Ada Vinicius, 5 Winger Muda Brasil yang Tampil Menjanjikan Sejauh Ini

Generasi emas Tim Samba terus terjaga

Dari daratan Amerika Latin, negara seperti Brasil dikenal sebagai salah satu gudang penghasil pemain-pemain berbakat di dunia sepak bola. Hal ini bukanlah sekadar omong kosong, melainkan benar adanya. Sedari dulu, sepak bola sudah melekat kuat menjadi suatu budaya di dalam kehidupan masyarakat Brasil.

Itulah mengapa banyak pesepak bola hebat asal Negeri Samba yang mengukir tinta emas di level internasional. Berhubungan dengan itu, di musim ini, banyak sekali pemain Brasil yang tampil di kompetisi Eropa, khususnya 5 winger muda berikut ini. Mereka sukses tampil apik bersama timnya masing-masing. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Gabriel Martinelli

Ada Vinicius, 5 Winger Muda Brasil yang Tampil Menjanjikan Sejauh IniGabriel Martinelli (twitter.com/Arsenal)

Musim ini sudah jadi musim ketiga Gabriel Martinelli berseragam Arsenal. Sempat alami pasang surut karier bersama The Gunners, perlahan Martinelli mulai tampil mengesankan untuk klub London tersebut. Terlebih dengan skorsing yang menimpa Pierre-Emerick Aubameyang, Martinelli mampu memanfaatkan momen berharga tersebut.

Bekerja sama dengan pemain lain yang sejatinya juga masih berusia muda, seperti Bukayo Saka, Emile Smith-Rowe, dan Martin Ødegaard, pemain berusia 20 tahun tersebut sukses berkontribusi terhadap sejumlah gol Arsenal. Di musim ini saja, Martinelli sudah mengoleksi 4 gol dan 3 assist dari 16 penampilan yang ia catatkan di semua kompetisi.

2. Tetê

Ada Vinicius, 5 Winger Muda Brasil yang Tampil Menjanjikan Sejauh IniTetê (instagram.com/furacaotete)

Mateus Cardoso Lemos Martins, atau akrab disapa dengan sebutan Tetê merupakan talenta potensial Brasil yang tengah berkelana di Ukraina. Ia membela salah satu klub top di sana, yaitu Shakhtar Donetsk sejak 2019 lalu. Kendati masih berusia 21 tahun, kemampuannya dalam memberikan ancaman di lini pertahanan lawan tak bisa dianggap remeh.

Tetê menjadi salah satu nama favorit sang pelatih, Roberto De Zerbi dalam menyisir sisi sayap penyerangan. Di sisi yang sama, eks pemain Gremio ini juga dikenal sebagai pemain yang punya kecepatan dan akurasi tendangan yang mumpuni. Tetê sudah mencetak 10 gol dan 2 assist dari 28 pertandingan yang ia jalani di semua kompetisi.

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola Dunia yang Mahir Memasak, Ada Lionel Messi, nih!

3. Raphinha

Ada Vinicius, 5 Winger Muda Brasil yang Tampil Menjanjikan Sejauh IniRaphinha (twitter.com/LUFC)

Bermain di klub non favorit juara seperti Leeds United bukanlah hambatan baginya untuk terus berkembang. Di usianya yang kini menginjak 25 tahun, Raphinha merupakan idola bagi kebanyakan fans The Whites. Skill olah bola yang cekatan berpadu dengan kecepatan di atas rata-rata yang ia miliki membawanya menjadi pemain kesayangan Marcelo Bielsa.

Bisa dibilang, penampilan Raphinha sejauh ini menjadi secercah harapan baru bagi timnya. Leeds memang harus bekerja keras demi terhindar dari jurang degradasi di Premier League. Namun, Raphinha justru tampil impresif dengan rajin berkontribusi, baik gol maupun assist sejauh ini. Tercatat, 8 gol dan 1 assist berhasil ia bukukan dari 16 penampilan.

4. Antony

Ada Vinicius, 5 Winger Muda Brasil yang Tampil Menjanjikan Sejauh IniAntony (twitter.com/AFCAjax)

Performa Ajax begitu menjanjikan sejauh ini dengan tampil digdaya di kancah Eredivisie dan Liga Champions. Dari kegemilangan itu, sejatinya sosok Sebastian Haller menjadi yang paling disorot sebagai lumbung gol de Amsterdammers, tetapi peran Antony juga tak bisa diacuhkan. Sosok yang masih berusia 21 tahun ini tengah menikmati karier yang cemerlang di Belanda.

Musim keduanya untuk Ajax saat ini meningkat pesat. Kualitas Antony sebagai salah satu winger berbahaya makin dikenal lewat teknik dan skill olah bola yang tentunya masih bisa dikembangkan lagi. Ia juga dikenal dengan umpan-umpan silang yang begitu akurat. Dari 19 laga musim ini, Antony berhasil membukukan 8 gol dan 5 assist.

5. Vinicius Jr.

Ada Vinicius, 5 Winger Muda Brasil yang Tampil Menjanjikan Sejauh IniVinicius Jr. (twitter.com/realmadrid)

Real Madrid mulai menunjukkan tanda-tanda kebangkitan dengan produktivitas golnya yang melesat musim ini. Tak hanya Karim Benzema yang tampil moncer, ada sosok Vinicius Jr. yang mulai mematahkan keraguan banyak pihak. Kini ia hadir sebagai salah satu pemain muda berbahaya Brasil yang patut diwaspadai pergerakannya.

Belajar dari pengalaman dalam beberapa musim sebelumnya, kualitas Vinicius pada musim ini alami geliat yang positif. Kecepatan, skill, hingga akurasi tendangan menjadi bekal utama pemain berusia 21 tahun tersebut dalam membawa Madrid menuju kembali ke era kejayaan. Secara keseluruhan, Vinicius sudah mencetak 12 gol dan 9 assist di semua kompetisi.


Sebagai pemilik titel Piala Dunia terbanyak, kehebatan Brasil di dunia sepak bola tentu tak perlu diragukan lagi. Eksistensinya sejak dulu terus berlanjut dengan regenerasi pemain-pemain berbakat yang seolah-olah tak ada habisnya di liga top Eropa.

Baca Juga: 5 Kiper dengan Jumlah Penyelamatan Penalti Terbanyak di Premier League

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya