5 Kiper Cadangan Klub Serie A yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023

Ionut Radu dilepas ke Bournemouth

Bursa transfer musim panas 2023 telah menyajikan berbagai kepindahan pemain ke klub barunya. Tak hanya transfer secara permanen, sederet kesepakatan pinjaman juga telah terealisasi. Hal ini dilakukan tak hanya kepada para pemain muda, tetapi juga bagi mereka yang kekurangan menit bermain.

Di kompetisi Serie A, misalnya. Ada sejumlah kiper cadangan yang bakal bermain di klub barunya dengan status pinjaman. Mereka dilepas agar bisa tampil reguler di tempat lain. Inilah lima kiper cadangan Serie A yang dipinjamkan pada musim panas 2023. Mulai dari Stefano Turati hingga Stefano Gori.

1. Stefano Turati

5 Kiper Cadangan Klub Serie A yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023Stefano Turati (instagram.com/stefanoturatii)

Stefano Turati bakal menjalani musim keduanya sebagai pemain pinjaman di Frosinone. Sebelumnya, Turati tampil impresif bersama klub barunya itu pada musim 2022/2023. Turati mengantarkan Frosinone kembali promosi ke Serie A setelah menjadi kampiun Serie B.

Kiper berusia 21 tahun itu telah menunjukkan perkembangan signifikan di Frosinone. Hal tersebut tak lepas dari keputusan klub asalnya, Sassuolo. Turati sejatinya merupakan lulusan akademi Sassuolo. Sayangnya, ia kesulitan tampil reguler sehingga kerap dipinjamkan demi bisa berkembang.

2. Elia Caprile

5 Kiper Cadangan Klub Serie A yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023Elia Caprile (instagram.com/eliacaprile)

Napoli tak begitu aktif pada musim panas 2023. Partenopei baru merekrut satu pemain anyar, yaitu Elia Caprile. Ia diboyong dari klub Serie B, Bari, seharga 7 juta euro atau sekitar Rp117 miliar. Caprile pun tak langsung menghiasi skuad utama Napoli. Ia terlebih dahulu dipinjamkan ke Empoli.

Napoli melepasnya agar mendapatkan jam terbang yang cukup. Terlebih lagi, Napoli sudah memiliki dua kiper, yaitu Alex Meret dan Pierluigi Gollini. Caprile bakal dipinjamkan ke Empoli hingga akhir musim 2023/2024 mendatang. Ia bisa menjadi kiper utama Empoli menyusul kepergian Gugliermo Vicario.

Baca Juga: 5 Pembelian Termahal Atalanta dari Luar Serie A, Ada Nama Baru!

3. Ionut Radu

5 Kiper Cadangan Klub Serie A yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023Ionut Radu (twitter.com/afcbournemouth)

Nasib Ionut Radu di Inter Milan masih tak jelas. Ia terus menjalani peminjaman selama bermusim-musim. Hal yang sama terjadi pada musim 2023/2024. Radu bakal dipinjamkan ke Bournemouth. Bersama The Cherries, Radu hanya ditempatkan sebagai pelapis dari Neto yang menjadi kiper utama.

Karier kiper berkebangsaan Romania itu tak berjalan dengan mulus di Inter Milan. Padahal, Nerazzuri harus ditinggal oleh dua kiper andalannya, Andre Onana dan Samir Handanovic, pada musim panas 2023. Radu bisa saja mengisi kekosongan itu. Namun, Nerazzuri justru punya pilihannya sendiri.

4. Alessio Cragno

5 Kiper Cadangan Klub Serie A yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023Alessio Cragno (sassuolocalcio.it)

Posisi Alessio Cragno di AC Monza sudah tak berarti. Ia harus menerima pil pahit jadi cadangan dari Michele Di Gregorio pada musim 2022/2023 lalu. Kesempatannya untuk menjadi kiper utama AC Monza berakhir. Karena tak tampil reguler, opsi terbaiknya hanyalah pindah ke klub lain.

Cragno akhirnya hengkang pada musim panas 2023. Ia memutuskan untuk pindah ke Sassuolo dengan status pinjaman. Namun, Cragno tetap menemui jalan yang terjal. Ia harus bersaing dengan kiper andalan Sassuolo, Andrea Consigli, demi bisa tampil reguler nantinya.

5. Stefano Gori

5 Kiper Cadangan Klub Serie A yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023Stefano Gori (instagram.com/sbg166)

Kepergian Alessio Cragno menyisakan satu ruang di sektor kiper AC Monza. Alhasil, mereka merekrut kiper anyar pada musim panas 2023. Pilihan AC Monza jatuh kepada Stefano Gori. Ia direkrut dengan status pinjaman dari Juventus hingga akhir musim 2023/2024 mendatang.

Gori bakal diplot sebagai pelapis dari Michele Di Gregorio. Meski begitu, hal ini cukup disayangkan sebab dirinya sudah berusia 27 tahun. Gori butuh menit bermain yang banyak demi bisa meningkatkan kualitasnya. Hal seperti itu tak ia peroleh di Juventus karena sektor kiper yang sudah gemuk.

Kelima kiper di atas diharapkan bisa bersinar di klub barunya. Namun, mereka bakal dihadapkan dengan situasi yang tak mudah. Mereka harus bersaing keras demi bisa mendapatkan tempat utama dan menunjukkan kualitas terbaiknya.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif AC Monza yang Pernah Membela Klub Papan Atas Eropa

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya