5 Eks Borussia Monchengladbach yang Hengkang ke Klub Besar Eropa

Marcus Thuram diresmikan sebagai rekrutan anyar Inter Milan

Prestasi Borussia Monchengladbach tak begitu mencolok dalam beberapa musim terakhir. Klub berjuluk Die Fohlen itu bahkan terakhir kali menjuarai Bundesliga pada musim 1977/1978. Setelahnya, Gladbach terus mengalami penurunan performa.

Meski begitu, Gladbach juga dikenal mahir dalam mengorbitkan pemain-pemain hebat. Die Fohlen kerap memasok pemain ke klub besar Eropa lainnya. Terbaru, eks pemainnya, Marcus Thuram, resmi bergabung dengan Inter Milan pada musim panas 2023. Termasuk Thuram, berikut 5 pemain Gladbach yang hengkang ke klub papan atas Eropa.

1. Marc-Andre ter Stegen

5 Eks Borussia Monchengladbach yang Hengkang ke Klub Besar EropaMarc-Andre ter Stegen (twitter.com/mterstegen1)

Marc-Andre ter Stegen merupakan salah satu jebolan akademi terbaik Borussia Monchengladbach. Kariernya di skuad utama sebenarnya tak terlalu mencolok. Meski begitu, ter Stegen tetap diminati oleh Barcelona. La Blaugrana berhasil membawanya ke Camp Nou pada musim panas 2014.

Kariernya benar-benar melejit bersama La Blaugrana. Ter Stegen menjadi kiper nomor satu Barcelona selama bermusim-musim. Posisinya tak tergoyahkan. Ia tampil impresif dengan catatan 157 clean sheet dari 377 penampilan. Ter Stegen juga merengkuh sejumlah gelar, seperti 5 gelar LaLiga dan 1 trofi Liga Champions.

2. Granit Xhaka

5 Eks Borussia Monchengladbach yang Hengkang ke Klub Besar EropaGranit Xhaka (twitter.com/charles_watts)

Granit Xhaka benar-benar bersinar di Borussia Monchengladbach. Selama empat musim (2012--2016), ia menjadi tokoh penting di lini tengah Die Fohlen. Tak ayal klub sekaliber Arsenal tertarik padanya. The Gunners bahkan rela mengeluarkan biaya 45 juta euro atau sekitar Rp737 miliar untuk membawanya ke Emirates Stadium.

Pindah ke Arsenal merupakan keputusan yang tepat. Meski kiprahnya tak selalu berjalan mulus, Xhaka tetap punya kontribusi yang besar. Ia membawa Arsenal meraih sejumlah gelar domestik. Xhaka sudah tampil sebanyak 297 kali bersama The Gunners. Ia dikabarkan bakal segera hijrah ke Bayer Leverkusen pada musim panas 2023.

Baca Juga: 10 Potret Granit Xhaka, Gelandang Petarung Andalan Arsenal

3. Denis Zakaria

5 Eks Borussia Monchengladbach yang Hengkang ke Klub Besar EropaDenis Zakaria (instagram.com/deniszakaria)

Aksinya yang gemilang di Borussia Monchengladbach membuat Juventus jatuh hati. Bianconeri akhirnya merekrut Denis Zakaria pada musim dingin 2022. Untuk merekrutnya, Juventus merogoh kocek sebesar 10 juta euro atau sekitar Rp164 miliar. Sayangnya, karier Zakaria malah menurun di Italia.

Ia tak mendapatkan tempat utama di Juventus. Tercatat, Zakaria hanya diturunkan sebanyak 15 kali. Ia bahkan dipinjamkan ke Chelsea pada musim 2022/2023. Meski begitu, performanya tak membaik dan gagal bersinar. Zakaria dikabarkan bakal dilepas oleh Juventus pada musim panas 2023.

4. Yann Sommer

5 Eks Borussia Monchengladbach yang Hengkang ke Klub Besar EropaYann Sommer (instagram.com/ysommer1)

Yann Sommer meninggalkan Borussia Monchengladbach pada musim dingin 2023. Ia berpisah dengan Die Fohlen sekaligus mengakhiri hubungan kerja sama yang sudah terjalin selama 8,5 musim. Sommer masih berkarier di Bundesliga. Ia sepakat untuk bergabung dengan Bayern Munich.

Sommer direkrut untuk menggantikan Manuel Neuer. Kiper andalan Die Roten itu harus menepi akibat mengalami cedera bahu saat bermain ski pada Desember 2022. Sommer menunaikan tugasnya dengan baik. Ia tampil impresif dengan catatan 8 clean sheet dari 25 penampilan di semua ajang,

5. Marcus Thuram

5 Eks Borussia Monchengladbach yang Hengkang ke Klub Besar EropaMarcus Thuram (twitter.com/Inter)

Marcus Thuram resmi meninggalkan Borussia Monchengladbach pada musim panas 2023. Ia tak memperpanjang kontraknya bersama Die Fohlen. Berstatus sebagai free agent, Marcus memiliki banyak tawaran dari klub lain. Pada akhirnya, ia sepakat untuk bergabung dengan Inter Milan.

Anak dari Lilian Thuram ini tertarik dengan proyek yang ditawarkan oleh Nerazzuri. Dilansir dari Fabrizio Romano, ia bakal mendapatkan gaji sebesar 6 juta euro atau sekitar Rp98 miliar per musim. Marcus menjadi rekrutan kedua Inter Milan setelah Kristjan Asllani pada bursa transfer musim panas 2023.

Borussia Monchengladbach tak punya prestasi mencolok dalam sedekade terakhir. Namun, kualitas para pemainnya tak bisa dianggap remeh. Bukan mustahil rasanya apabila ada pemain Die Fohlen lainnya yang bakal mengikuti jejak mereka.

Baca Juga: Marcus Thuram Berlabuh ke Inter Milan, Sudah Lulus Tes Medis

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya