3 Kiper Yunani yang Berkarier di Liga Top Eropa pada 2023/2024

Semuanya tak menjadi kiper utama

Popularitas sepak bola Yunani kerap dinilai masih kalah jauh jika dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya. Meski begitu, hal tersebut tak sepenuhnya benar. Pasalnya, Yunani mampu melahirkan sederet pemain hebat yang punya prestasi mentereng. Para pemain tersebut berkarier di klub-klub raksasa Eropa.

Pada 2023/2024, banyak pemain dari Yunani yang merintis karier di liga top Eropa. Itu termasuk ketiga kiper berikut ini yang mampu menembus kancah elite di Eropa. Meski tak semuanya menjadi andalan klub masing-masing, mereka tetap menjadi angin segar tersendiri bagi sepak bola Yunani.

Inilah tiga kiper Yunani yang berkarier di liga top Eropa pada 2023/2024.

1. Dimitrios Stamatakis menambah kedalaman kiper Osasuna

3 Kiper Yunani yang Berkarier di Liga Top Eropa pada 2023/2024Dimitrios Stamatakis (twitter.com/Osasuna)

Pertama, ada kiper milik Osasuna, yaitu Dimitrios Stamatakis. Kiper berusia 20 tahun tersebut bergabung dengan Osasuna pada bursa transfer musim panas 2023. Karena usianya yang masih muda, Stamatakis terlebih dahulu dimasukkan ke Osasuna Promesas alias tim muda Osasuna.

Stamatakis lebih sering bermain untuk skuad muda Osasuna. Meski begitu, ia juga kerap dimasukkan ke skuad inti Osasuna ketika menghadapi lawannya di LaLiga. Stamatakis sudah dipanggil dua kali, tepatnya saat Osasuna menghadapi Valencia dan Atletico Madrid.

Ia bisa menjadi aset berharga bagi Osasuna. Dengan usianya yang baru menginjak kepala dua, potensi dan kans Stamatakis untuk berkembang sangat terbuka. Ia bisa menjadi penerus dari kiper utama Osasuna saat ini, yaitu Sergio Herrera. Stamatakis punya banyak waktu untuk meningkatkan kualitasnya.

2. Christos Mandas bergabung dengan Lazio pada awal 2023/2024

3 Kiper Yunani yang Berkarier di Liga Top Eropa pada 2023/2024Christos Mandas (instagram.com/mandas35_)

Selanjutnya ada kiper Yunani yang berkarier di Serie A pada 2023/2024. Pemain yang dimaksud itu adalah Christos Mandas. Ia tengah membela salah satu klub papan atas Italia, yaitu Lazio. Mandas sebenarnya juga baru bergabung dengan Lazio pada bursa transfer musim panas 2023 lalu.

Kiper berusia 22 tahun tersebut memperkuat posisi di bawah mistar gawang Lazio. Namun, nasibnya tak jauh berbeda dengan Stamatakis. Mandas juga hanya menjadi kiper cadangan di Lazio. Nasibnya bahkan lebih pahit sebab belum bermain sama sekali.

Hingga paruh pertama 2023/2024, Mandas belum membuat debut untuk Lazio. Hal ini sejatinya bisa dimaklumi. Pasalnya, Lazio memiliki dua kiper berpengalaman lainnya, yaitu Ivan Provedel dan Luigi Sepe. Di sisi lain, kurangnya menit bermain bakal menghambat karier Mandas untuk berkembang.

3. Odysseas Vlachodimos kalah saing dalam perebutan status kiper utama Nottingham Forest

3 Kiper Yunani yang Berkarier di Liga Top Eropa pada 2023/2024Odysseas Vlachodimos (twitter.com/vlachOD1mos)

Jika dibandingkan dengan kedua nama di atas, Odysseas Vlachodimos cenderung menjadi sosok kiper Yunani yang paling berpengalaman. Hal ini bukan tanpa alasan. Ia sudah membela beberapa klub besar Eropa, seperti Stuttgart dan Benfica. Hal itu berlanjut ke musim 2023/2024.

Vlachodimos membuat keputusan anyar dengan hengkang ke klub legendaris Inggris, yaitu Nottingham Forest. Ia datang ke City Ground untuk memperkuat kedalaman kiper The Tricky Trees. Namun, Vlachodimos membutuhkan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi.

Ia kesulitan untuk menjadi kiper utama Nottingham Forest. Alih-alih bisa tampil reguler, Vlachodimos justru hanya menjadi pilihan kedua setelah Matt Turner. Oleh sebab itu, ia lebih banyak duduk di bangku cadangan. Ia baru mengoleksi 5 penampilan dengan koleksi 1 clean sheet di semua kompetisi.

Popularitas sepak bola Yunani terus meroket dari tahun ke tahun. Ketiga kiper di atas menjadi contoh nyata pada 2023/2024. Akankah ada nama baru yang menyusul mereka ke liga top Eropa? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: 3 Kiper Spanyol yang Membela Klub Premier League 2023/2024

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya