Terpinggirkan, 5 Pemain Barcelona Ini Merapat ke Klub LaLiga Lain

Luis Suarez salah satunya!

Dengan popularitas yang dimiliki, Barcelona acap kali jadi destinasi favorit bagi kebanyakan pemain. Raihan prestasi yang mumpuni disertai sederet nama bintang yang pernah membela Barcelona juga turut andil di dalamnya.

Namun, berkarier bersama La Blaugrana bukan perkara mudah. Usaha menjadi pilihan utama makin rumit lantaran harus bersaing dengan pemain lainnya. Tak ayal, banyak pemain Barcelona yang terpinggirkan dan dijual, khususnya ke klub LaLiga lain. Siapa saja?

1. Denis Suarez

Terpinggirkan, 5 Pemain Barcelona Ini Merapat ke Klub LaLiga LainDenis Suarez (instagram.com/denissuaresfernandez)

Nasib Denis Suarez di Barcelona menghadapi jalan berliku. Berstatus akademi La Masia, kariernya tak berjalan mulus. Ia tak mendapatkan kesempatan banyak di lini tengah La Blaugrana. Alhasil, Denis memilih untuk hengkang ke Celta Vigo pada 2019 lalu.

Keputusannya pindah dari Barcelona itu merupakan pilihan tepat. Meski timnya bukan favorit juara, Denis dipercaya tampil reguler sebagai pengatur permainan. Sejauh ini, pemain asal Spanyol tersebut sudah tampil 105 kali di semua kompetisi.

2. Munir El Haddadi

Terpinggirkan, 5 Pemain Barcelona Ini Merapat ke Klub LaLiga LainMunir El Haddadi (instagram.com/munirhaddadi)

Munir El Haddadi merupakan salah satu korban dari mewahnya lini depan Barcelona. Ia kesulitan menembus pilihan utama dan sering dipinjamkan ke klub lain, termasuk Valencia. Alih-alih berkembang, performa pemain berusia 26 tahun itu cenderung stagnan.

Munir lantas dilepas permanen ke Sevilla pada awal 2019. Bersama Los Nervionenses, Munir menemukan rumah terbaik di dalam kariernya. Ia telah diturunkan dalam 113 pertandingan. Sayangnya, Munir tak terlalu produktif karena hanya mengemas 25 gol.

Baca Juga: 5 Pemain Gratisan yang Didatangkan Barcelona dari Premier League

3. Juan Miranda

Terpinggirkan, 5 Pemain Barcelona Ini Merapat ke Klub LaLiga LainJuan Miranda (instagram.com/juanmiranda)

Dominasi Jordi Alba di pos bek kiri Barcelona sulit digeser. Beberapa pemain tak mampu mematahkan dominasinya, termasuk Juan Miranda. Jebolan akademi La Masia ini sejatinya dinilai potensial, tetapi bakatnya sulit tereksplorasi dengan baik.

Barcelona sempat meminjamkannya ke Schalke 04 dan Real Betis. Puncaknya, Miranda sepakat pindah secara permanen ke Betis pada musim panas 2020 lalu. Hanya saja, ia tak menjadi bek kiri utama lantaran diplot sebagai pelapis Alex Moreno sejauh ini.

4. Luis Suarez

Terpinggirkan, 5 Pemain Barcelona Ini Merapat ke Klub LaLiga LainLuis Suarez (twitter.com/FabrizioRomano)

Akhir kebersamaan Luis Suarez dengan Barcelona tak berjalan baik. Pasalnya, ia terpinggirkan dari pilihan utama. Kedatangan Ronald Koeman memaksanya segera angkat kaki dari Camp Nou. Beruntung bagi Suarez, ada Atletico Madrid yang bersedia menampungnya.

Ia pindah ke ibu kota Spanyol pada musim panas 2020. Seolah membalas keraguan, Suarez tampil impresif bersama Los Rojiblancos. Ia sukses mempersembahkan titel LaLiga pada musim debutnya dan sudah mencetak 34 gol. Namun, Suarez hanya bertahan selama dua musim.

5. Carles Alena

Terpinggirkan, 5 Pemain Barcelona Ini Merapat ke Klub LaLiga LainCarles Alena (instagram.com/carlesalenya)

Carles Alena harus menelan pil pahit. Kariernya bersama Barcelona tak berjalan sesuai harapan. Meski punya modal bagus sebagai lulusan La Masia, hal itu sepertinya belum cukup. Alena kalah bersaing di lini tengah dan hanya jadi penghangat bangku cadangan.

Pemuda 24 tahun itu akhirnya hengkang secara permanen. Pada musim dingin 2021, Alena resmi didatangkan oleh Getafe. Kepindahannya itu membangkitkan kembali performa Alena. Ia sudah diturunkan dalam 55 laga dengan koleksi 3 gol dan 4 assist.

 

Kebanyakan dari pemain di atas berstatus sebagai produk La Masia. Ini membuktikan bahwa tak semuanya lulusan akademi Barcelona memiliki karier gemilang, seperti halnya Lionel Messi dan para legenda lain.

Baca Juga: Tinggal di Barcelona, Keputusan Tepat bagi Ousmane Dembele

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya