4 Pemain Belgia yang Membela Klub Big Six EPL pada 2023/2024

Menjadi pilar penting klubnya masing-masing

Dalam beberapa tahun terakhir, Belgia dipenuhi oleh para pemain sepak bola berkualitas. Nama-nama macam Eden Hazard hingga Thibaut Courtois memimpin generasi emas Belgia di sejumlah kompetisi bergengsi. Para pemain Belgia ini berkarier di sejumlah liga top, termasuk English Premier League (EPL).

Pada musim 2023/2024, EPL disinggahi oleh sederet pemain asal Belgia. Ada yang sudah berkarier sejak lama dan ada juga yang berstatus pendatang. Dari keseluruhan pemain itu, keempat nama ini mendapatkan sorotan terbesar sebab bermain di klub Big Six. Siapa saja?

1. Romeo Lavia menjadi bagian dari regenerasi di lini tengah Chelsea

4 Pemain Belgia yang Membela Klub Big Six EPL pada 2023/2024Romeo Lavia (instagram.com/chelseafc)

Romeo Lavia merupakan salah satu rekrutan anyar Chelsea pada bursa transfer musim panas 2023. The Blues mendapatkannya setelah bersaing ketat dengan Liverpool yang juga tertarik dengan Lavia. Biaya transfer sebesar 62 juta euro atau sekitar Rp1 triliun dikeluarkan oleh Chelsea untuk menebus Lavia dari Southampton.

Lavia dikontrak jangka panjang hingga 2030 mendatang. Ia dipersiapkan sebagai bagian dari regenerasi di lini tengah Chelsea. Di sisi lain, The Blues bukanlah klub Big Six pertama yang dibela oleh Lavia. Ia sempat bermain di tim muda Manchester City selama 2 musim (2020--2022). Sayangnya, Lavia kesulitan berkembang sehingga hijrah ke Southampton.

2. Leandro Trossard menjadi bagian penting di lini serang Arsenal

4 Pemain Belgia yang Membela Klub Big Six EPL pada 2023/2024Leandro Trossard (instagram.com/leandrotrossard)

Leandro Trossard bergabung dengan Arsenal pada musim dingin 2023. Ia digaet dari Brighton seharga 24 juta euro atau sekitar Rp393 miliar. Trossard menjadi opsi kedua yang dipilih oleh The Gunners usai gagal mendapatkan Mykhaylo Mudryk yang lebih memilih hijrah ke Chelsea. Hasilnya, Trossard mampu bersinar di klub barunya itu.

Pemain berusia 28 tahun itu tak membutuhkan waktu lama untuk unjuk gigi. Ia menjadi salah satu pemain kunci di sisi sayap penyerangan The Gunners. Trossard kerap hadir sebagai pembeda dalam beberapa pertandingan. Total, ia sudah mengoleksi 4 gol dan 11 assist dari 27 penampilan.

3. Sinar terang karier Kevin De Bruyne bersama Manchester City

4 Pemain Belgia yang Membela Klub Big Six EPL pada 2023/2024Kevin De Bruyne (premierleague.com)

Popularitas Kevin De Bruyne sudah dikenal luas, khususnya di EPL. Ia menjelma salah satu gelandang top bersama Manchester City. De Bruyne sudah membela The Citizens sejak musim 2015/2016 lalu. Ia membawa klub sekota Manchester United itu meraih kejayaan dan membangun dominasi yang kuat di Inggris.

Visi bermain hingga umpan-umpan manja khas De Bruyne seolah tak pernah hilang selama bermusim-musim. Ia bak nyawa dalam permainan Manchester City. Secara keseluruhan, pemain yang pernah membela Chelsea dan Wolfsburg ini sudah mengemas 98 gol dan 153 assist di semua ajang.

4. Jeremy Doku hijrah ke Manchester City sebagai suksesor Riyad Mahrez

4 Pemain Belgia yang Membela Klub Big Six EPL pada 2023/2024Jeremy Doku (instagram.com/mancity)

Selain De Bruyne, Manchester City juga memiliki pemain asal Belgia lainnya sejak musim panas 2023. Pemain yang dimaksud itu adalah Jeremy Doku. The Citizens mendapatkan jasanya dari Stade Rennais seharga 60 juta euro atau sekitar Rp1 triliun. Doku dikontrak dengan durasi selama 5 musim.

Kehadiran Doku diproyeksikan untuk mengisi kekosongan posisi Riyad Mahrez. Ia punya segudang potensi yang bisa dikembangkan bersama Manchester City. Kesempatan Doku juga sangat besar sebab dipoles oleh pelatih sekelas Pep Guardiola. Ia bisa menjadi pemain penting The Citizens dalam beberapa musim mendatang.

Generasi emas Belgia tak sepenuhnya memudar. Pasalnya, sederet pemain mudanya mampu mencuat ke permukaan. Mereka membela klub Big Six EPL, seperti halnya Romeo Lavia dan Jeremy Doku.

Baca Juga: Jeremy Doku, Winger Anyar Manchester City Berjuluk The Belgian Flash

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya