitar Rp1 triliun.

Kendati demikian, pemain berpaspor Amerika Serikat itu baru bergabung bersama skuadThe Blues pada musim berikutnya, di bawah kepelatihan Frank Lampard. Performa Pulisic sejauh ini justru diiringi dengan cedera yang terus menghantui. Tercatat, ia baru tampil sebanyak 86 kali di semua ajang serta mengoleksi 19 gol dan 14 assist.

5. Pierre-Emerick Aubameyang (63,75 juta euro)

5 Pemain Premier League Termahal yang Datang dari BundesligaPierre-Emerick Aubameyang (premierleague.com)

Di urutan kelima, nama Pierre-Emerick Aubameyang melengkapi daftar pemain aktif Premier League termahal yang dibeli dari Bundesliga. Ia didatangkan Arsenal dari Borussia Dortmund seharga 63,75 juta euro atau seharga Rp1 triliun pada musim dingin 2017/2018. Pemain Gabon ini lantas menjadi pilihan utama The Gunners sebagai ujung tombak.

Statistik yang dicatatkan Aubameyang selama berkostum Arsenal terbilang apik. Ia mampu mencetak 92 gol dan 21 assist dari 162 penampilan di semua ajang. Sempat mengalami penurunan performa yang signifikan musim lalu, kini Aubameyang mulai mendapatkan sentuhan terbaiknya kembali sebagai penyerang nomor satu Arsenal.

Dari kelima pemain di atas, ada tiga pemain Borussia Dortmund yang berhasil dijual mahal ke klub Premier League. Ini membuktikan bahwa Dortmund merupakan salah satu tim penghasil talenta si kulit bundar terbaik di Jerman, bahkan di Eropa saat ini. Siapa favoritmu?

Baca Juga: 5 Legenda Sepak Bola Ini Mengakui Kehebatan Kevin De Bruyne

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

Penulis biasa ini masih kuliah semester 2

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya