3 Kiper Brasil yang Membela Klub EPL 2023/2024, Seperti Apa Kiprahnya?

Menjadi andalan klubnya masing-masing

Brasil dikenal sebagai salah satu negara penghasil pemain sepak bola berkualitas. Hal itu terus berjalan dengan baik dari waktu ke waktu. Meski dikenal dengan sosok penyerang tajam dan lincah, Brasil juga punya pemain lain yang tampil gemilang, khususnya kiper.

Pada 2023/2024, kiper berpaspor Brasil ramai berkarier di liga top Eropa. Dari keseluruhan nama tersebut, ada tiga pemain yang membela klub English Premier League (EPL). Berkarier di EPL merupakan sebuah prestasi sekaligus kebanggaan, khususnya bagi sang kiper itu sendiri.

Inilah tiga kiper Brasil yang membela klub EPL pada 2023/2024.

1. Neto ditunjuk sebagai kiper utama sekaligus kapten Bournemouth

3 Kiper Brasil yang Membela Klub EPL 2023/2024, Seperti Apa Kiprahnya?Neto (twitter.com/afcbournemouth)

Neto menjalani musim keduanya bersama Bournemouth. Kiper gaek berusia 34 tahun ini memberikan kontribusi signifikan untuk klubnya tersebut. Pasalnya, Neto langsung dipercaya sebagai kapten utama pada musim debutnya. Hal itu menunjukkan jiwa kepemimpinan serta pengalamannya yang segudang.

Pada 2023/2034, Neto masih ditunjuk sebagai kiper utama The Cherries. Ia menjadi palang pintu terakhir di jantung pertahanan Bournemouth. Sayangnya, Neto tak mampu berbuat banyak sebab timnya tengah terpuruk di papan bawah klasemen Premier League.

Dari 10 laga yang ia jalani, Neto hanya sanggup mengemas 2 clean sheet. Catatan ini membuktikan lini belakang Bournemouth yang begitu rapuh. Neto dan rekan setimnya berpacu dengan waktu untuk memperbaiki performanya agar tak terdegradasi pada akhir musim ini.

Baca Juga: 7 Kiper Dunia yang Layak Jadi Kiper Terbaik 2023

2. Ederson Moraes masih menjadi sosok penting di lini belakang Manchester City

3 Kiper Brasil yang Membela Klub EPL 2023/2024, Seperti Apa Kiprahnya?Ederson Moraes (instagram.com/ederson93)

Manchester City punya kiper tangguh dan andal dalam distribusi bola di dalam diri Ederson Moraes. Pada 2023/2024, perannya masih sangat krusial. Ia menjadi kiper utama Manchester City yang nyaris diturunkan dalam tiap laga. Dominasinya sulit untuk digeser.

Kiper berusia 30 tahun itu masih tampil menjanjikan di lini belakang The Citizens. Kemampuannya yang mahir dalam membangun serangan dari belakang sangat berpengaruh. Itu sebabnya Sang Manajer, Pep Guardiola, selalu mengandalkan Ederson.

Eks kiper Benfica itu sudah diturunkan dalam 17 pertandingan di semua kompetisi pada 2023/2024. Dari catatan tersebut, Ederson berhasil membukukan lima clean sheet. Koleksi ini tentunya bisa terus bertambah. Ederson juga berperluang untuk memberikan gelar juara lainnya bagi The Citizens.

3. Posisi Alisson Becker masih tak tergoyahkan sebagai kiper utama Liverpool

3 Kiper Brasil yang Membela Klub EPL 2023/2024, Seperti Apa Kiprahnya?Alisson Becker (instagram.com/liverpoolfc)

Kiper Brasil terakhir yang berkarier di Premier League pada 2023/2024 adalah Alisson Becker. Ia merupakan palang pintu tangguh Liverpool. Kontribusinya di bawah mistar gawang sangat besar. Tak ayal jasa Alisson masih dipercaya penuh meski sudah berusia 31 tahun.

Kiprah Alisson berjalan mulus di Liverpool. Sejak bergabung dengan The Reds pada 2017/2018, ia selalu menyegel status kiper utama. Hal itu terus berlanjut pada  2023/2024. Performa Alisson tergolong impresif sehingga posisi kiper utama mutlak dimiliki olehnya.

Pada 2023/2024, Alisson sudah tampil dalam 14 penampilan dengan koleksi 5 clean sheet. Ia mampu mengangkat performa Liverpool untuk kembali ke papan atas Premier League dan berjaya di Liga Europa. Apabila mampu konsisten, maka Alisson tentu bisa mempersembahkan gelar juara pada akhir musim nanti.

Ketiga kiper Brasil di atas sama-sama menjadi andalan klubnya masing-masing. Meski begitu, usia mereka sudah kepala tiga. Akankah mereka mampu meneruskan konsistensinya tersebut dalam waktu yang lama?

Baca Juga: 5 Kiper Terakhir yang Membela Timnas Belanda, Siapa Kiper Inti?

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya