5 Eks Manchester United yang Melanjutkan Karier ke Luar Eropa

Ada pemain baru yang menyusul Cristiano Ronaldo

Cuci gudang ala Manchester United mengarah kepada para pemain senior pada musim panas 2023. Beberapa nama dilepas secara gratis karena kontraknya sudah berakhir, seperti Phil Jones dan David De Gea. Sementara itu, ada Alex Telles yang dikabarkan bakal segera bergabung ke Al-Nassr.

Telles meninggalkan Manchester United karena tak masuk skema sang pelatih. Di sisi lain, kepindahannya ke Liga Arab Saudi itu juga menyusul mantan rekan setimnya di Setan Merah, Cristiano Ronaldo. Keduanya menjadi segelintir dari eks pemain Manchester United yang hijrah ke luar Eropa.

1. Zlatan Ibrahimovic

5 Eks Manchester United yang Melanjutkan Karier ke Luar EropaZlatan Ibrahimovic (twitter.com/Ibra_official)

Kiprah Zlatan Ibrahimovic bersama Manchester United hanya berlangsung singkat. Meski begitu, ketajamannya masih konsisten dan belum menurun. Ia meninggalkan Setan Merah pada Maret 2018. Tujuannya jauh, yaitu Amerika Serikat. Ibrahimovic bergabung dengan LA Galaxy secara gratis.

Bersama klub kontestan MLS itu, produktivitas Ibrahimovic masih tajam. Ia menjadi mesin gol andalan LA Galaxy yang selalu diandalkan. Tercatat, Ibrahimovic berhasil mencetak 53 gol dan 15 assist dari 56 penampilan di semua ajang. Ia lalu kembali ke Eropa pada awal 2020. Ibrahimovic merapat ke AC Milan.

2. Antonio Valencia

5 Eks Manchester United yang Melanjutkan Karier ke Luar EropaAntonio Valencia (twitter.com/anto_v25)

Antonio Valencia berpisah dengan Manchester United pada musim panas 2019. Hal itu sekaligus mengakhiri masa baktinya di Old Trafford yang sudah terjalin sejak 2009 silam. Valencia memutuskan untuk kembali ke negaranya, Kolombia. Ia bergabung dengan LDU Quito secara gratis.

Kiprahnya bersama klub barunya itu hanya berjalan semusim. Valencia sejatinya masih tampil prima. Ia mengantongi 32 penampilan di semua kompetisi. Meski begitu, Valencia memilih untuk tetap hengkang pada musim panas 2020. Ia sempat menganggur alias tanpa klub selama semusim.

Baca Juga: 5 Pemilik Nomor Punggung 7 Manchester United sebelum Mason Mount

3. Marcos Rojo

5 Eks Manchester United yang Melanjutkan Karier ke Luar EropaMarcos Rojo (twitter.com/BocaJrsOficial)

Posisinya yang terpinggirkan di Manchester United membuat Marcos Rojo harus pergi. Ia sudah tak diandalkan di lini belakang Setan Merah. Sempat dipinjamkan ke Estudiantes, Rojo akhirnya dilepas secara permanen pada awal 2021. Ia bergabung dengan Boca Junior secara gratis.

Rojo membawa segudang pengalaman dari Eropa. Kehadirannya sangat menguntungkan skuad Boca Juniors. Hal itu terbukti tepat. Rojo langsung dipercaya sebagai pilihan utama di jantung pertahanan klub raksasa Argentina itu. Ia sudah bermain dalam 59 pertandingan di semua ajang.

4. Cristiano Ronaldo

5 Eks Manchester United yang Melanjutkan Karier ke Luar EropaCristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Cristiano Ronaldo menyelesaikan kariernya di Manchester United dengan cara yang berbeda. Kontraknya diputus pada November 2022. Hal itu menyusul wawancara kontroversial yang ia lakukan bersama Piers Morgan. Ronaldo menyebut kondisi internal Setan Merah tengah bermasalah.

Ia sempat berstatus tanpa klub selama sebulan. Pada musim dingin 2023, keputusannya pun muncul. Ronaldo memilih untuk hijrah ke Arab Saudi. Ia bergabung dengan Al-Nassr. Bersama klub barunya itu, ketajaman Ronaldo masih tinggi. Ia sudah mencetak 14 gol dari 19 laga.

5. Alex Telles

5 Eks Manchester United yang Melanjutkan Karier ke Luar EropaAlex Telles (twitter.com/ChampionsLeague)

Alex Telles dipastikan hengkang dari Manchester United pada musim panas 2023. Ia menyusul jejak Cristiano Ronaldo yang merapat ke Al-Nassr. Dilansir dari pakar transfer, Fabrizio Romano, Al-Nassr menggaet jasanya dengan biaya 5 juta euro atau sekitar Rp84 miliar.

Telles bakal mendapatkan bayaran 7 juta euro atau sekitar Rp118 miliar per musim. Kepindahannya itu mengakhiri masa bakti Telles bersama Manchester United. Kiprahnya di Old Trafford memang tak berjalan mulus. Telles hanya menjadi pilihan kedua di posisi bek kiri setelah Luke Shaw.

Kelima pemain di atas sudah tak diandalkan oleh Manchester United. Itu sebabnya mereka pergi ke luar Eropa untuk menghabiskan sisa kariernya. Ada yang kembali ke kampung halaman, dan ada juga yang masih ingin membuktikan kemampuannya.

Baca Juga: Al Nassr Kalah Telak Lawan Benfica, Ronaldo Bisa Apa? 

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya