5 Pemain Aktif AC Monza yang Pernah Membela Klub Papan Atas Eropa

Bawa Monza bersaing di papan tengah Serie A

Musim 2022/2023 merupakan musim yang spesial bagi AC Monza. Pasalnya, klub yang berjuluk I Biancorossi ini berhasil promosi ke Serie A Italia untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. Kesuksesan ini tentunya membutuhkan perjuangan yang panjang dan tak instan.

Usai promosi, AC Monza menggaet sederet pemain berpengalaman. Dari keseluruhan pemain aktif di skuad mereka, ada beberapa nama yang pernah membela klub besar Eropa. Pengalaman dan kualitasnya tentu menjadi alasan utama pemain-pemain itu didatangkan.

Inilah lima pemain aktif AC Monza yang pernah membela klub papan atas Eropa.

1. Gianluca Caprari

5 Pemain Aktif AC Monza yang Pernah Membela Klub Papan Atas EropaGianluca Caprari (instagram.com/gianluca_caprari)

Sebelum membela AC Monza, Gianluca Caprari merupakan petualang sejati di negeri sendiri. Ia sudah malang melintang di sejumlah klub Serie A. Beberapa klub macam AS Roma dan Inter Milan pernah disinggahinya meski gagal bersinar di sana. Caprari lalu hijrah ke AC Monza pada musim panas 2023.

Pemain berusia 29 tahun tersebut mampu bersinar pada musim debutnya. Ia membantu AC Monza tampil mengejutkan di Serie A. Performanya juga konsisten dan kerap berkontribusi dalam kreasi gol I Biancorossi. Dari 38 pertandingan yang sudah ia mainkan, Caprari berhasil mencetak 6 gol dan 2 assist.

2. Franco Carboni

5 Pemain Aktif AC Monza yang Pernah Membela Klub Papan Atas EropaFranco Carboni (twitter.com/ACMonza)

Franco Carboni sudah berseragam AC Monza sejak pertengahan musim 2022/2023 lalu. Ia bergabung dari Inter Milan dengan status pinjaman hingga akhir musim 2023/2024 mendatang. Carboni direkrut untuk menambah kedalaman di posisi bek kiri I Biancorossi. Ia juga cukup potensial sebab masih berusia 20 tahun.

Sayangnya, Carboni belum mendapatkan menit bermain yang cukup di klub barunya itu. Ia baru tampil sebanyak tiga kali di semua ajang. Carboni harus bersaing ketat dengan bek kiri AC Monza lainnya, seperti Carlo Augusto dan Armando Anastasio, untuk mendapatkan tempat utama.

Baca Juga: 6 Pemain yang Dibeli AC Monza pada Musim Panas 2023

3. Andrea Petagna

5 Pemain Aktif AC Monza yang Pernah Membela Klub Papan Atas EropaAndrea Petagna (instagram.com/andreapetagna)

Andrea Petagna bergabung dengan skuad AC Monza pada musim panas 2022. Ia direkrut dari Napoli. Awalnya, Petagna hanya berstatus pinjaman sebab kekurangan menit bermain bersama Partenopei. Namun, ia mampu tampil menjanjikan sehingga jasanya ditebus secara permanen.

Petagna menunjukkan segudang pengalaman yang ia miliki. Ini terlihat dari performanya yang kembali melejit di lini serang I Biancorossi. Petagna langsung dipercaya sebagai mesin gol utama timnya. Ia sudah tampil sebanyak 32 kali dan membawa AC Monza terhindar dari jurang degradasi.

4. Matteo Pessina

5 Pemain Aktif AC Monza yang Pernah Membela Klub Papan Atas EropaMatteo Pessina (twitter.com/ACMonza)

AC Monza bukanlah klub yang asing bagi Matteo Pessina. Meski dirinya pernah membela klub top, seperti AC Milan hingga Atalanta, I Biancorossi tetap berkesan untuknya. Pessina memulai kariernya bersama klub tersebut. Ia sempat pergi, tetapi akhirnya kembali ke AC Monza pada musim panas 2022.

Pessina awalnya bergabung dengan status pinjaman dari Atalanta. Karena tampil impresif, jasanya pun dengan cepat dipermanenkan manajemen I Biancorossi. Ia memiliki peran krusial di lini tengah AC Monza. Pessina sudah tampil sebanyak 62 kali. Selain itu, ia juga mencetak 11 gol dan 3 assist.

5. Pablo Mari

5 Pemain Aktif AC Monza yang Pernah Membela Klub Papan Atas EropaPablo Mari (twitter.com/PabloMV5)

AC Monza berhasil mendapatkan jasa Pablo Mari di Arsenal. Ia direkrut pada musim panas 2022 lalu. Kebetulan, Mari juga butuh klub baru sebab tak masuk skema sang pelatih, Mikel Arteta. Keputusannya untuk berlabuh ke skuad I Biancorossi sangat tepat. Mari kembali dipercaya tampil reguler.

Ia menjadi pemimpin di lini belakang AC Monza. Secara keseluruhan, pemain berpaspor Brasil itu sudah mengantongi 31 penampilan di semua kompetisi. Manajemen I Biancorossi puas dengan performanya. Mari lantas dipermanenkan dengan biaya 5 juta euro atau sekitar Rp82 miliar.

Kelima pemain di atas punya segudang pengulaman. Hal itu ternyata sangat berpengaruh bagi kariernya bersama AC Monza. Mereka berhasil membawa timnya itu menjauh dari papan bawah klasemen Serie A pada musim debutnya.

Baca Juga: Kelakar Silvio Berlusconi soal Milan, Monza, dan Mafia Italia

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya