Cerita Matty Cash yang Berganti Nama demi Timnas Polandia

Urung membela Timnas Inggris karena kalah saing

Matty Cash menghabiskan sebagian besar kariernya di Inggris. Namun, ia menjadi salah satu pemain yang enggan membela Timnas Inggris meski lahir di sana. Ia lebih memilih untuk mengabdi kepada Timnas Polandia yang merupakan negara leluhur keluarganya.

Keputusannya tak terlepas dari persaingan di sektor bek kanan The Three Lions yang sangat ketat. Di sisi lain, upaya Cash untuk memperoleh kewarganegaraan Polandia berjalan dengan lancar. Ia juga memutuskan untuk berganti nama demi mempermudah aksesnya di Polandia. 

1. Matty Cash menghabiskan sebagian besar hidupnya di Inggris

Cerita Matty Cash yang Berganti Nama demi Timnas PolandiaMatty Cash (kanan) dan keluarganya (instagram.com/mattycash622)

Budaya dan kehidupan ala Inggris sudah akrab dengan Matty Cash sejak ia lahir. Ia besar di Buckinghamshire dari keluarga dengan keturunan campuran Inggris dan Polandia. Darah Polandia diwariskan dari keluarga sang ibu. Kakek buyut Cash dulunya adalah imigran yang pindah ke Inggris demi terhindar dari peperangan pada era Perang Dunia kedua.

Sebagai pemain sepak bola, Cash juga menjalani semua kariernya di Negeri Ratu Elizabeth. Ia membela sejumlah klub Championship, salah satunya Nottingham Forest. Puncaknya, pada musim panas 2020, Cash bertualang ke English Premier League (EPL) untuk pertama kali usai direkrut oleh Aston Villa.

2. Kalah bersaing dengan bek kanan Inggris lainnya

Cerita Matty Cash yang Berganti Nama demi Timnas PolandiaMatty Cash (instagram.com/mattycash622)

Sebuah anomali menimpa skuad Timnas Inggris. Pasalnya, The Three Lions memiliki opsi bek kanan yang sangat berlimpah. Banyaknya pilihan di posisi tersebut menghadirkan efek domino yang berbeda. Di satu sisi, Inggris tak khawatir dalam menentukan pemain terbaik. Namun, efek negatifnya ada beberapa bek kanan yang tersingkir dari persaingan.

Matty Cash menjadi salah satu bek kanan Inggris yang harus gigit jari. Dalam beberapa tahun terakhir, namanya tidak dipanggil meski menjadi andalan Aston Villa. Cash harus menerima pil pahit bahwa Inggris lebih mengandalkan pemain lain, seperti Trent Alexander-Arnold, Kieran Trippier, hingga Kyle Walker.

Baca Juga: 4 Opsi Bek Kanan yang Digunakan Bayer Leverkusen pada 2023/2024

3. Memutuskan untuk berganti kewarganegaraan menjadi Polandia

Cerita Matty Cash yang Berganti Nama demi Timnas PolandiaMatty Cash dan ibunya (instagram.com/mattycash622)

Matty Cash melihat bahwa kesempatannya untuk membela Timnas Inggris sangat kecil. Ia tak dipanggil oleh The Three Lions pada Piala Eropa 2020. Ia akhirnya bersikap realistis dan memikirkan opsi lain, yaitu mengganti kewarganegaraan.

Cash tak ragu untuk mengganti paspornya menjadi warga Polandia. Dilansir GOAL, proses kepindahan Cash sebagai warga Polandia berlangsung dengan lancar. Ia mendapatkan dukungan dari asosiasi sepak bola Polandia dan presiden Polandia, Cerny Kulesza.

Cash mengajukan permohonan menjadi warga Polandia pada September 2021. Berkas pengajuannya itu resmi diterima sebulan berselang. Usai menjadi warga Polandia, Cash segera bergabung dengan Timnas Polandia.

4. Wujudkan mimpi sang kakek

Cerita Matty Cash yang Berganti Nama demi Timnas PolandiaMatty Cash (tengah) dan keluarganya (instagram.com/mattycash622)

Keputusan Cash beralih kewarganegaraan menjadi penduduk Polandia mendapatkan dukungan yang hangat. Keluarga sangat mengapresiasi pilihan yang ia ambil, khususnya mereka yang tinggal di Polandia. Cash ingin mengunjungi mereka jika ada waktu luang.

"Aku punya kerabat di Polandia, tapi aku belum pernah ke sana dan belum pernah bertemu mereka. Ibuku terus-menerus menelepon mereka dan semua orang sangat bersemangat," ungkap Cash dikutip The Guardian.

Cash juga mewujudkan harapan sang kakek. Pasalnya, sang kakek ingin cucunya tersebut membela Timnas Polandia. Meski terlambat karena kakeknya sudah meninggal dunia, Cash menjadikannya sebagai sumber motivasi.

"Kami kehilangan kakek enam tahun lalu. Dia pasti akan sangat bangga melihatku mewakili Polandia," lanjut Cash.

5. Mendapatkan nama yang baru

Cerita Matty Cash yang Berganti Nama demi Timnas PolandiaMatty Cash (instagram.com/mattycash622)

Setelah resmi menjadi penduduk Polandia, Cash juga mendapatkan nama yang baru. Dilansir SportBible, namanya berganti menjadi Mateusz Gotowka di paspor Polandia. Meski berganti, ia tetap memakai nama Matty Cash dalam berkarier sebagai pemain sepak bola.

Cash menjalani debut bersama Timnas Polandia pada November 2021 dalam laga persahabatan. Hingga awal 2024, Cash sudah mengantongi 14 caps. Itu termasuk seluruh pertandingan Piala Dunia 2022 yang menjadi momentum perdana baginya di kompetisi internasional.

Matty Cash tentunya mempertimbangkan berbagai hal untuk berseragam Timnas Polandia. Selain bisa bermain secara reguler, ia juga dapat mewujudkan impian keluarganya.

Baca Juga: 10 Potret Matty Cash, Bek Kanan Andalan Aston Villa dan Polandia

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya