3 Pemain Ajax yang Berusia 30 Tahun ke Atas pada 2023/2024

Dua di antaranya merupakan kiper

Fenomena tak biasa melanda Ajax pada 2023/2024. Berbeda dengan beberapa musim terakhir, performa Ajax justru melempem, baik di Eredivisie maupun Liga Europa. Klub ibu kota Belanda itu sempat terpuruk hingga ke papan bawah klasemen Eredivisie.

Selain pergantian pelatih yang tak menentu, kepergian sejumlah pemain andalannya membuat Ajax seolah kehilangan arah. Bahkan, hanya tersisa tiga pemain senior yang berusia 30 tahun ke atas di skuadnya. Selebihnya merupakan pemain-pemain muda.

Inilah tiga pemain berusia 30 tahun ke atas yang membela Ajax pada 2023/2024.

1. Remko Pasveer sudah berusia kepala empat

3 Pemain Ajax yang Berusia 30 Tahun ke Atas pada 2023/2024Remko Pasveer (twitter.com/AFCAjax)

Remko Pasveer memuncaki daftar pemain tertua Ajax pada 2023/2024. Pemain yang beroperasi sebagai kiper ini sudah berusia genap 40 tahun. Usia Pasveer tersebut terpaut cukup jauh dengan rekan-rekan setimnya yang lain. Meski begitu, Pasveer tetap menjadi sosok penting bagi Ajax dalam menambah kedalaman di bawah mistar gawang.

Pasveer punya pengalaman yang segudang karena malang-melintang di kompetisi Eredivisie. Oleh sebab itu, kontribusinya cukup krusial bagi Ajax. Sayangnya, Pasveer tak menjalani 2023/2024 dengan baik. Ia terpaksa menepi dalam waktu lama akibat mengalami cedera lutut.

Pasveer sudah absen dari skuad Ajax sejak awal 2023/2024. Tak ayal ia belum tampil sama sekali dalam pertandingan resmi. Kehilangannya di atas lapangan menjadi sebuah kerugian besar bagi Ajax. Terlebih lagi, performa Ajax yang menurun drastis karena badai cedera hingga tercecer ke papan tengah Eredivisie.

2. Geronimo Rulli melewatkan awal 2023/2024 karena cedera

3 Pemain Ajax yang Berusia 30 Tahun ke Atas pada 2023/2024Geronimo Rulli (ajax.nl)

Pemain selanjutnya juga berposisi sebagai kiper. Dia adalah Geronimo Rulli. Meski baru bergabung pada Januari 2023, Rulli mampu merebut status kiper utama Ajax. Kiper yang menjadi bagian dari kesuksesan Timnas Argentina di Piala Dunia 2022 itu langsung diandalkan oleh Ajax dan nyaris tak tergantikan.

Namun, Rulli mengalami nasib sial pada awal 2023/2024. Memasuki pekan pertama Eredivisie, Rulli diterpa cedera bahu yang cukup parah. Karena cedera tersebut, eks kiper Villarreal itu harus menjalani proses pemulihan secara intensif dan mengakhiri 2023/2024 lebih cepat.

Posisi Rulli sebagai kiper utama Ajax akhirnya digantikan oleh Diant Ramaj. Tak hanya itu, cedera yang dialami olehnya juga berpengaruh terhadap performa Ajax. Bagaimana tidak, Ajax tampil inkonsisten pada awal 2023/2024. Pertahanannya sangat rapuh karena kehadiran pemain-pemain berpengalaman yang minim.

3. Steven Berghuis memimpin sektor penyerangan Ajax

3 Pemain Ajax yang Berusia 30 Tahun ke Atas pada 2023/2024Steven Berghuis (ajax.nl)

Selain dua kiper di atas, ada juga Steven Berghuis. Pemain berusia 31 tahun tersebut juga merupakan salah satu andalan Ajax pada 2023/2024. Usia yang sudah kepala tiga tak menjadi rintangan baginya sebagai tumpuan tim. Berghuis bahkan nyaris tak tergantikan di sisi kanan penyerangan Ajax.

Kontribusi yang dicatatkan oleh mantan pemain Watford itu cukup menjanjikan. Dari 19 penampilan di semua kompetisi, Berghuis berhasil mencetak 2 gol dan 8 assist. Catatan tersebut tentunya bakal terus bertambah. Pasalnya, Berghuis merupakan pilar kunci di lini serang Ajax.

Berghuis bekerja sama dengan sederet penyerang Ajax lainnya. Ada Brian Brobbey, Steven Bergwijn, hingga Chuba Akpom. Kombinasi mereka menjadi senjata maut Ajax dalam merusak pertahanan lawan. Terkhusus bagi Berghuis, ia dinilai punya peran penting di skuad Ajax sehingga kehadirannya sangat sulit digeser oleh pemain lain.

Hanya ada tiga pemain Ajax yang berusia 30 tahun ke atas pada 2023/2024. Mereka merupakan sosok yang berkarakter dan punya pengalaman segudang di kancah Eropa. Hal itu bisa disalurkan kepada rekan setimnya yang lain.

Baca Juga: 10 Potret Steven Berghuis, Pemain Hebat Spesialis Eredivisie

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya