5 Eks Leicester City yang Hengkang secara Gratis pada Musim Panas 2023

Tinggalkan The Foxes yang terdegradasi

Petaka menimpa Leicester City pada akhir musim 2022/2023. Setelah merajut berbagai keajaiban di kasta tertinggi Liga Inggris, The Foxes harus menelan pil pahit. Mereka terpaksa turun kasta ke Championship setelah hanya finis di posisi ke-18 klasemen.

Efek domino dari degradasi itu sangat krusial. Pasalnya, Leicester City kehilangan beberapa pemainnya yang hengkang pada bursa transfer musim panas 2023. Ada lima pemain yang meninggalkan The Foxes secara gratis. Siapa saja mereka?

Berikut eks Leicester City yang hengkang secara gratis pada musim panas 2023!

1. Ayoze Perez

5 Eks Leicester City yang Hengkang secara Gratis pada Musim Panas 2023Ayoze Perez (twitter.com/AyozePG)

Ayoze Perez resmi dimiliki oleh Real Betis seutuhnya pada musim panas 2023. Perez bukanlah wajah asing di skuad Real Betis. Ia menjalani peminjaman pada paruh kedua musim 2022/2023. Selama dipinjamkan, Perez tampil cukup baik dengan koleksi 4 gol dan 2 assist dari 21 penampilan.

Real Betis beruntung mendapatkan jasanya secara gratis. Perez disodori kontrak berdurasi 4 musim hingga Juni 2027 mendatang. Pemain berpaspor Spanyol itu tentu menambah daya serang Real Betis. Ia tak perlu waktu lama untuk beradaptasi di LaLiga Spanyol karena sudah terbiasa bermain di sana.

2. Daniel Amartey

5 Eks Leicester City yang Hengkang secara Gratis pada Musim Panas 2023Daniel Amartey (twitter.com/Besiktas)

Daniel Amartey merupakan bagian dari kesuksesan Leicester City menjuarai Premier League pada 2015/2016. Kini, setelah timnya terdegradasi, Amartey memutuskan untuk hengkang. Ia urung memperpanjang kontraknya bersama The Foxes yang habis pada Juni 2023 lalu.

Amartey tak butuh waktu lama untuk mendapatkan klub baru. Ia langsung bergabung dengan klub papan atas Turki, Besiktas. Kehadirannya tentu sangat menguntungkan. Amartey punya pengalaman dan kualitas mumpuni yang bisa diteruskan bersama klub barunya tersebut.

Baca Juga: 4 Pemain Leicester City yang Pindah ke Klub EPL usai Terdegradasi

3. Caglar Soyuncu

5 Eks Leicester City yang Hengkang secara Gratis pada Musim Panas 2023Caglar Soyuncu (twitter.com/Atleti)

Kontrak Caglar Soyuncu di Leicester City berakhir pada Juni 2023. Keduanya sepakat untuk tidak memperpanjangnya. Soyuncu lalu melanjutkan kariernya ke LaLiga usai menerima tawaran Atletico Madrid. Ia hijrah ke skuad Los Rojiblancos dengan kontrak berdurasi 4 musim.

Soyuncu memperkuat kedalaman di jantung pertahanan Atletico Madrid. Ia bisa menjadi opsi favorit yang diandalkan oleh Los Rojiblancos. Meski begitu, Soyuncu tak punya jaminan untuk tampil reguler. Ia harus bersaing dengan bek Atletico Madrid lainnya, seperti Jose Gimenez dan Stefan Savic.

4. Jonny Evans

5 Eks Leicester City yang Hengkang secara Gratis pada Musim Panas 2023Jonny Evans (twitter.com/ManUtd)

Eksodus pemain belakang melanda Leicester City pada musim panas 2023. Tak hanya Amartey dan Soyuncu, Jonny Evans pun ikut meninggalkan The Foxes. Ia memutuskan untuk pulang ke klub lamanya, Manchester United. Evans menimba ilmu bersama tim akademi The Red Devils.

Bek berusia 35 tahun itu hanya dikontrak hingga Juli 2023 mendatang. Namun, Evans berpotensi untuk dikontrak permanen dalam waktu yang lebih lama. Ia bisa menjadi pengganti Harry Maguire yang dikabarkan segera meninggalkan Manchester United. Evans nantinya bisa jadi pelapis.

5. Youri Tielemans

5 Eks Leicester City yang Hengkang secara Gratis pada Musim Panas 2023Youri Tielemans (avfc.co.uk)

Youri Tielemans masih bertahan di English Premier League (EPL). Setelah terdegradasi bersama Leicester City, Tielemans hengkang ke Aston Villa. The Villans beruntung mendapatkan jasanya dengan status bebas transfer. Kedatangan Tielemans menambah kekuatan di lini tengah Aston Villa yang bakal menjalani musim yang sibuk.

Tielemans dikontrak oleh Aston Villa hingga akhir musim 2026/2027 mendatang. Kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Ia bisa menjadi sosok penting di dalam permainan sang pelatih, Unai Emery. Tielemans punya banyak hal yang bisa ditawarkan untuk klub barunya tersebut.

Tak hanya kelima pemain di atas yang meninggalkan Leicester City secara gratis pada musim panas 2023. Sebenarnya masih ada dua pemain lain, yaitu Nampalys Mendy dan Ryan Bertrand. Namun, keduanya masih berstatus tanpa klub hingga sekarang.

Baca Juga: 5 Pembelian Termahal dalam Sejarah Tottenham, James Maddison Terbaru!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya