Ada Szczesny hingga De Gea, 5 Kiper Top Ini Lahir pada Tahun 1990

Sudah berusia kepala tiga

Liga top Eropa menjadi panggung favorit bagi kebanyakan pesepak bola. Tak hanya mereka yang bermain sebagai gelandang dan penyerang, para pemain bertahan sejatinya juga terus meningkatkan popularitasnya di kompetisi Benua Biru.

Terlebih kiper-kiper ternama yang menjadi andalan timnya saat ini. Biasanya, tiap klub mempunyai kiper utama yang tengah memasuki usia emas. Namun, beberapa kiper ini masih tetap eksis kendati lahir pada tahun 1990 dan sudah berusia kepala tiga. Siapa saja mereka?

1. Wojciech Szczesny

Ada Szczesny hingga De Gea, 5 Kiper Top Ini Lahir pada Tahun 1990Wojciech Szczesny (instagram.com/wojciech.szczesny1)

Polandia tak hanya memiliki Robert Lewandowski yang tajam di lini serang. Dari lini pertahanan, sosok Wojciech Szczesny juga terus bersinar. Sepanjang kariernya, Szczesny sudah berpengalaman tampil di berbagai klub ternama, mulai dari Arsenal, AS Roma, hingga kini bersama Juventus.

Usianya memasuki 31 tahun sekarang, tetapi Szczesny tetap masih dipercaya jadi andalan Si Nyonya Tua. Kendati kerap diselimuti berbagai kritikan, tak dapat dimungkiri bahwa karier Szczesny terus meningkat. Jadi pilar utama di klub, ia sukses memantapkan diri sebagai kiper utama Timnas Polandia.

2. Peter Gulacsi

Ada Szczesny hingga De Gea, 5 Kiper Top Ini Lahir pada Tahun 1990Peter Gulacsi (twitter.com/WhoScored)

Karier sepak bola Peter Gulacsi hingga dikenal seperti sekarang ditempuh lewat berbagai cara. Sebelum mekar bersama RB Leipzig, Gulacsi pernah mengalami jalan terjal saat membela Liverpool. Bermain dengan salah satu klub top Inggris ternyata bukanlah jalan terbaik bagi karier Gulacsi.

Singkatnya, Gulacsi menemukan rumah ideal di Leipzig. Bersama Die Roten Bullen, ia bersinar sebagai salah satu pemain senior. Begitu juga saat membela Timnas Hungaria. Posisi Gulacsi nyaris tak tergeser oleh kiper lain sejak debut pada 2014 lalu. Usianya perlahan menua, tetapi kontribusi Gulacsi masih dibutuhkan.

Baca Juga: 6 Kiper Premier League yang Jadi Kiper Utama di Timnas, Ada Alisson

3. Anthony Lopes

Ada Szczesny hingga De Gea, 5 Kiper Top Ini Lahir pada Tahun 1990Anthony Lopes (instagram.com/antholopes_officiel)

Jarang disorot, tetapi punya kenangan yang panjang. Cukup langka melihat seorang penjaga gawang yang setia bersama satu klub. Hanya segelintir pemain yang melakukannya, termasuk Anthony Lopes. Sejak mengawali karier di usia muda, Lopes sudah punya jiwa loyalitas yang tinggi bersama Olympique Lyon.

Namanya mulai menghiasi skuad Les Gones pada musim 2011/2012 lalu. Sejak saat itu, Lopes menjelma sosok penting bagi Lyon. Ia telah mengoleksi ratusan penampilan hingga membawa Les Gones konsisten di papan atas Ligue 1. Memasuki dekade keduanya di Lyon, posisi Lopes masih tak terbantahkan.

4. Kevin Trapp

Ada Szczesny hingga De Gea, 5 Kiper Top Ini Lahir pada Tahun 1990Kevin Trapp (instagram.com/kevintrapp)

Kevin Trapp sudah berusia 31 tahun sekarang. Sosoknya merupakan bagian utama dari skuad Eintracht Frankfurt selama sedekade terakhir. Namun, Trapp sempat menapakkan kakinya di salah satu klub besar Eropa, Paris Saint-Germain. Bermain selama tiga musim di Prancis, profil Trapp melambung tajam.

Meski tak selalu jadi kiper utama, kepindahan Trapp ke Paris setidaknya mampu menambah koleksi gelar miliknya. Per musim panas 2018, Trapp kembali pulang ke Eintracht Frankfurt yang merupakan klub lamanya. Ia masih menyegel status kiper utama Die Adler meskipun usianya sudah tak muda lagi.

5. David De Gea

Ada Szczesny hingga De Gea, 5 Kiper Top Ini Lahir pada Tahun 1990David De Gea (twitter.com/D_DeGea)

Tak ada yang meragukan performa David De Gea di bawah mistar gawang. Aksinya selalu memukau hingga berjasa menyelamatkan Manchester United di momen-momen krusial. Selain dikenal sebagai salah satu kiper hebat, De Gea juga setia bersama The Red Devils sejak bergabung pada tahun 2011 lalu.

Perjalanannya di Manchester memang tak mulus dan diwarnai pasang surut hingga penurunan performa sudah ia alami sejauh ini. Namun, tetap saja posisi De Gea sebagai kiper utama United masih terus bertahan. Bahkan, kiper sekaliber Victor Valdes, Sergio Romero, hingga Dean Henderson tak mampu menggesernya.

 

Usia kelima kiper di atas sudah berusia kepala tiga sekarang. Meski begitu, mereka masih mampu tampil gemilang hingga terus dipercaya untuk menjadi kiper utama timnya masing-masing. Siapa favoritmu?

Baca Juga: 5 Kiper dengan Clean Sheet yang Lebih Banyak dari David De Gea di EPL

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya