5 Pemain Aktif Bayern Munich yang Pernah Membela Klub Premier League

Kebanyakan jadi andalan Die Roten

Bayern Munich punya daya tarik yang kuat sebagai salah satu klub raksasa di Eropa. Hal itu terlihat jelas pada musim panas 2023. Die Roten mampu memikat striker andalan Tottenham Hotspur, Harry Kane, untuk menjajal petualangan barunya di luar negeri.

Kane datang dengan membawa segudang pengalaman dari English Premier League (EPL). Tak hanya itu, Kane juga menyusul empat pemain aktif Die Roten yang pernah membela klub EPL. Termasuk dirinya, inilah lima pemain aktif Bayern Munich yang sempat berseragam klub EPL.

1. Eric Maxim Choupo-Moting gagal selamatkan Stoke City dari zona degradasi

5 Pemain Aktif Bayern Munich yang Pernah Membela Klub Premier LeagueEric Maxim Choupo-Moting (twitter.com/stokecity)

Perjalanan karier Eric Maxim Choupo-Moting terbilang unik. Pasalnya, sebelum membela klub-klub besar macam PSG dan Bayern Munich, nasibnya justru berbeda. Choupo-Moting kerap menghabiskan kariernya bersama klub-klub medioker, termasuk saat aktif bermain di English Premier League (EPL).

Choupo-Moting singgah ke EPL pada musim 2017/2018. Saat itu, ia merupakan mesin gol milik Stoke City. Sayangnya, Choupo-Moting gagal menyelamatkan timnya itu dari jurang degradasi. Ia pun hanya bertahan semusim di sana dengan catatan 5 gol dan 5 assist saja dari 36 pertandingan.

2. Serge Gnabry pernah berseragam Arsenal, tetapi gagal bersinar

5 Pemain Aktif Bayern Munich yang Pernah Membela Klub Premier LeagueSerge Gnabry (twitter.com/Arsenal)

Serge Gnabry tumbuh sebagai salah satu penyerang hebat di Bayern Munich. Kesuksesannya itu merupakan buah manis dari perjuangan panjang yang dijalani oleh Gnabry. Sebelum bersama Bayern Munich, Gnabry pernah berada di titik terendah dalam kariernya saat membela Arsenal.

Gnabry berseragam The Gunners selama 5 musim (2011--2016). Meski cukup lama, kariernya tak berkembang di sana. Gnabry kesulitan untuk beradaptasi dengan gaya permainan Arsenal. Ia juga jarang diturunkan. Karena sulit bersaing, Gnabry akhirnya dilepas permanen ke Werder Bremen.

Baca Juga: 4 Pencetak Hat-trick di Bundesliga Jerman 2022/2023, Ada Serge Gnabry

3. Jamal Musiala sempat menimba ilmu di tim akademi Chelsea

5 Pemain Aktif Bayern Munich yang Pernah Membela Klub Premier LeagueJamal Musiala (twitter.com/EURO2024)

Jamal Musiala tak sepenuhnya tumbuh di tim muda Bayern Munich. Ia memang memulai kariernya di Bayern Munich saat masih berusia 16 tahun, tetapi Musiala juga sempat membela klub lain. Pemuda keturunan campuran Jerman dan Inggris ini pernah menimba ilmu di dua klub EPL, yaitu Southampton dan Chelsea.

Pengabdian Musiala lebih lama di Chelsea. Ia menghabiskan waktunya selama 8 tahun untuk berkembang pesat bersama The Blues. Sayangnya, potensi Musiala kurang terasah di Chelsea. Itu terlihat jelas pada musim panas 2019. The Blues melepasnya hijrah ke Bayern Munich tanpa ada drama transfer apa pun.

4. Leroy Sane merasakan panen gelar bersama Manchester City

5 Pemain Aktif Bayern Munich yang Pernah Membela Klub Premier LeagueLeroy Sane (twitter.com/ChampionsLeague)

Sebelum dimiliki oleh Bayern Munich, Leroy Sane merupakan pemain kunci Manchester City. Ia jadi salah satu pilar utama di lini serang The Citizens selama 4 musim (2016--2020). Perannya nyaris tak tergantikan oleh pemain lain. Sane sangat diandalkan oleh sang pelatih, Pep Guardiola.

Kariernya bersama Manchester City juga membuahkan berbagai gelar juara. Sane merengkuh 2 titel EPL dan sejumlah gelar domestik lainnya. Namun, kebersamaan mereka terhenti pada musim panas 2020. Sane memilih hengkang ke Bayern Munich untuk mencoba tantangan baru.

5. Harry Kane akhiri kerja sama dengan Tottenham Hotspur

5 Pemain Aktif Bayern Munich yang Pernah Membela Klub Premier LeagueHarry Kane (twitter.com/HKane)

Bayern Munich telah merampungkan transfer Harry Kane dari Tottenhan Hotspur. Sang pemain ditebus dengan biaya fantastis, yaitu 100 juta euro atau sekitar Rp1,7 triliun beserta bonus. Kehadiran Kane melengkapi lini serang Die Roten yang kurang bertenaga sejak ditinggal oleh Robert Lewandowski.

Kane datang dengan catatan impresif di Inggris. Ia merupakan top skor sepanjang masa Tottenham Hotspur dengan koleksi 280 gol. Performanya juga masih tajam meski sudah memasuki usia kepala tiga. Kane diharapkan dapat meneruskan tren positif tersebut di lini depan Bayern Munich.

Pengalaman berkarier di liga sekaliber EPL tentunya menjadi bekal yang bagus. Hal itu terbukti saat mereka bergabung dengan Bayern Munich. Meski tak semuanya bersinar di EPL, mereka mampu menjadi pemain kunci Die Roten. Bisakah Kane melakukan hal serupa?

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 9 Bayern Munich sebelum Harry Kane

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya