5 Mantan Pemain Bayer Leverkusen yang Kini Membela Klub Besar Eropa

Kai Havertz resmi berlabuh ke Arsenal

Arsenal resmi merampungkan kesepakatan transfer Kai Havertz dari Chelsea. Ia menjadi rekrutan perdana The Gunners pada musim panas 2023. Hadirnya Havertz di lini serang Arsenal merupakan angin segar tersendiri. Ia bisa menjadi pembeda.

Havertz sebenarnya berstatus sebagai jebolan akademi Bayer Leverkusen. Berbicara soal Die Werkself, kontestan Bundesliga ini juga pernah dihuni oleh beberapa pemain hebat. Mereka berkembang pesat di Bayer Leverkusen dan kini membela klub besar Eropa.

1. Hakan Calhanoglu

5 Mantan Pemain Bayer Leverkusen yang Kini Membela Klub Besar EropaHakan Calhanoglu (instagram.com/inter)

Hakan Calhanoglu pernah berseragam Bayer Leverkusen. Semua bermula pada musim panas 2014 lalu. Calhanoglu membela Die Werkself selama tiga musim. Kariernya saat itu benar-benar bersinar sehingga dilirik oleh beberapa klub besar. Calhanoglu merupakan andalan di lini serang Bayer Leverkusen.

Setelah membela Die Werkself, Calhanoglu melanjutkan kariernya ke Italia. Ia merapat ke AC Milan dan bertahan selama empat musim. Pada musim panas 2021, Calhanoglu hijrah ke klub sekota Rossoneri, yaitu Inter Milan. Ia bergabung dengan status bebas transfer dan menjadi salah satu pilar penting di lini tengah Nerazzuri.

2. Toni Kroos

5 Mantan Pemain Bayer Leverkusen yang Kini Membela Klub Besar EropaToni Kroos (twitter.com/ToniKroos)

Sebelum dikenal luas bersama Bayern Munich dan Real Madrid, Toni Kroos sempat merintis karier di klub Jerman lainnya. Pada musim 2009/2010, Kroos merapat ke Bayer Leverkusen. Ia direkrut oleh Die Werkself dengan status pinjaman dari Bayern Munich. Peminjaman ini ditujukan untuk menambah jam terbang baginya.

Sewaktu bersama Bayer Leverkusen, performa Kroos benar-benar meningkat. Ia sukses mencetak 10 gol dan 13 assist dari 48 penampilan di semua kompetisi. Itu sebabnya Kroos langsung dipulangkan oleh Bayern Munich. Kariernya terus menanjak hingga direkrut oleh Real Madrid pada musim panas 2014 lalu.

Baca Juga: Susul Toni Kroos, Luka Modric Perpanjang Kontrak di Real Madrid

3. Son Heung Min

5 Mantan Pemain Bayer Leverkusen yang Kini Membela Klub Besar EropaSon Heung-min (premierleague.com)

Son Heung Min bersinar terang bersama Tottenham Hotspur. Ia menjadi salah satu sosok penting di dalam skuad The Lilywhites sejak direkrut pada musim panas 2015 lalu. Bersama Harry Kane, ia merupakan tulang punggung Tottenham Hotspur dalam mencetak pundi-pundi gol.

Sebelum membela The Lilywhites, karier Son dihabiskan di Bundesliga. Salah satu klub yang dibelanya itu adalah Bayer Leverkusen. Son bergabung dengan skuad Die Werkself pada musim panas 2013. Ia membela Bayer Leverkusen selama dua musim dan sukses tampil menjanjikan di lini serang.

4. Dani Carvajal

5 Mantan Pemain Bayer Leverkusen yang Kini Membela Klub Besar EropaDani Carvajal (twitter.com/DaniCarvajal92)

Dani Carvajal sebenarnya berstatus produk akademi Real Madrid Castilla. Meski begitu, ia sempat dilepas secara permanen ke Bayer Leverkusen. Hal ini terealisasi pada musim panas 2012. Carvajal dilepas ke skuad Die Werkself karena kurangnya jam terbang yang diperoleh di skuad utama Real Madrid.

Keputusannya untuk pindah itu berbuah manis. Pasalnya, Carvajal mampu menjadi pilihan utama di posisi bek kanan Bayer Leverkusen dengan catatan 36 penampilan. Ia hanya bertahan selama semusim. Carvajal dipulangkan oleh Real Madrid dan bertransformasi menjadi bek kanan andalan hingga saat ini.

5. Kai Havertz

5 Mantan Pemain Bayer Leverkusen yang Kini Membela Klub Besar EropaKai Havertz (twitter.com/kaihavertz29)

Kai Havertz resmi hengkang ke Arsenal pada musim panas 2023. Dilansir Fabrizio Romano, ia ditebus oleh The Gunners dari Chelsea seharga 65 juta pound sterling atau sekitar Rp1,2 triliun. Ini membuka lembaran baru dalam kariernya setelah berseragam Chelsea selama tiga musim terakhir.

Sebelum membela Chelsea dan Arsenal, Havertz memulai semuanya bersama Bayer Leverkusen. Ia berstatus produk akademi Die Werkself. Puncaknya, Havertz promosi ke skuad utama pada musim 2016/2017. Ia menunjukkan performa yang impresif sehingga diandalkan di lini serang Bayer Leverkusen selama empat musim beruntun.

Bayer Leverkusen punya andil penting di balik perkembangan karier kelima pemain di atas. Meski mereka pergi, performa Die Werkself masih konsisten. Bayer Leverkusen bahkan berhasil melaju ke putaran final Liga Europa pada musim 2023/2024 mendatang.

Baca Juga: Kai Havertz Resmi Berseragam Arsenal! 

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya