3 Eks Kiper Burnley yang Membela Klub EPL Lain pada 2023/2024

Nick Pope salah satunya

Burnley bukanlah klub yang sering bersaing di papan atas English Premier League (EPL). Prestasi The Clarets tak terlalu gemilang, khususnya dalam sedekade terakhir. Burnley bahkan sempat terdegradasi ke Championship pada akhir 2021/2022. Namun, hanya semusim berselang, Burnley kembali tampil di kasta tertinggi.

Meskipun minim prestasi, Burnley tetap sering disinggahi oleh pemain-pemain top. Banyak pemain hebat yang kini membela klub EPL lain pernah berseragam Burnley pada masa lampau, termasuk ketiga kiper ini. Mereka sempat merintis karier di Burnley. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Tom Heaton hanya menjadi kiper ketiga Manchester United

3 Eks Kiper Burnley yang Membela Klub EPL Lain pada 2023/2024Tom Heaton (twitter.com/TomHeatonGK)

Tom Heaton pernah menjadi bagian dari skuad Burnley dalam waktu yang cukup lama. Ia awalnya bergabung dengan skuad The Clarets pada 2013. Bersama Burnley, ia bertahan selama 6 musim dan mencatatkan 200 penampilan di semua kompetisi. Setelah berseragam Burnley, Heaton hijrah ke klub English Premier League lainnya.

Kiper berpaspor Inggris ini sempat berlabuh ke Aston Villa. Setelah itu, Heaton memutuskan untuk pulang ke klub masa kecilnya, yaitu Manchester United. Heaton bergabung kembali ke skuad The Red Devils pada 2022/2023. Namun, kontribusi Heaton cenderung tak terlalu mencolok karena jarang diturunkan di ajang resmi.

Ia bahkan belum bermain sama sekali pada 2023/2024. Heaton hanya dijadikan pilihan ketiga setelah Andre Onana dan Altay Bayindir. Dengan usianya yang sudah 37 tahun, Heaton dinilai terlalu tua untuk menjadi kiper utama Manchester United. Namun, pengalaman dan kualitasnya di level teratas masih sangat dibutuhkan.

2. Wayne Hennessey menambah opsi kiper Nottingham Forest

3 Eks Kiper Burnley yang Membela Klub EPL Lain pada 2023/2024Wayne Hennessey (nottinghamforest.co.uk)

Wayne Hennessey sudah bertualang ke beberapa klub Inggris. Jebolan akademi Wolverhampton Wanderers ini malang-melintang di English Premier League. Beberapa klub EPL pernah dibelanya, termasuk Burnley dan kini bersama Nottingham Forest. Hennessey awalnya bergabung dengan skuad The Clarets pada bursa transfer musim panas 2021.

Ia datang ke Burnley sebagai pengganti Tom Heaton yang hengkang ke Manchester United. Karena hanya berstatus pelapis, Hennessey tak punya kontribusi yang tinggi. Ia bahkan hanya bertahan dalam waktu yang singkat, yaitu semusim. Terlebih lagi, Burnley terdegradasi ke Championship pada akhir 2021/2022.

Hennessey meneruskan petualangannya dengan hijrah ke Nottingham Forest. Ia menjadi bagian dari skuad The Tricky Trees hingga 2023/2024 ini. Namun, kiprahnya seolah berlalu begitu saja. Hennessey gagal menjadi pilihan utama. Persaingan yang ketat di sektor kiper Nottingham Forest membuatnya baru tampil sebanyak sembilan kali.

3. Nick Pope membawa Newcastle United tampil superior

3 Eks Kiper Burnley yang Membela Klub EPL Lain pada 2023/2024Nick Pope (nufc.co.uk)

Burnley merupakan tempat awal berkembangnya Nick Pope sebagai salah satu kiper top yang dimiliki Inggris. Ia membela The Clarets selama 6 musim (2016--2022). Meskipun timnya hanya berkutat di papan bawah klasemen, performa Pope sering kali disorot karena tampil mengesankan. Ia juga mendapatkan panggilan dari Timnas Inggris.

Kerja sama keduanya berakhir pada Juni 2022. Kegagalan Burnley untuk tetap bertahan di EPL menjadi alasan kuat dirinya pindah. Beruntung bagi Pope, ada Newcastle United yang menyelamatkan kariernya. Ia diboyong ke St. James Park dan langsung mendapatkan posisi sebagai kiper utama. Pope berhasil membuktikan kapasitas terbaiknya.

Ia mampu tampil solid di bawah mistar gawang The Magpies. Pada musim debutnya, Pope sukses mengantarkan Newcastle United masuk ke zona 4 besar klasemen sekaligus lolos ke Liga Champions. Pada 2023/2024, performa Pope masih konsisten. Ia nyaris tak tergantikan dengan catatan 21 penampilan di semua kompetisi.

Burnley masuk ke dalam perjalanan karier yang dirintis oleh ketiga kiper di atas. Mereka telah meninggalkan The Clarets dan fokus untuk klubnya masing-masing. Namun, tak mustahil rasanya mereka bakal kembali ke Burnley pada waktu yang akan datang.

Baca Juga: Kisah Nick Pope, Mantan Penjual Susu yang Masuk Skuat Timnas Inggris

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya