5 Pemain Aktif Athletic Bilbao dengan Masa Bakti Terlama, Loyal!

Ada Inaki Williams

Athletic Bilbao merupakan salah satu kontestan LaLiga Spanyol yang kerap bersaing di papan atas klasemen. Mereka juga memiliki kebijakan unik soal bursa transfer pemain. Klub berjuluk Los Leones ini punya tradisi kuat dengan hanya merekrut pemain asal Basque. Kebijakan ini terus berjalan sampai sekarang.

Secara tidak langsung, Athletic Bilbao punya opsi yang terbatas untuk mendapatkan pemain anyar. Meski begitu, performanya konsisten di LaLiga. Salah satu faktor utamanya adalah loyalitas para pemain Los Leones. Ada sejumlah nama yang memiliki masa bakti yang sangat panjang bersama Athletic Bilbao.

1. Iker Muniain tak pernah meninggalkan Athletic Bilbao sejak belia

5 Pemain Aktif Athletic Bilbao dengan Masa Bakti Terlama, Loyal!Iker Muniain (twitter.com/IkerMuniain10)

Iker Muniain merupakan pemain aktif Athletic Bilbao dengan masa bakti terlama. Karier sepak bolanya dihabiskan sepenuhnya bersama Los Leones. Ia sudah akrab dengan seragam tempur Athletic Bilbao sejak masih berusia 13 tahun. Puncaknya, Muniain promosi ke skuad utama pada awal musim 2009/2010.

Ia merupakan legenda hidup Los Leones. Pemain yang kini berusia 30 tahun itu merupakan kreator serangan andalan Athletic Bilbao selama bermusim-musim. Muniain sudah tampil dalam 535 pertandingan di semua kompetisi. Itu juga membuatnya sebagai pemain dengan koleksi penampilan terbanyak bersama Athletic Bilbao.

2. Raul Garcia menjadi tumpuan Athletic Bilbao di lini serang selama bermusim-musim

5 Pemain Aktif Athletic Bilbao dengan Masa Bakti Terlama, Loyal!Raul Garcia (twitter.com/Athletic_en)

Berbeda dengan pemain lain dalam daftar ini, Raul Garcia bukanlah jebolan akademi Athletic Bilbao. Meski begitu, ia juga punya kesetiaan yang besar kepada Los Leones. Garcia sudah membela Athletic Bilbao sejak 2015/2016. Saat itu, ia bergabung dari klub top LaLiga, Atletico Madrid.

Garcia menjelma menjadi mesin gol andalan Los Leones. Pada tiap musimnya, ia selalu konsisten berperan sebagai lumbung gol utama timnya. Dari 383 penampilan, Garcia sukses mengemas 83 gol dan 39 assist. Angka itu tentunya masih bisa bertambah. Apalagi kontraknya baru berakhir pada Juni 2024 mendatang.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Athletic Bilbao yang Hengkang ke Klub Besar Eropa

3. Karier Oscar de Marcos di Athletic Bilbao sudah berjalan lebih dari 1 dekade

5 Pemain Aktif Athletic Bilbao dengan Masa Bakti Terlama, Loyal!Oscar de Marcos (instagram.com/athleticclub)

Meski berstatus produk akademi Alaves, Oscar de Marcos justru besar di Athletic Bilbao. Ia menemukan rumah terbaik dalam kariernya yang berwujud skuad Los Leones. Marcos bergabung dengan Athletic Bilbao pada musim panas 2010. Sejak saat itu, kesetiaannya terjalin dan tak pernah luntur.

Marcos merupakan sosok andalan di posisi bek kanan Los Leones. Perannya sangat dominan dan sulit digantikan pemain lainnya. Secara keseluruhan, Marcos sudah mengoleksi 499 penampilan bersama Athletic Bilbao. Ia menjadi pemain Los Leones dengan penampilan terbanyak keempat sepanjang masa.

4. Yeray Alvarez merupakan pilar penting di jantung pertahanan Athletic Bilbao

5 Pemain Aktif Athletic Bilbao dengan Masa Bakti Terlama, Loyal!Yeray Alvarez (twitter.com/yerayalvarez4)

Nama Yeray Alvarez sudah menghuni tim inti Athletic Bilbao sejak lama. Semua bermula pada awal musim 2016/2017 lalu. Alvarez yang biasa bermain sebagai bek tengah ini dipromosikan ke skuad utama Los Leones. Sejak keberhasilannya itu, posisi Alvarez masih tetap bertahan hingga sekarang.

Ia merupakan sosok utama di jantung pertahanan Athletic Bilbao. Kontribusinya begitu krusial dan nyaris tak tergantikan dengan catatan 207 penampilan di semua kompetisi. Alvarez berjasa mengantarkan satu-satunya klub yang ia bela itu merengkuh Piala Super Spanyol pada 2020/2021 lalu.

5. Inaki Williams setia meski ditawar sejumlah klub besar Eropa

5 Pemain Aktif Athletic Bilbao dengan Masa Bakti Terlama, Loyal!Inaki Williams (instagram.com/williaaams11)

Meski berbagai tawaran menghampirinya, Inaki Williams selalu setia bersama Athletic Bilbao. Ia tak pernah berganti klub sejak promosi ke skuad utama Los Leones pada 2015/2016 lalu. Inaki menunjukkan loyalitasnya yang luar biasa dengan menjadi tokoh penting di lini serang klub kesayangannya itu.

Catatannya bersama Athletic Bilbao sangat impresif. Inaki berhasil mengemas 86 gol dan 52 assist dari 382 penampilan. Sayangnya, itu tak membuatnya dilirik Timnas Spanyol. Inaki lalu beralih kewarganegaraan dengan memiliki paspor Ghana pada September 2022 lalu.

Athletic Bilbao selayaknya rumah bagi mereka. Di klub ini, mereka menemukan kenyamanan yang tak ternilai sehingga bertahan dalam waktu yang lama. Akankah kelima pemain di atas menghabiskan sisa kariernya bersama Los Leones?

Baca Juga: 6 Pemain Athletic Bilbao yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya