5 Kiper Veteran yang Menjadi Cadangan di Klub EPL pada 2023/2024

Performa mereka sudah menurun

English Premier League (EPL) 2023/2024 sudah berjalan selama beberapa pekan. Selain soal rivalitas tiap klub yang sengit, kompetisi sepak bola tertinggi asal Inggris ini juga menjadi ajang pembuktian bagi sederet pemain bintang, khususnya kiper. Beberapa kiper top meramaikan EPL dan tampil solid untuk klubnya masing-masing.

EPL diisi oleh kiper-kiper berkualitas. Beberapa kiper yang sudah memasuki usia senja masih tetap berkarier di sini. Meski hanya berstatus cadangan, kehadiran kiper-kiper veteran ini setidaknya menjadi suntikan berharga untuk klubnya. Lantas, siapa sajakah kiper veteran yang menjadi cadangan di klub EPL 2023/2024 itu? Simak informasinya di bawah ini.

1. Fraser Forster menjadi kiper cadangan di Tottenham Hotspur

5 Kiper Veteran yang Menjadi Cadangan di Klub EPL pada 2023/2024Fraser Forster (twitter.com/SpursOfficial)

Komposisi kiper Tottenham Hotspur sedikit berubah pada musim 2023/2024. Sang kiper utama, Hugo Lloris, dikesampingkan dari skuad. Posisinya digantikan oleh kiper anyar asal Italia, Gugliermo Vicario. Sementara itu, posisi kiper kedua masih diisi oleh Fraser Forster. Ia sudah menjalani perannya tersebut sejak musim 2022/2023.

Kontribusi yang diberikan Forster untuk The Lilywhites sejatinya tak terlalu mencolok. Ia hanya diplot sebagai kiper pelapis sejak bergabung dengan klub London utara tersebut. Pada awal musim 2023/2024 ini, Forster bahkan baru tampil sekali. Ia juga belum pernah diturunkan di ajang EPL.

2. Posisi Martin Dubravka tergusur oleh Nick Pope

5 Kiper Veteran yang Menjadi Cadangan di Klub EPL pada 2023/2024Martin Dubravka (twitter.com/NUFC)

Martin Dubravka ditunjuk sebagai kiper pelapis Newcastle United sejak musim 2022/2023. Sosoknya tergolong senior di skuad The Magpies. Dubravka juga sempat menjadi kiper utama, tetapi posisinya itu tergusur oleh kehadiran Nick Pope. Tak ayal menit bermain yang dijalani oleh Dubravka berkurang drastis pada musim ini.

Kiper berpaspor Slovakia itu belum pernah diturunkan sama sekali pada musim 2023/2024. Ia hanya menjadi penghangat bangku cadangan Newcastle United. Terlepas dari itu, Dubravka tetap menjadi bagian penting di balik kejayaan The Magpies yang berhasil bangkit di kompetisi EPL dan Liga Champions.

Baca Juga: 5 Kiper Cadangan Klub Serie A yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023

3. Robin Olsen sudah menjalani musim ketiganya bersama Aston Villa

5 Kiper Veteran yang Menjadi Cadangan di Klub EPL pada 2023/2024Robin Olsen (instagram.com/robinolsen25)

Musim 2023/2024 menjadi musim ketiga Robin Olsen bersama Aston Villa. Kiper berusia 33 tahun itu menambah opsi kiper di bawah mistar gawang The Villans. Meski begitu, kiprahnya hanya dihabiskan sebagai kiper cadangan. Olsen diplot sebagai pelapis dari Emiliano Martinez yang menjadi kiper utama.

Ia tak mendapatkan menit bermain yang cukup karena dominasi Emi yang selalu dipercaya oleh sang manajer, Unai Emery. Pada musim 2023/2024 saja, Olsen baru diturunkan dalam empat pertandingan di semua ajang. Itu pun ia tampil di ajang piala domestik, seperti Piala FA. Olsen belum pernah tampil di EPL pada musim ini.

4. Tim Krul memberikan suntikan berharga di skuad Luton Town

5 Kiper Veteran yang Menjadi Cadangan di Klub EPL pada 2023/2024Tim Krul (twitter.com/TimKrul)

Luton Town merupakan salah satu dari tiga klub yang promosi ke EPL 2023/2024. Demi bisa bersaing di kasta tertinggi, Luton Town merekrut beberapa pemain berpengalaman, termasuk Tim Krul. Pria berpaspor Belanda ini diboyong dari Norwich City untuk menambah opsi kiper Luton Town.

Krul sudah malang-melintang di liga top Eropa. Pengalamannya sudah tak diragukan lagi pada usia 35 tahun. Meski begitu, ia tak ditunjuk sebagai kiper utama Luton Town. Krul baru bermain dalam dua pertandingan di semua kompetisi. Status kiper utama Luton Town saat ini dipegang oleh Thomas Kaminski.

5. Posisi Lukasz Fabianski tergantikan oleh Alphonse Areola

5 Kiper Veteran yang Menjadi Cadangan di Klub EPL pada 2023/2024Lukasz Fabianski (instagram.com/lukasz.fabianski)

West Ham United punya dua kiper berkualitas, yaitu Lukasz Fabianski dan Alphonse Areola. The Hammers awalnya mengandalkan Fabianski sebagai kiper utama. Namun, perubahan besar terjadi pada awal musim 2023/2024. Kiper utama West Ham United diberikan untuk Areola, sementara Fabianski hanya menjadi kiper cadangan.

Keputusan tersebut diambil sebab usia Fabianski yang beranjak 38 tahun. Tak hanya itu, performa Areola juga terus meningkat sehingga ia layak ditunjuk sebagai kiper utama. Karena perubahan ini, Fabianski lebih sering duduk di bangku cadangan. Ia hanya tampil dalam tiga pertandingan di semua kompetisi.

Memasuki usia yang sudah tak muda lagi, porsi bermain kelima kiper di atas semakin berkurang. Peran mereka hanya sebatas cadangan. Meski begitu, kehadirannya tetap dibutuhkan sebagai pemain berpengalaman di skuad klub masing-masing.

Baca Juga: 10 Potret Lukasz Fabianski, Kiper West Ham United yang Super Keren

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya