5 Pemain Baru Olympique Marseille pada 2023, Ada Aubameyang!

Marseille mempersiapkan skuadnya dengan matang

Olympique Marseille menjadi salah satu tim Ligue 1 Prancis tersibuk pada musim panas 2023. Klub berjuluk Les Phoceens itu terus memperbaiki skuadnya di tiap posisi. Hal itu sangat penting. Sebab, Marseille bakal tampil di Liga Europa musim depan.

Per 23 Juli 2023, Les Phoceens sudah merekrut lima pemain. Sederet nama baru tersebut merupakan sosok yang berpengalaman dan sudah teruji di kompetisi top Eropa. Itu termasuk Pierre-Emerick Aubameyang yang bergabung dari Chelsea.

1. Amine Harit

5 Pemain Baru Olympique Marseille pada 2023, Ada Aubameyang!Amine Harit (twitter.com/Amine_000)

Olympique Marseille akhirnya resmi memiliki Amine Harit sepenuhnya pada musim panas 2023. Sang pemain dipermanenkan setelah menjalani masa pinjaman yang impresif. Harit ditebus dari Schalke 04 seharga 5 juta euro atau sekitar Rp84 miliar. Ia dikontrak hingga Juni 2027 mendatang.

Pemuda berusia 20 tahun itu sudah menunjukkan performa gemilang di Marseille. Pada musim lalu, Harit cukup produktif dengan koleksi 6 gol dan 7 assist dari 50 penampilan. Ia dinilai sebagai pengganti ideal dari Dimitri Payet yang memutuskan hengkang pada musim panas 2023.

2. Geoffrey Kondogbia

5 Pemain Baru Olympique Marseille pada 2023, Ada Aubameyang!Geoffrey Kondogbia (twitter.com/OM_English)

Geoffrey Kondogbia bakal kembali berkarier di Ligue 1. Kepastian itu diperoleh saat dirinya hijrah ke Olympique Marseille. Kondogbia dibeli dari Atletico Madrid seharga 8 juta euro atau sekitar Rp134 miliar. Les Phoceens menyodorinya kontrak hingga akhir musim 2026/2027 mendatang.

Marseille menjadi klub Ligue 1 ketiga yang dibelanya setelah RC Lens dan AS Monaco. Kondogbia diharapkan dapat beradaptasi dengan cepat. Soal kualitas, ia sudah membuktikannya. Kondogbia bisa jadi solusi di lini tengah Marseille yang membutuhkan jenderal lapangan tengah tangguh.

Baca Juga: 8 Pemain Aktif Olympique Marseille yang Pernah Berkarier di EPL

3. Ruslan Malinovskyi

5 Pemain Baru Olympique Marseille pada 2023, Ada Aubameyang!Ruslan Malinovskyi (twitter.com/malinovskyi18)

Jasa Ruslan Malinovskyi resmi dipermanenkan oleh Olympique Marseille. Setelah menjalani masa peminjaman pada paruh kedua musim 2022/2023, Les Phoceens puas dengan performanya. Malinovskyi pun ditebus dari Atalanta seharga 10 juta euro atau sekitar Rp167 miliar.

Marseille memberikannya kontrak selama 3 musim. Malinovskyi diproyeksikan sebagai salah satu gelandang utama Les Phoceens. Kualitasnya sudah terlihat sewaktu masa peminjaman. Malinovskyi bersinar dengan catatan 2 gol dan 1 assist dari 23 penampilan di semua kompetisi.

4. Renan Lodi

5 Pemain Baru Olympique Marseille pada 2023, Ada Aubameyang!Renan Lodi (twitter.com/OM_English)

Renan Lodi akhirnya meninggalkan Atletico Madrid pada musim panas 2023. Ia setuju untuk pindah ke Olympique Marseille. Dalam proses kepindahannya ini, Lodi ditebus oleh Les Phoceens seharga 13 juta euro atau sekitar Rp218 miliar. Ia dikontrak hingga akhir musim 2027/2028.

Pemain berpaspor Brasil itu bakal diplot sebagai pengganti Sead Kolasinac yang hijrah ke Atalanta. Kehadirannya sangat dibutuhkan oleh Marseille. Meski performanya menurun bersama Atletico Madrid, Lodi tetap punya segudang pengalaman. Hal itu bisa ia bawa ke klub barunya nanti.

5. Pierre-Emerick Aubameyang

5 Pemain Baru Olympique Marseille pada 2023, Ada Aubameyang!Pierre-Emerick Aubameyang (twitter.com/OM_English))

Eksodus pemain besar-besaran di Chelsea masih terus berlanjut. Terbaru, Pierre-Emerick Aubameyang meninggalkan Stamford Bridge. Ia hijrah ke Olympique Marseille dengan status bebas transfer. Kedatangannya sangat dibutuhkan oleh Les Phoceens yang butuh sosok mesin gol ganas.

Aubameyang dapat mengisi kekosongan di lini serang Marseille. Apalagi mereka baru saja ditinggal oleh Alexis Sanchez dan Arkadiusz Milik. Pengalaman dan kualitas Aubameyang tak perlu diragukan lagi. Meski kariernya anjlok di Chelsea, Aubameyang tetap memiliki daya tarik tersendiri.

Olympique Marseille bakal menghadapi jadwal yang sibuk pada musim depan. Kehadiran kelima pemain di atas tentunya bisa menjadi suntikan berharga. Tak menutup kemungkinan ada pemain baru lainnya yang direkrut oleh Marseille pada musim panas 2023.

Baca Juga: 5 Klub Terakhir yang Dibela Pierre-Emerick Aubameyang, ke Mana Lagi?

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya