5 Nomor Punggung 14 Borussia Dortmund sebelum Niclas Fuellkrug

Kebanyakan bertahan sebentar

Opsi penyerang Borussia Dortmund makin bervariasi pada 2023/2024. Selain Sebastien Haller dan Donyell Malen, Die Borussen juga memiliki penyerang senior, Niclas Fuellkrug. Ia bergabung dari sesama klub Bundesliga Jerman, Werder Bremen, pada musim panas 2023.

Bersama klub barunya itu, Fuellkrug mengenakan nomor punggung 14. Nomor tersebut dipakai para pemain dari berbagai posisi berbeda sebelumnya. Nomor 14 memang kerap berganti pemilik dalam beberapa musim terakhir.

Inilah nomor punggung 14 Borussia Dortmund sebelum Niclas Fuellkrug.

1. Milos Jojic tak bertahan lama di Borussia Dortmund

5 Nomor Punggung 14 Borussia Dortmund sebelum Niclas FuellkrugMilos Jojic (twitter.com/BVB)

Milos Jojic memakai nomor punggung 14 selama berseragam Borussia Dortmund. Ia menjadi bagian dari skuad Die Borussen sejak musim dingin 2014 lalu. Namun, kiprahnya tak bertahan lama di sana. Jojic hanya membela Borussia Dortmund selama 1,5 musim karena tak menjadi pilihan utama.

Ia hanya menjadi cadangan di lini tengah Die Borussen. Jojic tampil minim dan lebih banyak bermain sebagai pemain pengganti. Secara keseluruhan, pemain berpaspor Serbia itu hanya diturunkan dalam 29 pertandingan di semua ajang. Jojic akhirnya pindah ke Mainz 05 pada musim panas 2015.

2. Moritz Leiner lebih sering dipinjamkan kepada klub lain

5 Nomor Punggung 14 Borussia Dortmund sebelum Niclas FuellkrugMoritz Leitner (twitter.com/BVB)

Pemain selanjutnya yang memakai nomor punggung 14 Borussia Dortmund adalah Moritz Leitner. Ia sebenarnya sudah membela Die Borussen sejak 2011. Namun, Leitner tak menjadi pilihan utama sehingga sering dipinjamkan ke klub lain, seperti Augsburg dan Stuttgart.

Leitner akhirnya masuk ke dalam skuad utama Borussia Dortmund pada 2015/2016. Saat itu, ia mengenakan nomor punggung 14. Sayangnya, Leitner hanya bertahan semusim karena minimnya menit bermain. Ia lalu hijrah ke Lazio pada musim panas 2016.

Baca Juga: 6 Pembelian Termahal Borussia Dortmund dari Sesama Klub Bundesliga

3. Alexander Isak sempat membela Borussia Dortmund selama 2 tahun

5 Nomor Punggung 14 Borussia Dortmund sebelum Niclas FuellkrugAlexander Isak (bundesliga.com)

Sebelum dikenal luas bersama Real Sociedad dan Newcastle United, Alexander Isak sempat singgah di Borussia Dortmund. Semuanya bermula pada musim dingin 2017. Isak bergabung dengan skuad Die Borussen dengan memakai nomor punggung 14 hingga akhir masa baktinya di sana.

Performa Isak di Borussia Dortmund tak terlalu mencolok. Sebagai penyerang, ia tak tampil produktif karena kesulitan beradaptasi. Isak hanya mencetak 1 gol dan 1 assist dari 13 penampilan. Ia akhirnya berpisah dengan Borussia Dortmund pada awal 2019. Isak lalu hijrah ke klub Eredivisie Belanda, Willem II Tilburg.

4. Andre Schurrle sebentar memakai nomor punggung 14 Borussia Dortmund

5 Nomor Punggung 14 Borussia Dortmund sebelum Niclas FuellkrugAndre Schurrle (twitter.com/ChampionsLeague)

Karier Andre Schurrle bersama Borussia Dortmund lebih banyak dihabiskan dengan memakai nomor punggung 21. Sejak bergabung pada musim panas 2016, Schurrle cukup setia kepada nomor tersebut. Ia memakainya selama 2 musim sebelum berganti nomor punggung menjadi 14.

Schurrle sempat memakai nomor punggung 14 Borussia Dortmund pada pramusim dan awal musim 2018/2019. Sayangnya, itu tak bertahan lama. Schurrle dipinjamkan kepada Fulham pada musim yang sama. Usai pinjamannya di sana selesai, Schurrle kembali dipinjamkan kepada klub Rusia, Lokomotiv Moscow.

5. Nico Schulz tak menjadi pilihan utama di posisi bek kiri Borussia Dortmund

5 Nomor Punggung 14 Borussia Dortmund sebelum Niclas FuellkrugNico Schulz (instagram.com/nico_schulz)

Setelah kepergian Schurrle, nomor punggung 14 Borussia Dortmund sempat lowong selama semusim. Barulah pada 2019/2020, nomor tersebut dipakai lagi. Pemain yang menggunakannya adalah Nico Schulz. Ia memakai nomor tersebut selama 4 musim berseragam Die Borussen.

Meski kiprahnya cukup lama, kontribusi Schulz terbilang minim. Pasalnya, ia hanya menjadi opsi pelapis di sektor bek kiri Borussia Dortmund. Schulz mencatatkan 61 penampilan di semua kompetisi. Kontraknya berakhir pada Juni 2023 lalu. Die Borussen memutuskan untuk melepasnya secara gratis.

Kebanyakan di antara kelima pemain di atas justru tak bertahan lama. Mereka lalu hengkang demi bisa mendapatkan menit bermain reguler. Bisakah Fuellkrug, sebagai pemilik aktif nomor punggung 14 Borussia Dortmund, memutus tren buruk tersebut?

Baca Juga: Eks Pemain Borussia Dortmund Coaching Bola Anak-anak Papua di PFA

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya