5 Pemilik Nomor Punggung 22 Tottenham Hotspur sebelum Brennan Johnson

Tak semuanya mampu bersinar

Tottenham Hotspur merekrut sejumlah penyerang anyar usai ditinggal oleh Harry Kane. Ada beberapa nama baru yang direkrut pada musim panas 2023 lalu, salah satunya adalah Brennan Johnson. Pemain berpaspor Wales itu bergabung dari Nottingham Forest untuk menambah kekuatan di lini serang.

Johnson tergolong sebagai pemain muda potensial. Ia punya banyak waktu untuk bersinar di Tottenham Hotspur. Bersama klub barunya itu, Johnson memilih untuk menggunakan nomor punggung 22. Nomor tersebut kerap berganti pemilik dalam beberapa musim terakhir.

Inilah lima pemilik nomor punggung 22 Tottenham Hotspur sebelum Brennan Johnson.

1. Vedran Corluka menjadi salah satu pemain kunci di lini belakang Tottenham Hotspur

5 Pemilik Nomor Punggung 22 Tottenham Hotspur sebelum Brennan JohnsonVedran Corluka saat membeka Lokomotiv Moscow (twitter.com/fclokomotiv_eng)

Vedran Corluka membela Tottenham Hotspur selama 3,5 musim. Semuanya ia lalui dengan menggunakan nomor punggung 22. Corluka bergabung dengan skuad The Lilywhites pada musim panas 2008. Ia datang dari Manchester City dan langsung memberikan efek positif terhadap lini belakang Tottenham Hotspur.

Secara keseluruhan, peran bek asal Kroasia itu sangat krusial. Corluka mampu membukukan 108 penampilan di semua kompetisi. Sayangnya, posisi Corluka terus tergeser. Hal itu terbukti pada musim dingin 2012. Ia dipinjamkan ke Bayer Leverkusen. Setelah itu, Corluka dilepas permanen ke Lokomotiv Moscow.

2. Gylfi Sigurdsson memakai nomor punggung 22 Tottenham Hotspur selama 2 musim

5 Pemilik Nomor Punggung 22 Tottenham Hotspur sebelum Brennan JohnsonRoberto Soldado dan Gylfi Sigurdsson (twitter.com/SpursOfficial)

Setelah Corluka, pemilik nomor punggung 22 Tottenham Hotspur berikutnya adalah Gylfi Sigurdsson. Ia mengenakan nomor tersebut selama berseragam The Lilywhites. Sigurdsson awalnya merapat pada musim panas 2012. Kehadirannya mampu memberikan tambahan amunisi di lini tengah tim.

Sigurdsson menjadi bagian dari skuad Tottenham Hotspur selama 2 musim. Dalam kurun waktu tersebut, ia bersinar dengan catatan 13 gol dan 8 assist dari 81 penampilan. Sigurdsson lalu hengkang dari White Hart Lane pada musim panas 2014. Ia melanjutkan kariernya ke beberapa klub EPL lainnya, seperti Swansea City dan Everton.

Baca Juga: Gagal Dapat MU, Sheikh Jassim Incar Tottenham Hotspur

3. Nacer Chadli mengenakan dua nomor punggung berbeda di Tottenham Hotspur

5 Pemilik Nomor Punggung 22 Tottenham Hotspur sebelum Brennan JohnsonNacer Chadli (twitter.com/SpursOfficial)

Nacer Chadli sudah membela Tottenham Hotspur sejak musim 2013/2014. Pada musim debutnya, ia memakai nomor punggung 21. Namun, usai kepergian Sigurdsson, Chadli langsung mengubah nomor punggungnya menjadi 22. Nomor tersebut digunakan olehnya hingga berpisah dengan The Lilywhites.

Chadli menjalani puncak kariernya bersama Tottenham Hotspur. Selama 3 musim, ia bersinar di lini tengah klub London utara tersebut. Chadli tampil 119 kali dengan koleksi 25 gol dan 15 assist di semua kompetisi. Usai membela Tottenham Hotspur, ia hengkang ke West Bromwich Albion.

4. Paulo Gazzaniga hanya menjadi cadangan dari Hugo Lloris

5 Pemilik Nomor Punggung 22 Tottenham Hotspur sebelum Brennan JohnsonPaulo Gazzaniga (twitter.com/SpursOfficial)

Setelah kepergian Chadli, nomor punggung 22 Tottenham Hotspur sempat tak bertuan selama semusim. Memasuki musim 2017/2018, nomor tersebut akhirnya dipakai lagi oleh pemain anyar, yaitu Paulo Gazzaniga. Ia bergabung dari Southampton untuk menambah kedalaman di sektor kiper The Lilywhites.

Karier Gazzaniga bersama Tottenham Hotspur terjalin selama 3,5 musim. Meski begitu, ia tak benar-benar melewatinya dengan mulus. Pasalnya, Gazzaniga hanya diplot sebagai pelapis dari Hugo Lloris dengan catatan 37 penampilan. Ia lalu dipinjamkan ke Elche pada musim dingin 2021.

5. Pierluigi Gollini dipinjam oleh Tottenham Hotspur pada musim 2021/2022

5 Pemilik Nomor Punggung 22 Tottenham Hotspur sebelum Brennan JohnsonPierluigi Gollini (premierleague.com)

Tongkat estafet kepemilikan nomor punggung 22 Tottenham Hotspur terus berlanjut. Usai Gazzaniga, pemilik berikutnya juga merupakan seorang kiper. Pemain yang dimaksud itu adalah Pierluigi Gollini. Ia memakai nomor tersebut selama dipinjam oleh The Lilywhiyes pada musim 2021/2022.

Karena hanya berstatus pinjaman, peran Gollini tak terlalu disorot. Sama seperti Gazzaniga, kiper berusia 28 tahun ini juga hanya menjadi cadangan Hugo Lloris. Ia hanya diturunkan dalam sepuluh pertandingan di semua kompetisi. Oleh sebab itu, Tottenham Hotspur tak tertarik untuk menebusnya secara permanen.

Kelima pemain di atas menjalani karier yang beragam di Tottenham Hotspur. Menariknya, mereka sama-sama tak bertahan lama di sana. Akankah Brennan Johnson mengalami hal serupa atau justru mampu mematahkan tren negatif tersebut?

Baca Juga: 6 Kiper Italia yang Pernah Merumput di EPL Sebelum Pierluigi Gollini

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya