5 Kiper Rekrutan Chelsea Terakhir sebelum Robert Sanchez

Sanchez baru saja resmi direkrut dari Brighton

Chelsea terus berbenah pada bursa transfer musim panas 2023. Meski merekrut banyak pemain muda, The Blues tetap mengisi skuadnya dengan suntikan beberapa pemain berpengalaman. Salah satunya adalah Robert Sanchez. Ia bergabung dari sesama klub Inggris lainnya, Brighton.

Sanchez bakal menjadi kompetitor Kepa di bawah mistar gawang The Blues. Menjadi kiper teranyar yang direkrut Chelsea, Sanchez menyusul beberapa nama sebelumnya yang merapat ke Stamford Bridge. Sebelum Robert Sanchez, inilah lima kiper terakhir yang direkrut oleh Chelsea.

1. Rob Green

5 Kiper Rekrutan Chelsea Terakhir sebelum Robert SanchezRob Green (twitter.com/ChelseaFC)

Chelsea merekrut dua kiper sekaligus pada musim panas 2018. Salah satunya adalah Rob Green. The Blues mendapatkan jasanya secara gratis usai kontrak Green bersama Huddersfield Town habis. Kehadiran Green tak mendapatkan banyak sorotan. Sebab, ia hanya diplot sebagai kiper cadangan.

Kiprahnya bersama Chelsea hanya terjalin semusim. Dalam waktu yang singkat itu, Green juga tak pernah diturunkan sama sekali. Kendati demikian, ia tetap menjadi bagian dari kesuksesan Chelsea merengkuh Liga Europa. Green akhirnya pensiun sebagai pemain pada Juni 2019.

Baca Juga: 3 Pemain yang Kontraknya Diputus Chelsea pada Musim Panas 2023

2. Kepa Arrizabalaga

5 Kiper Rekrutan Chelsea Terakhir sebelum Robert SanchezKepa Arrizabalaga (twitter.com/kepa_46)

Rekor transfer untuk seorang kiper dipecahkan oleh Chelsea. Itu terjadi saat The Blues menebus Kepa Arrizabalaga dari Athletic Bilbao pada musim panas 2018. Biaya transfer Kepa ke Stamford Bridge mencapai 80 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun. Kepa diplot sebagai pengganti Thibaut Courtois.

Namun, perjalanan Kepa di Chelsea tak berlangsung mulus. Ia kerap kesulitan tampil impresif hingga menjadi cadangan karena performanya yang sangan inkonsisten. Kepa sudah tampil 163 kali Chelsea. Meski kiprahnya cukup berliku, Chelsea masih percaya dengan Kepa sebagai kiper utama hingga sekarang.

3. Edouard Mendy

5 Kiper Rekrutan Chelsea Terakhir sebelum Robert SanchezEdouard Mendy (twitter.com/edou_mendy_)

Inkonsistensi yang ditunjukkan oleh Kepa sempat bikin Chelsea gerah. Alhasil, The Blues merekrut kiper anyar pada musim panas 2020. Pilihan Chelsea jatuh kepada mantan kiper Rennes, Edouard Mendy. Sang pemain direkrut ke London seharga 24 juta euro atau sekitar Rp401 miliar.

Pembelian kiper asal Senegal itu terbukti tepat. Pasalnya, Mendy mampu tampil solid dan menggusur Kepa sebagai kiper nomor satu. Ia berjasa dalam kesuksesan Chelsea merengkuh sejumlah gelar, termasuk Liga Champions. Sayangnya, Mendy hengkang ke Al-Ahli pada musim panas 2023.

4. Marcus Bettinelli

5 Kiper Rekrutan Chelsea Terakhir sebelum Robert SanchezMarcus Bettinelli (twitter.com/ChelseaFCinUSA)

Chelsea sejatinya sudah punya dua kiper hebat, yaitu Kepa dan Mendy. Meski begitu, The Blues tetap merekrut kiper lagi pada musim panas 2021. Chelsea memboyong Marcus Bettinelli. Sang kiper datang dengan segudang pengalaman, tetapi hanya diplot sebagai kiper pelengkap di Chelsea.

Bettinelli lebih banyak berperan sebagai kiper cadangan. Ia hanya diturunkan dalam satu pertandingan hingga sekarang. Meski begitu, peran Bettinelli tetap dinilai krusial bagi Chelsea. Itu sebabnya The Blues mengontraknya dengan durasi jangka panjang hingga Juni 2026 mendatang.

5. Gabriel Slonina

5 Kiper Rekrutan Chelsea Terakhir sebelum Robert SanchezGabriel Slonina (twitter.com/GabrielSlonina)

Musim panas 2022 merupakan salah satu periode transfer tersibuk yang pernah dijalani Chelsea. Sederet pemain di tiap lini hadir, termasuk penjaga gawang anyar. The Blues merekrut kiper muda Chicago Fire, Gabriel Slonina. Ia ditebus seharga 9 juta euro atau sekitar Rp150 miliar.

Slonina dipinjamkan terlebih dahulu ke klubnya itu hingga akhir tahun 2022. Setelah itu, Slonina bergabung dengan skuad utama Chelsea. Sayangnya, ia belum mendapatkan banyak kesempatan tampil. Slonina bahkan belum mencatatkan debutnya di laga resmi bersama The Blues.

Aura Spanyol bakal terasa di sektor kiper Chelsea musim depan. Kepa bakal bersaing dengan Robert Sanchez merebutkan status kiper utama The Blues. Kira-kira, siapakah di antara mereka yang berhasil mendapatkan kepercayaan Mauricio Pochettino di bawah mistar gawang Chelsea?

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea yang Berpotensi Bersinar pada 2023/2024

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya