5 Pemain Andalan Borussia Dortmund yang Hengkang secara Gratis

Ada yang hijrah ke klub rival

Borussia Dortmund punya reputasi bagus soal aktivitas transfer. Bagaimana tidak, Die Borussen kerap meraih keuntungan yang besar usai menjual pemainnya ke klub lain. Para pemain ini dikembangkan dengan maksimal sehingga menjadi sumber pendapatan.

Meski begitu, tak semua pemain menjalani cerita serupa. Borussia Dortmund juga pernah ditinggal beberapa pemain yang kontraknya berakhir. Dengan kata lain, mereka hijrah ke klub sebelah dengan status bebas transfer.

Inilah lima pemain andalan Borussia Dortmund yang hengkang secara gratis.

1. Robert Lewandowski

5 Pemain Andalan Borussia Dortmund yang Hengkang secara GratisRobert Lewandowski (instagram.com/_rl9)

Transfer Robert Lewandowski sangat disorot. Bagaimana tidak, ia meninggalkan Borussia Dortmund secara gratis demi pindah ke klub rival, Bayern Munich. Keputusannya untuk hengkang pada musim panas 2014 ini sepenuhnya tepat. Lewandowski benar-benar tampil produktif di lini serang Die Roten. 

Selama 8 musim membela Bayern Munich, ketajamannya sangat diandalkan. Lewandowski berhasil mengemas 344 gol dan 72 assist dari 375 penampilan di semua kompetisi. Semuanya makin lengkap dengan keberhasilan Die Roten yang merengkuh banyak gelar, termasuk delapan titel juara Bundesliga Jerman.

2. Neven Subotic

5 Pemain Andalan Borussia Dortmund yang Hengkang secara GratisNeven Subotic (twitter.com/ASSE_english)

Neven Subotic merupakan salah satu sosok penting di balik kejayaan Borussia Dortmund. Ia membela Die Borussen selama nyaris sedekade. Subotic bergabung pada 2008 dan pergi pada awal 2018 lalu. Subotic melanjutkan kariernya ke Saint Etienne dengan status bebas transfer.

Kiprahnya bersama klub Ligue 1 Prancis itu hanya berjalan selama 1,5 musim. Dalam waktu yang cukup singkat, Subotic masih mampu tampil kompetitif. Ia merupakan pemimpin di lini belakang Saint Etienne. Tercatat, pemain keturunan campuran Jerman/Serbia ini tampil dalam 44 pertandingan di semua kompetisi.

Baca Juga: 5 Pemain yang Dilepas Gratis Borussia Dortmund pada Musim Panas 2023

3. Mario Gotze

5 Pemain Andalan Borussia Dortmund yang Hengkang secara GratisMario Gotze (twitter.com/MarioGoetze)

Borussia Dortmund melepas Mario Gotze secara gratis pada musim panas 2020. Kedua belah pihak sepakat untuk tak memperpanjang kontrak. Oleh sebab itu, Gotze berstatus bebas transfer dan sempat menganggur selama beberapa saat. Kariernya lalu terselamatkan setelah PSV Eindhoven merekrutnya.

Gotze menjalani lembaran baru dalam kariernya. Meski terasingkan ke Eredivisie Belanda, performanya justru meningkat lagi. Ia menjadi andalan PSV di lini tengah. Gotze berhasil mencetak 18 gol dan 18 assist dari 77 penampilan. Sayangnya, ia hanya bertahan selama 2 musim sebab memilih hijrah ke Eintracht Frankfurt.

4. Roman Burki

5 Pemain Andalan Borussia Dortmund yang Hengkang secara GratisRoman Burki (instagram.com/rbuerki)

Petualangan Roman Burki di Borussia Dortmund berujung pahit. Ia hengkang karena tak menjadi pilihan utama. Posisinya digusur Gregor Kobel yang secara usia jauh lebih muda. Apalagi performa Burki juga menurun karena masalah cedera. Ia lantas berpisah dengan Die Borussen pada musim panas 2022.

Burki tidak pindah ke klub Eropa lainnya. Ia memutuskan untuk berlabuh ke Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat. Burki menerima tawaran dari St Louis City yang mengontraknya hingga akhir 2025. Setidaknya, performa Burki kembali membaik di sana. Bersama klub barunya, ia dipercaya untuk tampil dalam 16 pertandingan.

5. Axel Witsel

5 Pemain Andalan Borussia Dortmund yang Hengkang secara GratisAxel Witsel (twitter.com/Atleti)

Axel Witsel resmi berpisah dengan Borussia Dortmund pada akhir musim 2021/2022. Ia sepakat untuk tidak memperpanjang kontraknya. Itu berarti Witsel bebas berganti klub dengan status bebas transfer. Ia lalu menjatuhkan pilihannya kepada Atletico Madrid. Witsel direkrut dengan menandatangani kontrak selama 3 musim.

Keputusannya untuk pindah ini berbuah manis. Witsel langsung nyetel dengan permainan Los Rojiblancos. Ia dipercaya menjadi salah satu andalan di lini tengah tim. Perannya cukup vital bagi permainan Atletico Madrid. Secara keseluruhan, Witsel sudah tampil dalam 43 pertandingan pada musim debutnya.

Borussia Dortmund tak selalu meraih keuntungan pada bursa transfer. Mereka bahkan pernah ditinggal pemainnya secara gratis. Kelima pemain di atas menjadi contoh nyata dari sedikit kegagalan yang pernah dialami Die Borussen dalam mendapatkan keuntungan. Kehilangan Robert Lewandowski secara gratis bisa jadi yang paling disesali.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Meninggalkan Borussia Dortmund ke Klub EPL

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya