7 Gelandang Top yang Hengkang ke Liga Arab Saudi pada Musim Panas 2023

Tergiur dengan gaji fantastis

Fenomena baru terjadi pada bursa transfer musim panas 2023. Tak hanya di liga top Eropa, pergerakan transfer pemain juga cukup aktif dan mencuri perhatian di Liga Arab Saudi. Hal ini tak lepas dari gebrakan besar-besaran klub Arab Saudi dalam merekrut pemain bintang.

Dengan gaji tinggi yang ditawarkan, klub-klub Arab Saudi berhasil mendapatkan jasa pemain top dari klub Eropa, khususnya para gelandang. Hingga awal Agustus 2023, ada tujuh gelandang top yang hijrah ke Liga Arab Saudi. Siapa saja?

1. Ruben Neves

7 Gelandang Top yang Hengkang ke Liga Arab Saudi pada Musim Panas 2023Ruben Neves (twitter.com/Alhilal_FC)

Keputusan mengejutkan diambil Ruben Neves soal masa depannya. Ia sejatinya sempat dikaitkan dengan Barcelona. Namun, Neves justru menerima tawaran dari klub Arab Saudi, Al-Hilal. Ia bergabung dari Wolverhampton Wanderers dengan biaya selangit. Al-Hilal menebusnya seharga 55 juta euro atau sekitar Rp913 miliar. Berbagai laporan menyebutkan bahwa alasan Neves pindah ke Arab Saudi karena gaji yang menggiurkan.

2. Sergej Milinkovic-Savic

7 Gelandang Top yang Hengkang ke Liga Arab Saudi pada Musim Panas 2023Sergej Milinkovic-Savic (twitter.com/Alhilal_FC)

Ruben Neves bukanlah satu-satunya gelandang top yang direkrut Al-Hilal. Selain dirinya, Sergej Milinkovic-Savic pun ikut bergabung ke Al-Hilal. Biaya kepindahannya dari Lazio itu mencapai 40 juta euro atau sekitar Rp664 miliar. Keputusannya untuk hijrah ke Arab Saudi ini mengejutkan. Apalagi, Sergej sempat menjadi incaran klub-klub besar Eropa, seperti Manchester United dan Juventus.

3. N'Golo Kante

7 Gelandang Top yang Hengkang ke Liga Arab Saudi pada Musim Panas 2023N'Golo Kante (instagram.com/alittihad.sa)

Karier N'Golo Kante di Eropa berakhir pada musim panas 2023. Kepastian ini diperoleh usai dirinya meninggalkan Chelsea secara gratis. Kante merapat ke Ittihad. Di sana, ia bertemu dengan rekan senegaranya, Karim Benzema. Hadirnya Kante bakal menjadi suntikan berharga di lini tengah Ittihad. Meski begitu, kondisi kebugaran Kante tak begitu fit sebab dirinya mulai rentan mengalami cedera.

Baca Juga: Transfer Resmi Liga Arab 2023, Ada Bintang dari Liga Eropa

4. Jordan Henderson

7 Gelandang Top yang Hengkang ke Liga Arab Saudi pada Musim Panas 2023Jordan Henderson (twitter.com/Ettifaq_EN)

Liverpool harus kehilangan dua gelandang andalannya pada musim panas 2023. Salah satunya adalah Jordan Henderson. Ia memutuskan untuk hengkang dari Liverpool setelah 12 tahun bersama. Henderson hijrah ke Al-Ettifaq dengan biaya 14 juta euro atau sekitar Rp232 miliar. Kepindahannya ini tak terlepas dari campur tangan Steven Gerrard. Pelatih anyar Al-Ettifaq ini pernah bekerja sama dengan Henderson di Anfield.

5. Fabinho

7 Gelandang Top yang Hengkang ke Liga Arab Saudi pada Musim Panas 2023Fabinho (twitter.com/ittihad)

Fabinho mengikuti jejak Henderson untuk hengkang ke Liga Arab Saudi. Namun, keduanya tak pergi ke klub yang sama. Fabinho memilih untuk pindah ke Ittihad. Dalam proses kepindahannya ini, Fabinho ditebus seharga 47 juta euro atau sekitar Rp788 miliar. Fabinho membuat lini tengah Ittihad makin kuat. Ia bakal bekerja sama dengan N'Golo Kante nantinya.

6. Seko Fofana

7 Gelandang Top yang Hengkang ke Liga Arab Saudi pada Musim Panas 2023Seko Fofana (twitter.com/AlNassrFC)

Al-Nassr terus memperkuat skuadnya dengan merekrut sederet bintang Eropa. Usai Cristiano Ronaldo, perburuan pemain ala Al-Nassr belum berakhir. Mereka bahkan sudah mendapatkan dua gelandang berkualitas, termasuk Seko Fofana. Sang pemain didaratkan dari RC Lens seharga 25 juta euro atau sekitar Rp415 miliar. Fofana diikat kontrak dengan durasi 3 musim.

7. Marcelo Brozovic

7 Gelandang Top yang Hengkang ke Liga Arab Saudi pada Musim Panas 2023Marcelo Brozovic (twitter.com/AlNassrFC_EN)

Selain Fofana, Al-Nassr juga merampungkan transfer Marcelo Brozovic. Gelandang asal Kroasia itu sukses digaet dari Inter Milan. Al-Nassr harus menebusnya seharga 18 juta euro atau sekitar Rp299 miliar. Perekrutan Brozovic sejatinya berlangsung alot. Terlebih lagi, Brozovic dikabarkan ingin pindah ke Barcelona. Namun, karena berbagai alasan, ia akhirnya berlabuh ke Al-Nassr.

Bursa transfer musim panas 2023 masih panjang. Dengan pergerakan transfer gila-gilaan ala klub Arab Saudi saat ini, tak mustahil rasanya bila ada pemain lain yang menyusul. Menarik dinantikan kiprah mereka pada musim 2023/2024 mendatang.

Baca Juga: 5 Pemain yang Hijrah ke Liga Arab Saudi pada Usia Emas, Faktor Uang?

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya