Sempat Bertualang, 5 Pemain Veteran Ini Kembali ke Klub Lamanya

Merajut cerita untuk yang kedua kali

Bursa transfer musim panas 2021 lalu sukses menghadirkan kepindahan pemain berharga mahal. Sebut saja Jack Grealish, Jadon Sancho, dan Romelu Lukalu. Mereka didatangkan untuk memperkuat komposisi tim. Selain itu, ternyata ada momen menarik lainnya yang terjadi pada waktu yang sama.

Momen tersebut adalah kepindahan pemain menuju klub lamanya. Ada beberapa pemain yang kembali ke klub lamanya pada musim panas lalu, khususnya kelima pemain berikut ini yang sudah berusia senja.

1. Kevin-Prince Boateng

Sempat Bertualang, 5 Pemain Veteran Ini Kembali ke Klub LamanyaKevin-Prince Boateng (twitter.com/KPBofficial)

Dikenal sebagai pesepak bola yang gemar berganti klub, Kevin-Prince Boateng tetap tak melupakan kenangan manisnya bersama Hertha Berlin. Ia kembali merapat dengan klub berjuluk Die Alte Dame tersebut pada musim panas lalu usai kontraknya habis bersama Monza. Boateng mencoba mengulang kisah yang sama bersama klub masa kecilnya itu.

Menilik lebih jauh, Boateng mengawali karier profesionalnya dengan membela skuad utama Hertha pada 2005 silam. Namanya makin mekar hingga sempat mampir ke beberapa klub top Eropa, seperti Borussia Dortmund, AC Milan, dan Barcelona. Kini ia kembali ke Hertha dan sudah tampil 12 kali meski gagal mencetak satu gol pun.

2. Ashley Young

Sempat Bertualang, 5 Pemain Veteran Ini Kembali ke Klub LamanyaAshley Young (twitter.com/youngy18)

Ashley Young bergabung ke Aston Villa untuk yang kedua kalinya pada musim panas lalu. Ia direkrut The Villans secara gratis lantaran tengah berstatus tanpa klub usai kontraknya berakhir dengan Inter Milan. Dari segi usia dan performa, kualitas Young memang dinilai sudah menurun, tetapi tidak dengan pengalaman dan kematangannya.

Sebelumnya, pemain Inggris ini sempat menjejali awal kariernya bersama Villa selama 3,5 musim. Young tampil apik dan direkrut Manchester United pada musim panas 2011 dan bertahan nyaris selama sedekade. Ia singgah ke Inter Milan pada musim dingin 2020 dan kini pulang menuju klub lamanya, Aston Villa. Young bergantian dengan Matt Target mengisi pos bek kiri The Villans sejauh ini.

Baca Juga: Veteran, Ini 5 Pemain Berusia 36 Tahun di Liga Champions Musim ini

3. Gianluigi Buffon

Sempat Bertualang, 5 Pemain Veteran Ini Kembali ke Klub LamanyaGianluigi Buffon (twitter.com/gianluigibuffon)

Usia hanyalah angka bagi Gianluigi Buffon. Menginjak 43 tahun, ia masih eksis berkelana di lapangan hijau. Saat ini, Buffon telah hengkang dari Juventus dan memilih Parma sebagai destinasi barunya. Klub berjuluk Il Gialloblu itu bukanlah tempat asing bagi Buffon. Ia pernah berkecimpung dalam waktu yang lama bersama klub ini sebelum besar di Turin.

Sedari belasan tahun, jersey Parma selalu lekat dengan Buffon. Ia promosi ke skuad utama pada 1994 dan pindah ke Juventus berselang 7 tahun kemudian. Setelah 2 dekade berlalu, Buffon pulang ke Parma pada usia yang sudah tak lagi muda. Ia masih mampu tampil reguler bersama Il Gialloblu dengan koleksi 17 penampilan musim ini.

4. Kevin Gameiro

Sempat Bertualang, 5 Pemain Veteran Ini Kembali ke Klub LamanyaKevin Gameiro (twitter.com/RCSA)

Per musim panas lalu, Kevin Gameiro kembali memulai petualangannya bersama Strasbourg. Ini jadi kedua kalinya ia bergabung dengan skuad Le Racing. Sebelumnya, Gameiro pernah membela Strasbourg selama 4 musim, tepatnya pada 2004—2008. Kariernya saat itu mengalami perkembangan pesat dan pernah membela beberapa klub top Eropa.

Tercatat, Paris Saint-Germain, Sevilla, Atletico Madrid, hingga Valencia pernah disinggahi oleh pemain yang sudah berusia 34 tahun itu. Kiprah Gameiro juga tak terbilang buruk dengan mengantarkan tim yang dibelanya meraih sederet trofi. Bersama Strasbourg musim ini, Gameiro telah dipercaya tampil 16 kali dengan koleksi 4 gol dan 1 assist di semua ajang.

5. Cristiano Ronaldo

Sempat Bertualang, 5 Pemain Veteran Ini Kembali ke Klub LamanyaCristiano Ronaldo (twitter.com/Cristiano)

Bursa transfer musim panas 2021 menjadi periode yang tak terlupakan bagi penikmat sepak bola. Selain karena Lionel Messi yang harus berpisah dengan Barcelona, kisah lain berupa kepulangan Cristiano Ronaldo ke Manchester United juga sukses menyita atensi. Ronaldo akhirnya kembali setelah 11 tahun berpisah dengan Setan Merah.

Romansanya dengan Manchester United selama 6 musim pada periode pertama mampu melejitkan karier pemain Portugal itu. Ia kemudian menikmati karier yang mengesankan bersama Real Madrid dan Juventus. Ronaldo akhirnya kembali ke Old Trafford dan masih digdaya. Ia jadi lumbung gol Manchester United dengan torehan 13 gol sejauh ini.

Kembalinya seorang pemain ke mantan klub yang pernah ia bela kerap dipandang sebelah mata. Terlebih lagi mereka datang pada usia yang sudah tak muda. Menilik kasus Lionel Messi saat ini, akankah ia kembali ke Barcelona sebagai pemain pada masa depan? Kita tunggu saja.

Baca Juga: 5 Striker Veteran yang Masih Layak Dilirik Barcelona Musim Depan

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya