5 Pemain Aktif Bayern Munchen yang Pernah Membela Klub Premier League

Masih ingat siapa lagi nama pemain tersebut selain Sadio Mane?

Sadio Mane memutuskan melanjutkan karier bersama Bayern Munchen di Bundesliga. Kehadiran Mane sendiri menambah daftar deretan pemain aktif Bayern Munchen yang pernah bermain di klub Premier League. 

Tak semua pemain yang ada di daftar ini punya kiprah sesukses Sadio Mane selama merumput di Premier League. Bahkan, beberapa nama mungkin tak kamu sadari ternyata pernah bermain di kasta tertinggi sepak bola Inggris itu.

Lantas, siapa sajakah pemain aktif Bayern Munchen yang pernah memperkuat klub Premier League? 

1. Jamal Musiala

5 Pemain Aktif Bayern Munchen yang Pernah Membela Klub Premier LeagueJamal Musiala (instagram.com/jamalmusiala10)

Sebelum meroket bersama Bayern Munchen, tahukah kamu jika ternyata Jamal Musiala pernah berkarier di Inggris? Bahkan, bintang muda ini sempat membela dua klub berbeda sewaktu masih di tim akademi, Southampton dan Chelsea, selama nyaris sedekade (2010-2019). Namun, kariernya tak terlalu berkembang saat itu.

Pada 2019, ia akhirnya diboyong oleh tim muda Bayern Munchen. Keputusan itu berbuah manis bagi karier Jamal Musiala. Kualitasnya makin terasah hingga setahun berselang ia langsung debut bersama tim senior. Kini, Jamal Musiala pun sudah jadi langganan memperkuat Timnas Jerman senior.

2. Leroy Sane

5 Pemain Aktif Bayern Munchen yang Pernah Membela Klub Premier LeagueLeroy Sane (twitter.com/leroy_sane)

Nama Leroy Sane lebih dulu populer ketika membela Manchester City. Ia berseragam klub berjuluk The Cityzens itu selama empat musim dengan menampilkan performa menjanjikan. Sane sendiri jadi salah satu andalan Pep Guardiola di lini depan yang sukses meraih dua titel Premier League.

Meski kariernya berjalan mulus di Inggris, Sane memilih hengkang ke negara asalnya untuk memperkuat Bayern Munchen. Ia hijarah pada musim panas 2020 setelah ditebus dengan harga 60 juta euro atau sekitar Rp920 miliar. Angka transfer ini pun membuatnya sebagai pemain termahal yang pernah dijual Manchester City.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dijual Bayern Munchen ke Klub Premier League

3. Eric Maxim Choupo-Moting

5 Pemain Aktif Bayern Munchen yang Pernah Membela Klub Premier LeagueEric Maxim Choupo-Moting (instagram.com/mr.choupo)

Nama Eric Maxim Choupo-Moting dikenal cukup sering lalu-lalang memperkuat beberapa klub Bundesliga. Meski begitu, ternyata ia juga pernah merasakan atmosfer Premier League, lho! Di musim 2017/2018, Choupo-Moting tercatat sebagai pemain Stoke City yang kala itu masih berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris.

Kariernya di Inggris sendiri berjalan singkat. Usai Stoke City terdegradasi, seakan dewi fortuna menghampiri pemain Kamerun itu lantaran klub raksasa Prancis, PSG, datang meminangnya pada musim panas 2018. Dalam beberapa musim terakhir, Choupo-Moting terbilang sukses menjalankan peran sebagai pelapis Robert Lewandowski di lini depan Bayern Munchen.

4. Serge Gnabry

5 Pemain Aktif Bayern Munchen yang Pernah Membela Klub Premier LeagueSerge Gnabry (twitter.com/FabrizioRomano)

Premier League seolah memberikan pengalaman pahit bagi Serge Gnabry. Pasalnya, ia gagal bersinar di kasta sepak bola tertinggi Inggris itu. Semua bermula pada tahun 2011 kala dirinya diboyong oleh tim muda Arsenal. Dua tahun berselang, Gnabry sebenarnya sukses promosi ke skuad utama.

Namun, di usianya yang masih muda, Gnabry tak mampu bersaing dengan sederet pemain Arsenal yang bermain di posisi sama dengannya. Gnabry pun dilepas permanen ke Werder Bremen pada musim panas 2016.

Menemukan ketajaman di Werder Bremen, performa Gnabry memikat Bayern Munchen untuk meminangnya. Hingga kini ia pun begitu diandalkan Bayern Munchen di sisi kanan penyerangan.

5. Sadio Mane

5 Pemain Aktif Bayern Munchen yang Pernah Membela Klub Premier LeagueSadio Mane (instagram.com/championsleague)

Alumni pemain Premier League di skuad Bayern Munchen bertambah pada musim panas 2022. Hal ini dipastikan dengan hadirnya Sadio Mane ke Allianz Arena. Mane diboyong dari Liverpool dengan banderol mencapai 32 juta euro atau sekitar Rp491 miliar.

Kehadiran Mane tentunya menambah suntikan tenaga di lini depan Die Bayern pasca era Robert Lewandowski yang memilih hengkang ke Barcelona. Dengan pengalamannya di Premier League bersama Liverpool selama beberapa musim terakhir, tentunya Mane diharapkan mampu memberikan corak warna baru bagi opsi permainan tim asuhan Julian Nagelsmann. 

Bayern Munchen menatap musim 2022/2023 penuh kematangan lewat sederet rekrutan baru, terutama setelah kehadiran Sadio Mane yang diplot sebagai sosok kunci. Mampukah eks Liverpool ini mengantarkan Die Bayern kembali berjaya di Eropa?

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Membela Juventus dan Bayern Munchen

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya