Comscore Tracker

5 Mantan Pemain PSG yang Kini Berseragam Klub Premier League

Tiga di antaranya bermain untuk Tottenham Hotspur

Paris Saint-Germain mulai menjadi primadona bagi pesepak bola top dalam sedekade terakhir. Sejak diakuisi oleh investor Qatar, klub berjuluk Le Parisiens tersebut bertransformasi menjadi salah satu tim kuat di Prancis. Para pemain hebat mulai berdatangan dan membawa PSG kian mendominasi Ligue 1.

Hal semacam itu tentu dengan mudah PSG lakukan karena dukungan dana yang melimpah. Seberapa mahal pemain tersebut, PSG bisa merekrutnya ke Paris, seperti yang terjadi pada Neymar. Akibat dari datangnya pemain-pemain top itu, pemain-pemain PSG lain lantas kalah bersaing dan memaksa mereka harus pindah ke klub lain.

Dari keseluruhan mantan penggawa PSG yang masih aktif bermain, setidaknya ada 5 pemain yang kini melanjutkan kariernya di Premier League. Siapa sajakah mereka?

1. Lucas Moura

5 Mantan Pemain PSG yang Kini Berseragam Klub Premier LeagueLucas Moura (90min.com)

Kedatangan Neymar dan Kylian Mbappe menjadi petaka bagi karier Lucas Moura di PSG. Ia yang sempat menjadi pilar kunci justru hanya berstatus pelapis dari kedua nama top tersebut. Demi menyelamatkan kariernya yang bisa saja tenggelam, Moura memilih hengkang dari Paris di musim dingin 2018 lalu.

Ia menjatuhkan pilihannya ke Tottenham Hotspur dan masih bertahan hingga saat ini. Kendati lini serang The Lilywhites yang terlihat garang lantaran diisi oleh Harry Kane dan So Heung-min, tak membuat Moura terpinggirkan. Ia cukup dipercaya tampil di banyak laga dengan catatan 157 penampilan dan mencetak 32 gol dan 19 assist.

2. Serge Aurier

5 Mantan Pemain PSG yang Kini Berseragam Klub Premier LeagueSerge Aurier (goal.com)

Sebelum Moura, sosok eks penggawa PSG lain yang menyeberang ke Spurs adalah Serge Aurier. Buntut dari kegagalannya menembus pos bek kanan utama Le Parisiens, Aurier harus memutuskan mencari pelabuhan baru. Tak butuh waktu lama baginya, Aurier sudah menjadi target utama Tottenham Hotspur.

Ia bergabung dengan skuad klub London Utara itu di musim panas 2017. Keputusan Aurier hengkang ke Spurs nyatanya berbuah manis. Pemain Pantai Gading tersebut didapuk menjadi bek kanan utama meski musim lalu ia harus kedatangan pesaing baru, yaitu Matt Doherty. Tercatat Aurier membuat 110 penampilan untuk Spurs.

Baca Juga: AC Milan Pengen Serge Aurier? Siapkan Duit Rp287 Miliar!

3. Thiago Silva

5 Mantan Pemain PSG yang Kini Berseragam Klub Premier LeagueThiago Silva (skysports.com)

Sosok yang bisa dikatakan sebagai legenda Paris Saint-Germain. Thiago Silva menghabiskan 8 musim kariernya di Paris dengan catatan impresif. Ia menjadi komandan di jantung pertahanan Le Parisiens dan mempersembahkan sejumlah trofi domestik, di antaranya 7 titel Ligue 1.

Namun, kebersamaannya harus terhenti di pertengahan tahun lalu. Kontrak Silva yang berakhir membuatnya bebas menentukan destinasi baru. Ia memilih berpetualang ke Inggris untuk bergabung dengan Chelsea. Musim debutnya bersama The Blues berjalan mulus. Silva berhasil merengkuh trofi Liga Champions pertamanya.

4. Giovani Lo Celso

5 Mantan Pemain PSG yang Kini Berseragam Klub Premier LeagueGiovani Lo Celso (90min.com)

Makin menumpuknya gelandang PSG merupakan alasan utama terdepaknya Giovani Lo Celso saat di Prancis. Tak ayal, ia cuma bertahan selama 2 musim dan dilepas ke Real Betis musim panas 2018 lalu. Kariernya untuk Betis juga tak bertahan lama, hanya semusim karena Lo Celso memilih untuk kembali hengkang.

Ia beralih haluan dan membela Tottenham Hotspur dengan opsi pinjaman di musim 2019/2020. Dalam periode itu, Lo Celso sukses memikat manajemen The Lilywhites yang telah resmi mempermanenkannya. Ia tetap jadi salah satu opsi favorit di lini tengah Spurs meski nama-nama baru terus bermunculan.

5. Edinson Cavani

5 Mantan Pemain PSG yang Kini Berseragam Klub Premier LeagueEdinson Cavani (eurosport.com)

Sama seperti Thiago Silva, Edinson Cavani mungkin layak dianggap sebagai legenda PSG. Ia merupakan top skor sepanjang masa Le Parisiens dengan koleksi 200 gol selama 7 musim. Eks pemain Napoli tersebut juga panen gelar selama berkostum PSG dan membuat kariernya di sana makin terasa sempurna.

Akan tetapi, posisinya di lini depan Le Parisiens justru terpinggirkan akibat kehadiran Mauro Icardi. Ia jarang diturunkan, plus cedera yang terus datang. Cavani lantas memilih hengkang di awal musim lalu. Ia bergabung ke Manchester United dan sukses tampil moncer. Meski lebih sering masuk sebagai pemain pengganti, Cavani tetap moncer dengan koleksi 17 gol.

 

Beberapa nama di atas hengkang dari PSG lantaran tak lagi mendapatkan tempat utama. Kira-kira, akankah ada pemain Le Parisiens lain yang bakal mengikuti jejak mereka?

Baca Juga: Manchester United Siap Sandingkan Cavani dengan Striker Kelas Dunia

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya