3 Kiper Amerika Serikat yang Berkarier di Premier League 2023/2024

Dua di antaranya membela Nottingham Forest

English Premier League (EPL) dinilai sebagai kompetisi sepak bola paling kompetitif di dunia. Hal tersebut bukan tanpa alasan. Rivalitas sengit tiap klub serta kehadiran sederet pemain bintang membuatnya makin populer. Para pemain tersebut berasal dari berbagai penjuru untuk meramaikan persaingan yang berjalan.

Amerika Serikat, salah satu negara yang terus menciptakan bakat-bakat hebat di dunia sepak bola, juga tak mau ketinggalan. Pada 2023/2024, sederet pemain dari Negeri Paman Sam berkarier di Premier League. Itu termasuk ketiga kiper berikut yang memiliki karier beragam bersama klubnya masing-masing. Siapa saja?

1. Zack Steffen tersingkir dari persaingan kiper utama Manchester City

3 Kiper Amerika Serikat yang Berkarier di Premier League 2023/2024Zack Steffen (mlssoccer.com)

Pertama, ada kiper milik Manchester City, yaitu Zack Steffen. Ia sudah membela klub berjuluk The Citizens itu sejak 2019 lalu. Meski namanya masih menghiasi skuad Manchester City sampai sekarang, kiprah Steffen sebenarnya cukup berliku. Ia kesulitan untuk mengembangkan kariernya.

Steffen hanya menjadi cadangan dari Ederson Moraes. Ia juga sempat dipinjamkan ke Fortuna Dusseldorf dan Middlesbrough untuk mendapatkan jam terbang yang layak. Alhasil, kariernya lebih banyak dihabiskan bersama klub lain daripada Manchester City.

Pada 2023/2024, ia pulang ke klub asalnya tersebut. Namun, Steffen belum bermain sama sekali. Selain persaingan yang ketat, ia juga diterpa masalah cedera lutut yang cukup parah. Ia sudah menepi sejak pertengahan tahun 2023 lalu untuk menjalani proses pemulihan.

2. Ethan Horvath tak memiliki karier yang mulus di Nottingham Forest

3 Kiper Amerika Serikat yang Berkarier di Premier League 2023/2024Ethan Horvath (nottinghamforest.co.uk)

Klub legendaris Inggris, Nottingham Forest, punya cita rasa Amerika Serikat yang kuat di dalam skuadnya. Pasalnya, The Tricky Trees memiliki dua kiper dari Negeri Paman Sam pada 2023/2024. Salah satunya adalah kiper berusia 28 tahun, yaitu Ethan Horvath.

Ia sudah membela Nottingham Forest sejak 2021/2022. Sayangnya, nasib Horvath tak berjalan mulus di sana. Ia bahkan sempat dipinjamkan ke Luton Town untuk mendapatkan menit bermain yang layak. Usai kembali ke Nottingham Forest, kariernya justru berjalan stagnan.

Horvath hanya menjadi opsi terakhir di bawah mistar gawang Nottingham Forest. Ia harus bersaing dengan sederet kiper The Tricky Trees lainnya. Pada 2023/2024 saja, Horvath belum bermain sama sekali. Dengan minimnya menit bermain yang ia peroleh, Horvath dikabarkan bakal segera pindah ke klub lain.

3. Matt Turner langsung ditunjuk sebagai kiper utama Nottingham Forest

3 Kiper Amerika Serikat yang Berkarier di Premier League 2023/2024Matt Turner (twitter.com/NFFC)

Selain Ethan Horvath, kiper Amerika Serikat lainnya yang membela Nottingham Forest pada 2023/2024 adalah Matt Turner. Berbeda dengan Horvath yang gagal bersinar, karier Turner cenderung lebih baik. Ia bahkan dipercaya sebagai kiper utama The Tricky Trees.

Eks kiper Arsenal tersebut berhasil menjadi pilihan pertama di bawah mistar gawang Nottingham Forest. Turner berhasil mengungguli kiper-kiper The Tricky Trees lainnya, seperti Odysseas Vlachodimos dan Wayne Hennessey. Tak ayal perannya sangat krusial di lini belakang.

Hingga paruh pertama 2023/2024, Turner memberikan kontribusi yang cukup signifikan sebagai kiper utama. Tercatat, ia sudah diturunkan sebanyak 15 kali dengan koleksi 2 clean sheet di semua kompetisi. Apabila tampil konsisten, Turner bisa menjadi andalan timnya itu dalam waktu yang lama.

Industri sepak bola Amerika Serikat kian berkembang dengan baik. Sederet pemainnya mampu menembus liga top Eropa, termasuk ketiga kiper di atas yang berkarier di Premier League. Siapakah yang bakal menyusul mereka ke Inggris nantinya?

Baca Juga: 4 Kiper Muda yang Tampil Impresif di Liga Top Eropa 2023/2024

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya