Berusia Senja, 5 Pemain Serie A Ini Tetap Tampilkan Performa Ciamik

Bagi mereka, usia hanyalah angka!

Bagi pesepak bola, usia 35 tahun ke atas merupakan momen yang tepat untuk gantung sepatu alias pensiun. Dengan performa yang kian menurun dan stamina yang mulai terkuras membuat banyak pesepak bola profesional memutuskan pensiun di momen ini.

Namun, tak semua pemain melakukannya. Ada yang masih aktif bermain, dan justru tetap menunjukkan performa gemilang bersama klub yang dibelanya saat ini. Seperti yang dialami 5 pemain Serie A berikut ini. Penasaran siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Giorgio Chiellini

Berusia Senja, 5 Pemain Serie A Ini Tetap Tampilkan Performa CiamikGiorgio Chiellini (goal.com)

Giorgio Chiellini merupakan salah satu pemain paling senior di skuad Juventus musim ini. Meski telah berusia 36 tahun, Chiellini masih menjadi sosok vital bagi Si Nyonya Tua.

Terlepas dari permainannya yang tak selincah dulu, Chiellini memberikan warna yang berbeda dengan menjadi kapten utama. Kendati di musim ini, penampilan Chiellini mulai menurun, bukan berarti performanya di atas lapangan terbilang buruk.

Ia merupakan pilar penting yang menjadi komandan di lini pertahanan Juve. Kehadiran Chiellini juga begitu bermanfaat sebagai mentor bagi para bek muda macam Matthijs de Ligt dan Merih Demiral.

2. Samir Handanovic

Berusia Senja, 5 Pemain Serie A Ini Tetap Tampilkan Performa CiamikSamir Handanovic (twitter.com/SempreIntercom)

Samir Handanovic mengakhiri puasa gelarnya di musim ini usai bawa Inter Milan meraih Scudetto. Hebatnya lagi, kiper berpaspor Slovenia tersebut turut berkontribusi besar di balik pencapaian manis Nerazzuri. Peran Handanovic dibawah mistar gawang nyaris tak tersentuh dan begitu diandalkan.

Memang, usianya kini sudah 36 tahun. Namun, Handanovic masih tampil prima dan mencatatkan jumlah penampilan yang tinggi musim ini. Secara keseluruhan, ia membuat 47 penampilan di semua ajang dengan koleksi 18 clean sheet. Tak pelak, posisi Handanovic sebagai kiper utama Inter sulit digeser.

Baca Juga: 5 Pemain Berusia 23 Tahun yang Bersinar di Serie A Musim Ini

3. Fabio Quagliarella

Berusia Senja, 5 Pemain Serie A Ini Tetap Tampilkan Performa CiamikFabio Quagliarella (90min.com)

Bermain untuk klub yang bukan favorit juara tentunya tak begitu mendapatkan apresiasi lebih. Seperti yang dialami Fabio Quagliarella, kini ia bermain untuk klub papan tengah Serie A, Sampdoria. Pemain berusia 38 tahun tersebut berhasil tampil konsisten dan jadi tumpuan utama timnya di lini serang.

Hebatnya lagi, ia mampu mencetak dua digit gol dalam 4 musim terakhir. Hal tersebut terus ia pertahankan dengan begitu apik saat ini. Tercatat, Quagliarella berhasil mencetak 13 gol dan 1 assist dari 33 penampilan yang ia buat di semua ajang. Statistik yang begitu baik bagi seorang pemain yang telah berusia senja.

4. Zlatan Ibrahimovic

Berusia Senja, 5 Pemain Serie A Ini Tetap Tampilkan Performa CiamikZlatan Ibrahimovic (eurosport.com)

Didominasi pemain-pemain muda, AC Milan juga memiliki seorang pemain senior yaitu Zlatan Ibrahimovic. Sejak didatangkan pertengahan musim lalu, pemain berpaspor Swedia tersebut berkontribusi besar di balik Rossoneri yang perlahan bangkit. Ibrahimovic menjadi andalan di lini serang Milan.

Meski hampir memasuki usia kepala empat, performa Ibrahimovic tak mengalami penurunan sama sekali. Ia tetaplah seorang penyerang yang haus gol di depan gawang lawan, sebelum akhirnya menepi lantaran mengalami cedera lutut. Dari 27 penampilan, Ibra sukses mencetak 17 gol dan 3 assist. 

5. Cristiano Ronaldo

Berusia Senja, 5 Pemain Serie A Ini Tetap Tampilkan Performa CiamikCristiano Ronaldo (goal.com)

Cristiano Ronaldo membuktikan bahwa dirinya masih belum habis. Meski gagal membawa Juventus juara Serie A dan Liga Champions, penampilan mega bintang Portugal tersebut masih begitu ganas terhadap lawannya. Tak ayal, gol demi gol terus lahir, baik dari kaki maupun kepala Ronaldo.

Dari 44 penampilan di semua ajang, pemain berusia 36 tahun tersebut berhasil mencetak 36 gol dan 4 assist. Ronaldo juga sukses menyabet gelar top skor Serie A musim ini, dengan raihan 29 gol. Namun kabarnya, kebersamaan Ronaldo dengan Juventus bakal berakhir setelah ia dirumorkan dengan sejumlah klub papan atas lainnya.

 

Para pemain di atas membuktikan bahwa usia senja tak menghalangi mereka untuk tetap tampil gemilang di atas lapangan. Siapa favoritmu?

Baca Juga: 9 Pemain Italia dengan Gol Terbanyak di Serie A, Deretan Legenda!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya